Proses Terbentuknya Batubara

Batubara merupakan bahan bakar fosil yang berwarna hitam atau kecoklatan, yang terbentuk jutaan tahun yang lalu jauh di dalam lapisan proses terbentuknya batubarabumi. Ini adalah bahan bakar fosil yang mudah terbakar, yang terbentuk dari materi tanaman mati. Tanaman yang terkubur di rawa-rawa jutaan tahun yang lalu berubah menjadi batubara dalam kondisi anaerobik. Disamping itu juga dapat memuat unsur lain seperti belerang, hidrogen, oksigen, dan nitrogen dalam jumlah yang bervariasi. Batubara adalah sumber yang memenuhi sebagian besar kebutuhan listrik di dunia. Akan tetapi, batubara membutuhkan jutaan tahun untuk dapat terbentuk. Bagaimanakah batubara terbentuk? Mari kita memahami fenomena di alinea berikutnya.

Pembentukan batubara

Batubara terbentuk 300 juta tahun yang lalu ketika sebagian besar permukaan bumi tertutup oleh rawa. Tanaman terestrial, terutama pohon-pohon tinggi di hutan rawa seperti lycopods, pakis raksasa, dan lumut jatuh ke dalam rawa atau genangan air. Karena perubahan iklim dan berbagai peristiwa bencana alam, sejumlah besar hutan tenggelam dalam rawa-rawa tersebut. Lapisan ini kemudian tertutup dengan lumpur dan pasir dalam jumlah besar. Pada lapisan bawah membentuk lapisan yang basah dan disebut gambut. Sebagai vegetasi yang mati dan terkubur dalam kondisi basah dan asam, ini juga terputus dari udara langsung. Oleh karena itu, proses dekomposisi menjadi lambat dan apa yang dihasilkan adalah gambut, tahap pertama pembentukan batu bara. Dengan peningkatan tekanan dan selanjutnya pemadatan antara lapisan sedimen, gambut berubah menjadi bituminous, batubara subbituminous, dan akhirnya ke batubara. Dalam setiap langkah, materi baru yang terbentuk lebih kaya karbon dibandingkan bahan pada tahap sebelumnya. Ini adalah proses tentang bagaimana batubara terbentuk.

Proses pembentukan batubara adalah proses yang sangat lambat. Bentuk terbaik dari batubara dari 90 sampai 95% karbon berasal dari zaman karbon, yaitu kembali pada 360-250 juta tahun yang lalu. Namun, batubara juga dibentuk di usia selanjutnya seperti periode permian dan periode sekunder yang membentang lebih dari 290-65 juta tahun yang lalu. Batubara dari daerah-daerah tertentu yang terbentuk selama periode tersier juga mempunyai kualitas yang sangat baik.

>>  Arti Batu Kyanite & Khasiatnya

Letak batubara

Batubara biasanya dapat ditemukan di lapisan bawah tanah bumi dalam jarak sekitar 30 meter. Batubara digali menggunakan proses penambangan bawah tanah. Batu bara yang ditambang ini memerlukan proses untuk menghilangkan kotoran, batu, abu, sulfur dan kontaminan lainnya. Menghapus kotoran ini meningkatkan nilai kalor batubara.

Negara-negara produsen batubara terkemuka di dunia termasuk Australia, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Rusia, India, dan Cina.

Inilah proses tentang bagaimana batubara terbentuk dari tumbuhan yang telah mati, yang terkubur di dalam bumi jutaan tahun yang lalu. Meskipun batubara memenuhi sebagian besar kebutuhan energi kita, pembakaran batu bara melepaskan lebih banyak polutan daripada bentuk lain dari bahan bakar fosil. Belum ditambah dengan fakta bahwa kita akan segera kehabisan cadangan batu bara, yang membuat kita mempertimbangkan bentuk lain dari bahan bakar yang bisa menggantikan batubara.

 
  Incoming Keywords: proses pembuatan batu bara, proses terbentuknya batubara, proses terhadinya batu bara, proses terjadinya ba

, , , ,

Comments are closed.