Fakta Planet Venus Gambar

Tetangga terdekat planet bumi dan dikenal sebagai bintang pagi atau bintang sore adalah Venus. Ini adalah planet kedua dari sistem tata surya planet venuskita. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang planet venus termasuk karakter fisik.

Venus muncul di langit sebelum matahari terbit atau setelah matahari terbenam. Hal ini lebih terang dari bintang dan dapat dilihat di siang bolong. Planet ini berjarak lebih dengan matahari daripada dengan bumi.

Banyaknya misi ruang angkasa yang dikirim oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet telah memberikan rincian lebih lanjut mengenai planet ini. Banyak fitur yang menarik dan fakta tentang planet venus yang telah diungkapkan oleh penelitian dari misi yang berbeda. Mari kita lihat beberapa fakta menarik tentang planet venus dalam paragraf berikut.

Fakta tentang planet venus

Planet venus biasa disebut sebagai planet misteri karena tidak ada teleskop yang mampu menembus lapisan atmosfer yang tebal. Venus ditutupi dengan awan tebal yang mengandung sulfur dioksida dan asam sulfat. Planet ini dapat diamati hanya dengan melalui pemetaan radar.

Sama seperti bumi, karakter fisik venus memiliki batu silikon pada permukaannya. Karena itulah disebut planet terrestrial dan dianggap sebagai saudara dari planet bumi. Meskipun mirip dengan bumi dalam ukuran dan komposisi, venus memiliki atmosfer padat yang terutama terdiri karbondioksida. Untuk alasan ini, kemungkinan adanya kehidupan organik di planet ini tidak ada.

Atmosfernya memiliki awan asam sulfat yang merefleksikan sinar matahari. Permukaan venus lebih panas dari merkurius, meskipun jaraknya lebih jauh dari matahari daripada merkurius. Tekanan atmosfer di venus 90 kali lebih besar daripada bumi.

Venus memiliki diameter 95% dari bumi, hanya 650 km lebih kecil dari bumi. Luas permukaan adalah sekitar 90% dari bumi. Venus memiliki kemiringan sumbu 2,64 derajat. Periode orbit venus adalah 224,7 hari. Permukaan venus memiliki pegunungan tinggi dan gunung berapi.

>>  Proses Terbentuknya Tata Surya

Tidak ada satelit pada venus. Lemahnya medan magnet, kekurangan air, dan suhu permukaan yang tinggi adalah beberapa hal yang membedakannya dengan bumi.

Venus nampak sangat tebal yang menyebabkannya berputar perlahan. Dibutuhkan waktu lebih lama untuk berputar pada porosnya, dari yang dibutuhkan untuk menyelesaikan orbitnya mengelilingi matahari. Ketika berrotasi, venus adalah satu-satunya planet yang berputar searah jarum jam. Semua planet lain berputar berlawanan dengan arah jarum jam. Diperkirakan planet ini mungkin telah bertabrakan dengan benda antariksa lain yang menyebabkannya mengubah jalur rotasi. Rotasi venus juga disebut rotasi retrograde. Salah satu fakta aneh tentang planet ini adalah tidak memiliki satelit alami.

,

Comments are closed.