Penyebab Pupil Melebar dan Membesar

P upil yang melebar memungkinkan lebih banyak cahaya melewati mata yang dikenal dengan pelebaran pupil. Artikel ini akan menginformasikan beberapa hal yang paling sering menjadi penyebab pupil melebar.

Mata adalah organ untuk penglihatan. Ini adalah bagian dari sistem sensorik pada penglihatan yang memungkinkan kita untuk melihat sesuatu hal. Pupil memainkan peran penting dalam memfasilitasi visi, karena melalui pupil cahaya akan memasuki retina. Pupil adalah lubang yang terletak di pusat dari iris mata. Ada sejumlah alasan dibalik penyebab pupil membesar, yang menyebabkan kondisi medis yang disebut dengan istilah mydriasis. Dilatasi pupil memang umum di usia tua, tetapi ini juga dapat terjadi pada orang dari semua kelompok usia lainnya karena alasan yang berbeda.

Agar mata dapat digunakan untuk melihat, cahaya harus memasuki mata dan mencapai sel-sel yang peka terhadap cahaya ini. Sel-sel yang ada menuju bagian belakang mata, dan itu adalah pupil yang bertindak sebagai pembuka di mana cahaya memasuki mata dan mencapai sel-sel. Ketika pupil melebar, sejumlah besar cahaya melewati bagian belakang mata. Hal ini terjadi dengan bantuan dari iris, yang merupakan otot melingkar di sekitar pupil. Perluasan dan kontraksi dari iris menyebabkan pupil melebar atau menyempit.

Penyebab pupil melebar

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondisi ini. Penyebab-penyebab tersebut telah diketahui oleh spesialis mata dan ahli medis di seluruh dunia. Pelebaran pupil biasanya kondisi yang tidak berbahaya, kecuali jika terjadi untuk waktu yang lama. Dalam hal ini, paparan sinar berlebihan dapat menyebabkan mata bisa rusak. Beberapa alasan yang menyebabkan pupil melebar adalah sebagai berikut:

Penyalahgunaan zat
Penggunaan zat-zat atau obat-obatan tertentu oleh seseorang dianggap sebagai salah satu penyebab yang paling luas untuk kondisi ini. Obat ini mungkin memiliki efek samping lain juga. Hampir setiap merek obat diketahui menjadi penyebab kondisi ini. Penyalahgunaan alkohol juga menjadi penyebab pupil yang melebar.

Cahaya
Cahaya mempengaruhi fungsi mata dengan cara tertentu. Ketika seseorang masuk ke daerah gelap, pupil meluas dan memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke dalam mata, sehingga gambar yang lebih jelas dapat terbentuk di dalam otak. Di sisi lain, ketika seseorang memasuki area terang, pupil menyesuaikan jumlah cahaya yang diperlukan untuk masuk ke mata. Frekuensi antara terang dan gelap harus seimbang, karena ketidakseimbangan bisa sangat berbahaya bagi mata.

>>  Penyakit Buta Warna

Racun
Penyebab lain dari pupil melebar adalah paparan beberapa jenis racun biologi atau kimia. Ini memiliki efek buruk pada tubuh, dan gejala yang paling umum dari yang dihasilkan adalah pupil melebar. Disamping itu, ini juga salah satu hal yang paling berbahaya, karena racun dapat memiliki efek lainnya pada tubuh. Jika anda merasa mengalami dilatasi pupil karena paparan racun dari beberapa jenis, bantuan medis harus segera dicari untuk mencegah racun menyebar dan mempengaruhi bagian lain dari tubuh.

Gairah
Studi ilmiah menunjukkan bahwa suatu tindakan kegembiraan atau gairah dalam tubuh manusia ini terkait dengan sistem saraf pusat dalam beberapa cara. Ketika seseorang terangsang atau melihat seseorang yang mereka anggap menarik, sistem saraf memainkan bagian yang menyebabkan banyak efek terhadap tubuh. Pelebaran pupil adalah salah satu efek pada tubuh, karena sistem saraf juga mengendalikan iris.

Cedera otak
Cedera pada otak dalam suatu kecelakaan atau trauma bisa menjadi penyebab spesifik untuk dilatasi pupil. Diantara pupil saling berhubungan, menuju ke otak dengan bantuan saraf. Sebuah cedera pada otak yang mempengaruhi saraf-saraf tersebut akan menghasilkan disfungsi pupil.

Kondisi pupil melebar bukanlah sesuatu yang sangat serius, tetapi jika berlangsung tanpa disadari untuk jangka lama maka hal itu bisa membuat rusak mata. Dalam keadaan yang seperti itu, mata harus selalu dilindungi dari sinar matahari yang berlebihan.

 
  Incoming Keywords: pupil mata, pupil mata membesar, mengapa pupil mata bisa membesar dan mengecil, pupil membesar, midriasis pupil, gambar pupil mata, iris tidak bisa kontraksi, dilatasi pupil adalah, gambar ukuran pupil dalam kondisi aa saja, pelebaran pupil

, , ,

Comments are closed.