Penyebab Gejala Laringitis

Penyebab laringitis dapat ditentukan tergantung oleh kondisinya, apakah itu merupakan laringitis akut atau laringitis kronis. Laringitis adalah kondisi medis yang melibatkan pita suara. Kondisi ini pada dasarnya merupakan peradangan dari kotak suara yang menyebabkan infeksi atau iritasi. Kondisi medis dapat bersifat akut atau mungkin menjadi kronis, yang berarti memiliki efek jangka panjang.

Gejala laringitis

Pita suara – salah satu dari dua pasang lipatan selaput lendir yang terletak di dalam laring. Gejala-gejala laringitis terkait dengan kualitas suara orang yang terkena. Jadi, ketika laring mengalami peradangan, suara akan sangat menyimpang dan menjadi berbeda dari normal. Gejala-gejala yang muncul termasuk suara serak, perasaan geli di tenggorokan, sakit tenggorokan dan tenggorokan kering.

Dalam beberapa kasus, suara menjadi begitu lemah sehingga hampir tidak dapat dideteksi, selain itu juga dapat mengalami batuk kering dan pada anak-anak mungkin akan mengalami kesulitan bernafas. Dorongan untuk terus membersihkan tenggorokan adalah gejala umum lain dari laringitis.

Penyebab laringitis

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tergantung pada jenis kondisi, faktor-faktor penyebab laringitis dapat bervariasi. Dimulai dengan penyebab akut, flu yang disebabkan oleh infeksi virus, berteriak dengan keras, campak, gondok, dan difteri terkait erat sebagai faktor yang menjadi penyebab laringitis.

Penyakit seperti sinusitis kronis dan penyakit gastroesophageal reflux adalah beberapa penyebab laringitis kronis. Penyalahgunaan alkohol, merokok, menghirup asap kimia, alergen dan iritan lain juga merupakan beberapa faktor umum dalam timbulnya kondisi ini. Selain ini, infeksi bakteri atau jamur, kanker, infeksi parasit dan kelumpuhan pita suara juga dapat dianggap sebagai pengganggu, meski jarang terjadi.

Tips mengobati

Sebagian besar kasus laringitis yang disebabkan oleh adanya campur tangan virus, hal ini biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Di samping itu, obat yang diresepkan oleh dokter dapat termasuk antibiotik (untuk infeksi bakteri), kortikosteroid (untuk mengurangi peradangan) dan obat acid reflux.

>>  Kehilangan Suara Karena Masalah Tenggorokan

Selain minum obat, anda dapat mengikuti beberapa langkah-langkah perawatan sederhana di rumah untuk membuat diri anda menjadi lebih nyaman. Menghirup uap dari semangkuk air panas adalah obat ajaib yang direkomendasikan untuk mengobati laringitis dan terbukti efektif. Ketika anda memulihkan diri dari penyakit, gunakan suara anda hanya bila diperlukan dan jangan tegang atau tiap saat berusaha untuk menggunakannya. Tetaplah terhidrasi dengan baik dengan minum delapan gelas air setiap hari. Setiap pagi atau kapan saja anda merasakan iritasi pada tenggorokan, berkumurlah dengan air garam hangat atau mengunyah jahe. Adalah penting bahwa anda juga harus menghindari merokok dan minum alkohol, karena dapat memperburuk gejala lebih lanjut.

Hindari membersihkan tenggorokan anda setiap saat karena dapat meningkatkan pembengkakan. Sebaliknya, berkumurlah dengan air garam hangat seperti yang disebutkan di atas. Jangan mengabaikan kebutuhan untuk minum banyak air. Membuat tubuh terhidrasi dengan baik tidak hanya membantu mengobati radang tenggorokan namun mencegahnya. Terakhir, menggunakan humidifier di rumah juga membantu dalam mengurangi resiko.

Comments are closed.