Perut Kembung Selama Datang Bulan

Wanita menghadapi banyak masalah kesehatan selama mengalami datang bulan, seperti retensi air, masalah berat badan, dan perut kembung berlebihan. Di sini, akan dibahas lebih lanjut tentang penyebab perut kembung selama datang bulan dan bagaimana cara mengatasinya.

Wanita di seluruh dunia mengalami serangkaian masalah kesehatan selama siklus menstruasi mereka. Meskipun ada banyak wanita yang tidak menghadapi komplikasi selama datang bulan, beberapa orang sering menderitanya. Beberapa gejala diantaranya meliputi kram perut, sakit punggung, nyeri di tubuh, mual, kelemahan, dan kembung terus-menerus.

Penyebab perut kembung selama datang bulan

Pengaruh estrogen
Ketika kadar estrogen berfluktuasi, hal ini sering menyebabkan kelebihan air dalam tubuh untuk disimpan. Inilah perut kembungsebabnya mengapa wanita cenderung untuk bermasalah dengan berat badan. Masalah ini terjadi selama beberapa hari pertama sebelum terjadinya siklus menstruasi serta beberapa hari setelahnya.

Gangguan percernaan
Beberapa wanita cenderung kehilangan nafsu makan mereka selama datang bulan, karena tidak mampu mencerna makanan dengan baik. Penelitian membuktikan bahwa peningkatan atau penurunan kadar estrogen menghambat sekresi empedu di kandung empedu, sehingga menyebabkan masalah dalam sistem pencernaan. Kesulitan dalam pencernaan, menyebabkan keterlambatan dalam rutinitas normal dan sering menyebabkan sembelit.

Tips mengatasi

Menghindari makanan berlemak
Salah satu cara untuk mengatasi perut kembung selama datang bulan adalah membawa perubahan gaya hidup positif. Selama siklus, harus mencoba untuk menghindari makanan kaya lemak, karena ini akan sulit untuk dicerna. Memasak makanan dengan sedikit minyak, untuk menghindari mengkonsumsi lemak yang tidak perlu.

Berpantang makan garam dan gula
Hindari makanan jenuh dengan garam, karena garam memiliki kecenderungan menyerap kelembaban dan air. Kelebihan asupan garam dapat menyebabkan retensi air meningkat pada wanita. Demikian pula, anda harus menjauhi makanan mengandung gula yang manis, karena ini dapat menambah berat badan.

>>  Makanan Minuman untuk Mengatasi Diare

Minum air hangat
Anda harus membiasakan untuk minum air hangat secara teratur sepanjang hari. Ini akan membantu membersihkan dan mengatasi perut yang terasa kembung selama datang bulan. Air hangat juga akan membantu dalam proses pencernaan. Minum air hangat satu jam sebelum dan sesudah makan membantu mengurangi kembung.

Menghindari makanan mengandung gas
Makanan seperti kubis, brokoli, kembang kol, kacang, jagung, kentang, produk susu harus dihindari. Ini adalah makanan yang dapat menyebabkan gas berlebih pada perut dan mengakibatkan perut kembung.

Sayuran dan buah-buahan
Sayuran berserat seperti bayam dan buah-buahan segar seperti pisang, tomat, anggur, semangka, jeruk, dan alpukat sangat baik untuk mengurangi gejala perut kembung.

Olahraga
Olahraga dapat membantu banyak dalam mengurangi rasa kembung dan gas berlebih. Olahraga ringan dapat membantu anda merasa lebih baik. Anda juga dapat mencoba naik turun tangga beberapa kali.

Jika kondisi anda belum menunjukkan tanda-tanda yang lebih baik, maka anda dapat memilih obat yang sesuai. Namun, perawatan alami jauh lebih aman daripada obat-obatan yang dapat menyebabkan efek samping.

 
  Incoming Keywords: perut kembung saat haid, Penyebab perut kembung saat haid, saat haid tidak lancar perut terasa kembung, haid perut bengkak dan mual, cara meredakan kembung saat mens, tanggani kembung masa pms, cara menghilangkan perut kembung saat haid, cara mengatasi perut kembung saat menstruasi, cara mengatasi kembung saat menstruasi, cara membedakan kembung menstruasi dan kembung penyakit

Comments are closed.