Tenggorokan Kering di Pagi Hari

Mengalami tenggorokan kering di pagi hari adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum, terutama sewaktu cuaca terasa dingin. Bagi kebanyakan dari kita, hal itu telah menjadi rutinitas normal, karena itu kita cenderung mengabaikannya.

Ketika kita pergi ke tempat tidur setelah hari yang melelahkan, dan kita bangun di pagi hari, dan ketika kita mengambil nafas dalam-dalam untuk menghirup angin pagi yang segar, kita tidak merasakan udara segar, tapi perasaan kering dan tidak nyaman di dalam tenggorokan. Ini adalah perasaan yang tidak nyaman di tenggorokan dan mulut, di mana anda merasa bahwa ada sesuatu yang salah pada tenggorokan. Apakah ini normal atau merupakan gejala penyakit tertentu yang akan timbul?

Tenggorokan kering di pagi hari

Para ahli percaya bahwa penyebab tenggorokan kering di pagi hari dapat dialami jika sewaktu tidur pada malam hari dengan mulut terbuka. Tidur cara ini memungkinkan udara untuk masuk ke mulut anda, sehingga tenggorokan di pagi hari menjadi kering dan dehidrasi. Akan tetapi, selain itu juga terdapat hal lain.

Cuaca
Kebanyakan dari kita mengalami tenggorokan kering setiap pagi selama cuaca dingin. Dengan demikian, salah satu penyebabnya adalah udara dingin yang kering. Cuaca dingin dan kering, membuat kelembaban udara berkurang dan menyebabkan kering di tenggorokan. Disamping itu, kita cenderung untuk mendapatkan infeksi virus atau flu. Tenggorokan kering di pagi hari juga bisa menjadi indikasi akan timbulnya pilek. Infeksi sinusitis juga dapat menyebabkan iritasi dan membuat tenggorokan akan kering ketika anda bangun di pagi hari.

Kebiasaan tidur
Pernahkah anda menganalisa kebiasaan tidur anda? Ketika kita tidur, kelenjar ludah melambat ketika otak kita tahu bahwa kita tidak makan. Fakta ini, bila dikombinasikan dengan aliran udara saat kita tidur dengan mulut terbuka menyebabkan lidah dan tenggorokan menjadi kering. Jika anda tidur telentang, maka ada kemungkinan tinggi anda bernafas dari mulut dan bukan dari hidung anda. Bernafas dari mulut sampai air liur mengering di mulut anda. Air liur adalah antibakteri, yang membantu dalam menyeimbangkan bakteri di dalam mulut. Oleh karena itu, kurangnya air liur dalam mulut dapat menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi, dan tentu saja, sakit mulut dan tenggorokan kering.

Gaya hidup
Tenggorokan kering di pagi hari juga bisa menjadi hasil dari gaya hidup anda. Jika anda terlibat dalam kebiasaan seperti merokok, hal ini menyebabkan kering di tenggorokan, yang dapat mempengaruhi produksi air liur.

Obat-obatan
Tenggorokan kering juga bisa menjadi hasil dari efek samping obat tertentu yang digunakan untuk mengobati depresi, alergi, hipertensi, asma, jerawat, gangguan psikotik, obesitas, inkontinensia, nyeri, pilek, penyakit parkinson, dan sebagainya. Oleh karena itu, yang terbaik adalah untuk memeriksakan diri dengan dokter jika anda pikir bahwa obat bisa menjadi penyebab di balik ini semua.

>>  Penyebab Tenggorokan Kering yang Perlu Mendapat Obat

Sleep apnea
Anda mungkin ingin mempertimbangkan fakta jika sleep apnea bisa menjadi kemungkinan penyebab di balik itu. Sleep apnea adalah ketika anda berhenti bernapas selama tidur karena penyumbatan jalan pernafasan. Sleep apnea yang tidak diobati dapat menyebabkan berbagai komplikasi pada kesehatan. Orang yang menderita kondisi ini akan mudah mengantuk dan lelah sepanjang hari, serta cenderung menderita kehilangan memori dalam jangka panjang atau mudah pikun.

Dehidrasi
Dehidrasi akibat demam, berkeringat berlebihan, muntah, diare, kehilangan darah atau kurang asupan cairan dalam tubuh, juga dapat menyebabkan tenggorokan kering dan sakit di pagi hari. Oleh karena itu, adalah penting untuk memastikan bahwa anda mengkonsumsi cairan yang cukup sehingga tingkat air dalam tubuh cukup untuk membuat anda terhindar dari tenggorokan kering dan sakit.

Ada beberapa kondisi kesehatan serius yang dapat dikaitkan dengan tenggorokan kering di pagi hari. Masalah kesehatan seperti sindrom sjogren, kanker kelenjar ludah, refluks asam, dan kerusakan saraf di kepala atau leher juga dapat menyebabkan tenggorokan kering di pagi hari.

Tips

Kebanyakan dari kita menganggap kondisi ini sudah umum dan tidak ingin mengunjungi dokter. Namun, jika anda merasa bahwa kondisi di luar normal, anda wajib mengunjungi dokter. Disebutkan di bawah ini adalah beberapa obat alami yang dapat anda coba untuk meringankan kondisi ini;

  1. Anda perlu untuk membasahi tenggorokan sehingga tidak kering. Minum banyak air dan cairan hangat untuk menjaga kelembaba pada tenggorokan. Madu bersama degnan teh menjadi menjadi pilihan yang baik dan efektif.
  2. Satu hal yang perlu diingat adalah berkumur dengan air garam.
  3. Makan permen bebas gula atau permen karet bisa menjadi obat yang sangat efektif.
  4. Bagi orang-orang yang tidur dengan mendengkur dan tidur dengan mulut terbuka, disarankan untuk menggunakan strip hidung saat tidur karena membuka lubang hidung, dan memungkinkan bernafas nyaman dengan hidung, bukan lewat mulut.
  5. Gunakan humidifier untuk melembabkan udara.
  6. Menggunakan pasta gigi fluoride untuk menghilangkan kering pada tenggorokan.

Kita cenderung mengabaikan sinyal yang diberikan oleh tubuh kita. Sakit flu, pilek dan batuk, dsb dapat diawali dengan gejala tenggorokan kering di pagi hari. Pastikan merawat diri anda sepanjang waktu agar tetap sehat!

 
  Incoming Keywords: tenggorokan kering, bangun tidur tenggorokan sakit, bangun tidur tiba2 tnggorokan nya skit tuh pnykit aph sih

,

Comments are closed.