Tanda Gejala Perut Kembung

P erut kembung terjadi ketika terdapat akumulasi gas dalam lambung dan usus. Beberapa gejala perut kembung yang sering terjadi adalah distensi perut, sering kembung, sakit perut, dan perubahan pada ukuran perut. Mari kita lihat gejala perut kembung ini secara detail beserta tanda-tanda perut kembung.

Perut kembung mengacu pada perasaan kenyang dan sesak walau tanpa mengkonsumsi makanan. Hal ini juga bisa dirasakan di saluran usus. Hampir 30-40 % orang di dunia mengalami perut kembung. Penyebab utamanya adalah gangguan pencernaan, terutama setelah makan makanan yang tidak sehat.

Gejala perut kembung

Makanan yang  mengandung minyak dan lemak sulit untuk dicerna, di mana pencernaan menjadi tidak teratur dan menyebabkan kelebihan gas dalam perut sehingga menyebabkan berbagai gejala perut kembung. Orang yang memiliki perut besar sering mengalami masalah kembung tanpa menyadari kondisi ini. Berikut ini adalah beberapa gejala terlihat dari perut kembung;

Buang angin yang berlebihan
Produksi abnormal gas merupakan salah satu gejala dari perut kembung. Karena makanan tidak tercerna dengan baik, maka menghasilkan berbagai jenis gas selain dari yang biasanya disekresikan seperti metana, belerang, hidrogen, dan karbondioksida. Minum minuman berkarbonasi akan mendorong terjadinya perut kembung dan memburuk dari waktu ke waktu.

Distensi perut
Produksi gas berlebih terjadi karena hasil pencernaan yang tidak sempurna di dalam perut. Gas yang dikeluarkan menumpuk di lambung dan saluran usus, yang kemudian menyebabkan perluasan dinding. Proses ini secara keseluruhan menyebabkan distensi perut yang membuat tidak nyaman pada perut.

Kentut bau busuk
Tanda lain dari perut kembung adalah sering kentut dengan bau busuk. Berbeda dengan perut yang normal, kentutnya tidak akan bau meski kentut dengan suara yang keras.

>>  Perut Kembung Selama Datang Bulan

Rasa gerah pada perut
Ketidaknyamanan akan dirasa oleh tubuh, terutama setelah mengkonsumsi makanan. Biasanya tubuh merasa tidak nyaman dan disertai dengan perasaan gelisah dan kesulitan bernapas. Seperti orang yang susah buang air besar.

Nyeri perut
Gejala-gejala perut kembung juga mencakup sakit perut, yang dapat berkisar dari ringan sampai berat, tergantung pada tingkat keparahan kondisi. Hal ini juga dapat diamati bahwa terdapat nyeri di bagian perut terutama setelah makan besar.

Jika gejala perut kembung di atas bertahan selama lebih dari 3-4 hari, maka dianjurkan untuk mencari bantuan medis. Selain itu, gejala yang disertai dengan nyeri perut yang parah mungkin merupakan indikasi dari kondisi kesehatan yang serius. Oleh karena itu, selalu lebih baik untuk mendiagnosa kondisi ini dengan benar tanpa membuang lebih banyak waktu, sehingga dapat menghindari komplikasi berlanjut. Ada juga pengobatan sederhana tertentu yang membantu mengatasi perut kembung.

Tips mengatasi perut kembung

Jika perut kembung disebabkan karena pola makan yang buruk atau asupan makanan yang berlebihan, maka pola makan harus diubah. Seseorang harus mengkonsumsi makanan yang kaya serat, termasuk buah-buahan segar dan banyak sayuran. Makanan berminyak, makanan berlemak, dan makanan cepat saji harus benar-benar dihindari. Mengkonsumsi makanan yang sangat panas atau sangat dingin juga dapat menyebabkan perut kembung. Oleh karena itu, menjauhi kebiasaan makan seperti ini akan membantu dalam mengatasi masalah kembung.

 
  Incoming Keywords: tanda perut kembung, Gejala gejala Perut Kembung, tanda-tanda kembung, tandaperut kembung

,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Menstruasi: Perut Kembung Selama Datang Bulan

    […] Sayuran dan buah-buahan Sayuran berserat seperti bayam dan buah-buahan segar seperti pisang, tomat, anggur, semangka, jeruk, dan alpukat sangat baik untuk mengurangi gejala perut kembung. […]