Tanda Gejala Kurang Tidur + Cara Tidur yang Baik

Kadang kala kita cenderung untuk mengabaikan tanda-tanda kurang tidur yang sederhana dimana sering ditunjukkan oleh tubuh kita. Sakit kepala, menguap, dan mata berair adalah gejala kurang tidur yang terlihat. Kurang tidur memiliki konsekuensi serius pada kesehatan tubuh.

Apa yang bisa menjadi alasan kurangnya tidur? Apakah anda merasakan tekanan di tempat kerja, apakah mengalami suatu peristiwa yang menyebabkan stres di rumah, apakah anda mempunyai penyakit yang terkait dengan beberapa penyakit gastrointestinal atau neurologis? Cermatilah dan diagnosa kondisi anda, karena ini akan dapat mengganggu tidur anda. Tidak tidur adalah hal yang normal, tapi ini akan menyebabkan resiko serius bagi kesehatan, jika kita gagal untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap hari.

Hal utama yang wajib dipahami adalah mendapatkan waktu tidur minimal 7 sampai 8 jam per hari. Namun, banyakkurang tidur orang dewasa hanya mendapatkan 5 sampai 6 jam atau bahkan kurang setiap hari. Ini dapat disebabkan karena gangguan tidur atau gaya hidup yang sibuk. Karena kondisi ini, tubuh kita menjadi melemah.

Tubuh kita butuh istirahat dan waktu untuk memperbaiki jaringan pada tubuh. Kebanyakan orang mengabaikan gejala kurang tidur. Dalam otak kita, korteks serebral tetap sibuk, mengawasi berbagai tugas yang membuat kita siap untuk hari berikutnya.

>>  Alasan Penyebab Insomnia Kronis

Gejala kurang tidur

  1. Gejala paling umum yang dialami oleh setiap orang yang kurang tidur adalah kelopak mata berat dan pandangan kabur. Mata tampak berair dan seolah-olah ada sesuatu yang menusuk mata hingga terasa pegal di mata.
  2. Seseorang akan menguap berlebihan sepanjang hari merasa sangat lelah. Dia mungkin juga akan berkurang dalam berkonsentrasi dan akan memiliki perubahan suasana hati yang mudah tersinggung.
  3. Kulit akan terpengaruh, garis kerut mulai muncul dengan lingkaran hitam di bawah mata.
  4. Salah satu tanda kurang tidur adalah penambahan berat badan. Kurang tidur sangat terkait dengan obesitas.
  5. Beberapa gejala kurang tidur lainnya adalah pusing, sakit kepala, gangguan dalam pikiran, atau kesulitan ketika berbicara atau memahami, stres, bingung dan kecemasan yang parah.
  6. Kurang tidur juga mempengaruhi memori seseorang, berpikir secara logis, penalaran dan kemampuan pemecahan masalah. Hal ini juga membuat seseorang tidak dapat melakukan tugas dan aktivitas dengan baik. Ini merupakan salah satu gejala yang sering terlihat di antara mahasiswa dan remaja.
  7. Gejala lain adalah linu pada badan dan sembelit. Kurang tidur mempengaruhi tubuh dan menyebabkan kelelahan ekstrim. Akibatnya, beberapa orang mengalami halusinasi dan mimpi buruk.
  8. Orang yang kurang tidur meningkatkan resiko untuk cepat meninggal akibat penyakit kardiovaskular. Mereka mengalami beberapa masalah kesehatan yang serius seperti serangan jantung, diabetes, denyut jantung tidak teratur dan tekanan darah tinggi.

Dampak buruk kurang tidur

  1. Depresi adalah gangguan yang kerap dialami pada orang yang tidak tidur dengan baik.
  2. Kurang tidur akan mengurangi kewaspadaan mental. Seiring waktu dapat menyebabkan insomnia.
  3. Mengantuk juga dianggap sebagai faktor utama dalam bencana kecelakaan dalam mengemudi terbesar yang ditemui di seluruh dunia.
  4. Kurang tidur sangat erat kaitannya dengan peningkatan resiko penyakit alzheimer dan diabetes.
  5. Kurang tidur cenderung untuk merangsang nafsu makan seseorang dan membuatnya menginginkan makanan yang tinggi lemak dan karbohidrat.

Cara tidur yang baik

  1. Rata-rata setiap orang harus mendapatkan setidaknya 8 jam tidur setiap malam. Mengikuti rutinitas tidur yang ketat bisa memastikan bahwa anda mendapatkan tidur yang tepat di malam hari.
  2. Sebagai permulaan, kita harus memastikan bahwa ruangan memiliki ventilasi yang baik, tempat tidur dan bantal yang nyaman.
  3. Ruangan harus gelap, tenang dan jauh dari kebisingan atau gangguan.
  4. Mencoba untuk bersantai dan menghindari memikirkan hal-hal tentang pekerjaan atau keluarga.
  5. Membolak-balikkan atau memaksa diri untuk tidur tidak akan membantu, melainkan berusaha untuk rileks, diam, atau mendengarkan musik untuk mempermudah tidur.
  6. Orang yang kurang tidur di malam hari harus mengikuti aktivitas rutin yang teratur di pagi hari seperti olahraga sederhana atau bersepeda.
  7. Terlalu banyak merokok, minum alkohol atau kopi sebelum tidur adalah beberapa alasan utama penyebab kurang tidur, tidak merasa segar tapi justru mendapat stres di pagi hari.
  8. Pijat bagian bawah kaki untuk meringankan insomnia.

Sekarang anda mengetahui gejala kurang tidur. Jangan abaikan gejala ini terutama jika anda menginginkan kehidupan yang sehat sampai usia tua.

 
  Incoming Keywords: cara mangilangkan pusing akibat kurang tidur, pala kalau di bawa tidur puyeng tanda sakit apa, penyakit yang muncul karna kurang tidur, pusing berat apakah kurang tidur, tanda kurang tidur

, , , ,

Comments are closed.