Kandungan Gizi Kopi Kimiawi

kandungan kopiSecangkir kopi di pagi hari, terutama saat membaca koran adalah suatu keharusan, tanpanya kita tidak bisa memulai kegiatan sehari-hari kita. Menghirup dan meminum kopi dapat merangsang tubuh dan pikiran. Kopi meningkatkan kewaspadaan mental serta bertindak sebagai anti depresan yang efektif. Studi juga menunjukkan bahwa wanita yang minum secangkir kopi setiap hari memiliki kesempatan 25% lebih sedikit untuk menderita stroke.

Senyawa yang terkandung dalam biji kopi meliputi kafein, tannin, thiamin, xanthine, spermidine, guaiakol, asam sitrat, asam klorogenat, asetaldehida, spermine, putresin, scopoletin.

Secangkir kopi dikenal karena kemampuannya untuk merangsang sistem saraf, yang meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Hal ini juga akan meningkatkan kemampuan kita untuk tetap terjaga bila diperlukan.

Fakta tentang kandungan gizi dari 284,13 mL kopi meliputi sekitar 0,01 g lemak, kolesterol 0 mg, 1 mg natrium, 14mg kalium, 0,01 g karbohidrat, dan 0,04 g protein. Kopi dengan gula dan susu dalam 284,13 mL mengandung 1 g lemak, kolesterol 5 mg, 70 mg natrium dan hampir 16 g karbohidrat. Kopi juga terdiri dari berbagai mineral seperti niacin, thiamin, magnesium, fosfor, folat, dan mangan.

Kopi juga diketahui mempunyai manfaat untuk kesehatan. Kafein dalam kopi merupakan stimulan ringan dan memberikan efek pada sistem saraf pusat. Hal ini mampu mengubah suasana hati serta meningkatkan kewaspadaan. Kafein juga efektif untuk mengurangi nyeri otot, meningkatkan kinerja atletik dan daya tahan. Konsumsi kopi dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme dan membakar kelebihan kalori.

Secangkir kopi memang sangat menyegarkan tapi jangan minum dalam jumlah berlebih. Kopi sangat tinggi kafein dan minum beberapa cangkir kopi dalam sehari adalah berbahaya bagi kesehatan. Kombinasi kafein dan tanin, juga dapat memberikan resiko beberapa penyakit. Sebagai contoh, efek stimulan kopi dapat menyebabkan kurang tidur dan mengganggu pola tidur normal. Mendapatkan tidur setelah minum kopi akan sulit dan orang-orang setelah minum kopi cenderung tetap terjaga untuk jangka waktu yang lama. Kopi dalam dosis besar dapat meningkatkan tingkat kolesterol dan meningkatkan kemungkinan terbentuknya batu ginjal.

>>  Pengaruh Minum Kopi Saat Hamil Tua dan Muda

Secara keseluruhan, mengkonsumsi dalam jumlah tepat adalah kunci untuk menghindari dari pengaruh buruk. Bahkan, dokter percaya bahwa seseorang dapat memasukkan kopi sebagai bagian yang integral dalam diet, ketika dikonsumsi dalam jumlah tepat.

Comments are closed.