Penyebab Tenggorokan Kering yang Perlu Mendapat Obat

T enggorokan kering adalah masalah umum yang dihadapi oleh banyak orang. Artikel ini menguraikan tentang apa yang menjadi penyebab tenggorokan kering dan bagaimana mengobatinya. Tenggorokan kering adalah kondisi medis yang sangat umum, yang sering ditandai oleh rasa gatal dan terkadang terasa sakit di dalam dan di sekitar tenggorokan, yang akan menjadi parah ketika berbicara atau menelan makanan. Tenggorokan kering juga dikenal dengan sakit tenggorokan atau faringitis dan biasanya dialami selama cuaca dingin dan cuaca yang benar-benar. Makanan pedas, makanan asin, dan berminyak harus dihindari saat menderita sakit tenggorokan kering.

Hal ini dapat dengan mudah diobati dengan pengobatan sederhana seperti minum air hangat, berkumur dengan air garam, menghirup teh panas dicampur madu dan jahe, dan obat-obatan lainnya. Jika tenggorokan kering berlangsung selama lebih dari 2 atau 3 hari, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter karena dapat menyebabkan batuk atau demam. Diberikan di bawah ini adalah beberapa penyebab tenggorokan kering;

Penyebab tenggorokan kering

Alergi
Ada sejumlah besar alergen yang menyebabkan tenggorokan kering. Produk pembersih, serbuk gergaji, bulu binatang adalah beberapa alergen yang dapat menyebabkan tenggorokan kering.

Keracunan makanan
Keracunan makanan adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri, clostridium botulinum. Racun dari bakteri ini menyebabkan kelumpuhan pernafasan dan muskuloskeletal. Dalam waktu 12 sampai 36 jam setelah terinfeksi, gejala terlihat seperti tenggorokan kering.

Dehidrasi
Kadar air yang rendah dalam tubuh dapat membuat tenggorokan mengering. Untuk mengatasinya adalah dengan meminum banyak cairan dan menghindari makanan asin.

Cuaca dingin
Cuaca yang dingin mengurangi tingkat kelembaban udara. Udara dingin yang kita hirup dapat merusak membran tenggorokan dan menyebabkan kekeringan dan gatal. Kondisi ini juga dapat anda alami jika terlalu lama di ruang ber-AC.

Alkohol
Alkohol menyerap semua kelembaban di tenggorokan dan meninggalkan kering dan gatal. Oleh karena itu, seseorang harus meminum banyak air untuk menenangkan tenggorokan.

Infeksi
Bakteri streptococcus dapat menyebabkan infeksi di tenggorokan. Infeksi ini menular dan menyebar melalui cairan hidung, air liur, batuk, bersin, dan sentuhan.

>>  Tenggorokan Gatal disertai Darah dalam Dahak

Sindrom Sjögren
Sindrom Sjögren adalah penyakit autoimun sistemik yang menghancurkan kelenjar eksokrin yang memproduksi air mata dan air liur. Dengan adanya ini, produksi air liur berkurang dan tenggorokan menjadi kering.

Kanker tenggorokan
Pertumbuhan kanker di tenggorokan, kotak suara atau tonsil disebut dengan kanker tenggorokan. Tenggorokan kering merupakan gejala yang menyertai kanker jenis ini.

Merokok
Mengkonsumsi atau menggunakan tembakau dapat menyebabkan tenggorokan kering. Zat ini menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Cara termudah untuk mengatasi penyebab ini adalah menghindari merokok.

Gangguan tonsil
Amandel membengkak karena infeksi, tumor, kanker, abses atau tonsilitis kronis, memblokir air liur untuk mencapai tenggorokan. Tenggorokan kering yang disebabkan karena tonsilitis dapat diobati dengan obat atau operasi amandel.

Kondisi medis
Tenggorokan kering juga timbul akibat kondisi medis tertentu seperti herpes tenggorokan, radang tenggorokan, batuk kronis, penyakit gastroesophageal reflux, radang tenggorokan, kanker kelenjar ludah, dsb.

Terlepas dari faktor-faktor penyebab tenggorokan kering yang disebutkan di atas, tenggorokan kering juga disebabkan karena tekanan yang berlebihan pada pita suara, demam atau makanan yang terlalu berminyak atau pedas. Ada banyak cara untuk menghindari tenggorokan kering. Menjaga diri tetap terhidrasi dengan meningkatkan asupan cairan adalah cara yang paling mudah untuk menghindari masalah ini. Namun, jika tenggorokan mengalami kekeringan terus-menerus, akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter karena bisa menjadi gejala dari beberapa komplikasi kesehatan yang serius.

 
  Incoming Keywords: obat tenggorokan kering, tenggorokan kering, tenggorokan terasa kering, apa obat tenggorokan kering, tenggorokan kering Gejala apa, cara mengatasi tenggrokan kering, tenggorokkan rasa kering, tenggorokan kering dan panas, obat tenggerokkan kering, tenggorokan sering terasa kering

, , , ,

Comments are closed.