Cara Mengatasi dan Mencegah Perut Kembung

Perut kembung seringkali menjadi indikasi adanya suatu masalah pencernaan. Artikel ini berisi beberapa tips yang sangat sederhana yang berguna untuk mengatasi dan mencegah perut kembung. Perut yang kembung diartikan sebagai pembengkakan abnormal di daerah perut, yang menyebabkan sesak di daerah perut, dan membuat orang terasa kenyang. Kembung tidak selalu menyakitkan, tapi juga menyebabkan perut terasa tidak nyaman.

Ada tiga faktor dominan yang menjadi penyebab perut  kembung yaitu retensi air, sindrom iritasi usus besar, dan perubahan hormonal. Retensi air yang berlebihan biasanya merupakan hasil dari peningkatan asupan garam. Hal ini juga menunjukkan rendahnya tingkat konsumsi air. Ketika anda minum air dalam jumlah yang tidak memadai, tubuh anda merasa perlu untuk menyimpan air dan merasa menjadi lapar. Ini adalah apa yang membuat perut anda merasa kembung.

Seringkali, perut kembung juga disebabkan karena makan yang berlebihan. Kadang-kadang orang yang makan perut kembungmakanan berat pada malam hari, keesokan paginya dapat mengalami perut kembung yang kadang disertai rasa sakit. Ini membuat anda merasa benar-benar lamban dan membuat bergerak jadi agak sulit. Tetapi jika anda merasa kembung terlalu sering, mungkin karena berbagai alasan seperti intoleransi makanan, alergi terhadap makanan tertentu, obstruksi usus parsial, dsb.

Tips mengatasi perut kembung

  • Peningkatan asupan air akan memfasilitasi pergerakan makanan ke usus, meningkatkan gerakan usus, dan memungkinkan tubuh untuk melepaskan kelebihan air dari sel-sel.
  • Mengurangi asupan garam, makanan ringan atau instan akan membantu mengatasi perut kembung.
  • Hindari makanan yang menyebabkan perut kembung. Ini berarti anda perlu untuk berpantang dari makan seperti kacang-kacangan, brokoli, kubis.
  • Prioritaskan makan makanan yang tinggi serat.
  • Makan buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi seperti semangka, jeruk, nanas, mentimun, selada, dan bayam.
  • Olahraga, berjalan, berlari, bermain, melakukan kegiatan fisik adalah cara paling efektif untuk mengatasi perut kembung dan meningkatkan kesehatan pencernaan.
  • Stres dapat menjadi faktor penyebab kembung. Oleh karena itu, cobalah untuk menjalani hidup bebas stres. Manjakan diri anda dalam setiap aktivitas yang memungkinkan anda untuk meredakan stres.
  • Intoleransi laktosa adalah penyebab lain dari kembung. Bicaralah dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut tentang kondisi ini.
  • Mengkonsumsi vitamin B6 dapat membantu sebagai diuretik alami mencegah perut kembung.
  • Hindari menelan banyak udara sambil makan. Dengan cara ini, udara tidak masuk saluran pencernaan.
  • Mengurangi mengkonsumsi minuman berkarbonasi dan mengurangi merokok.
  • Hindari meneguk minuman melalui sedotan. Ini menyebabkan banyak udara masuk bersama dengan minuman.
>>  Makanan Minuman untuk Mengatasi Diare

Lakukan apa saja yang dapat anda hindari untuk mencegah perut kembung. Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Selain itu, anda mungkin juga memerlukan suatu perbaikan gaya hidup untuk memerangi masalah kembung. Dan jika anda menderita perut kembung terus-menerus, jauhkan diri dari makanan yang menyebabkan hal itu. Cobalah beberapa cara pengobatan sederhana seperti yang disebutkan di atas untuk mengatasi perut kembung.

Comments are closed.