Perut Kembung di Awal Masa Kehamilan

Perut kembung pada awal masa kehamilan adalah hal yang sering dialami oleh para wanita. Selama awal kehamilan, seorang wanita mengalami beberapa gejala seperti nyeri pada payudara, mengidam makanan, sembelit, kelelahan, perubahan suasana hati, dsb. Alasan utama di balik gejala-gejala kehamilan adalah perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh.

Wanita cenderung mengalami kembung dalam minggu-minggu awal kehamilan mereka. Ini memberikan rasa tidak nyaman. Lalu mengapa hal ini terjadi? Kembung disebabkan karena banyak alasan selama awal kehamilan. Berikut adalah beberapa penyebab perut kembung selama awal kehamilan.

Penyebab perut kembung

Rahim
Selama periode datang bulan, endometrium tumbuh dan mengental. Pada tahap awal kehamilan, hal yang sama terjadi, namun endometrium lebih menebal dari biasanya. Dalam proses ini, sejumlah besar darah dikirim ke rahim. Hal ini akan memaksa jantung untuk bekerja lebih cepat, sehingga menjaga aliran darah menjadi sangat tinggi. Karena alasan yang sama, rahim membengkak, menyebabkan tekanan di perut bagian bawah. Fenomena ini merupakan salah satu penyebab kembung.

Sembelit
Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab utama untuk perut kembung. Apa yang terjadi adalah bahwa ketika wanita hamil, tubuh melepaskan hormon progesteron berlebih. Kelebihan progesteron dalam tubuh wanita membantu dalam melembutkan otot dan ligamen. Namun, ketika otot-otot menjadi lunak dan lemah, maka ini memperlambat proses pencernaan. Hal ini menyebabkan sembelit pada wanita hamil, yang mengakibatkan rasa kembung yang parah selama awal kehamilan.

Berat badan
Wanita hamil umumnya cenderung menambah berat badan mereka. Mereka juga cenderung makan berlebihan disamping mengidam makanan. Karena mereka disarankan untuk lebih banyak istirahat dan tidur lebih banyak, maka kegiatan fisik menjadi lebih rendah. Oleh karena itu, asupan makanan yang lebih besar dengan nyaris tanpa aktivitas fisik mengarah pada penambahan berat badan. Ini membuat mereka menjadi sangat gemuk dan juga perut kembung.

Gas
Seperti dibahas sebelumnya, kehamilan meningkatkan hormon progesteron dalam tubuh. Manfaat positif pada hal tersebut adalah membantu dalam peregangan panggul bagi bayi untuk melewatinya saat melahirkan. Sementara di sisi lain, proses pencernaan berlangsung dengan kecepatan yang sangat lambat. Kondisi ini kadang-kadang menyebabkan asam lambung, mengakibatkan mulas dan ingin buang angin. Hal ini terutama terjadi jika ibu hamil makan makanan berlemak atau pedas, dan meningkatkan asupan kafein, yang menyebabkan gangguan pencernaan.

>>  Tanda Gejala Perut Kembung

Tips mengatasi perut kembung

  1. Untuk meminimalkan rasa kembung di perut, sangat penting bagi wanita untuk memilih makanan sehari-hari.
  2. Untuk menghilangkan kembung yang disebabkan karena sembelit, asupan makanan yang kaya serat sangat dianjurkan.
  3. Menghindari makanan yang mengandung gas seperti brokoli, kubis, soda, kacang, permen karet, dsb.
  4. Makan perlahan penting karena saat menelan makanan kita dengan cepat, kita cenderung untuk menelan banyak udara.
  5. Seorang wanita hamil perlu memakai baju hamil atau apapun yang cukup longgar, terutama di sekitar pinggang.
  6. Minum teh herbal dapat sangat membantu.
  7. Mengunyah biji kapulaga adalah obat alami untuk mengontrol gas.
  8. Makan biji jinten setelah makan juga mengurangi kembung.
  9. Jahe dan madu juga membantu dalam mengurangi perut kembung.
  10. Meningkatkan asupan air dan cairan lainnya, adalah suatu keharusan. Ini membantu dalam menyembuhkan gangguan pencernaan dan masalah buang angin.
  11. Jika kembung disebabkan sindrom iritasi usus besar, ibu hamil harus menghindari makanan yang kaya minyak dan lemak.

Perut kembung pada awal kehamilan adalah fenomena yang sangat normal. Namun, jika kembung menjadi parah dari hari ke hari dan disertai dengan kram perut dan nyeri, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan diagnosa yang tepat.

 
  Incoming Keywords: perut kembung tanda hamil, perut kembung tanda hamil minggu pertama, perut kembung saat hamil, perut kembung apakah tanda kehamilan, perut kembung tanda hamil muda, perut kembung saat hamil muda, perbedaan perut kembung masuk angin dan hamil, apa awal kehamilan bikin perut kembung, kembung saat hamil, perut kembung apakah tanda hamil

, , , ,

Comments are closed.