Radang Tenggorokan Disebabkan Oleh Infeksi Bakteri

Radang tenggorokan adalah infeksi bakteri di bagian belakang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri streptokokus. Jika didiagnosis dan segera diobati dengan antibiotik maka bukanlah masalah lagi. Namun jika tidak diobati, maka bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

Radang tenggorokan terjadi karena infeksi bakteri menular streptokokus yang mempengaruhi faring. Siapapun bisa terkena radang tenggorokan, dan hampir selalu terlihat pada anak-anak dan remaja antara usia 5 sampai 15 tahun.

Radang tenggorokan

Radang tenggorokan sangat menular. Bakteri streptokokus ditemukan dalam hidung atau tenggorokan orang yang terinfeksi, dan menular melalui udara setiap kali seseorang batuk atau bersin. Hal ini menyebar lebih mudah dalam ruangan yang ramai seperti di kelas atau tempat umum. Jika tidak diobati, orang yang menderita radang tenggorokan dapat menyebarkan bakteri sampai 3 minggu. Setelah diobati dengan antibiotik, penyebaran bakteri berhenti dalam waktu 24 jam. Dalam kasus langka, produk susu dapat menyebarkan bakteri streptokokus.

Tanda dan gejala radang tenggorokan

– Pembengkakan pada tenggorokan dan terlihat memerah
– Muncul bintik-bintik merah di bagian belakang tenggorokan
– Mengalami sakit pada tenggorokan
– Demam tinggi mendadak
– Pembengkakan kelenjar getah bening
– Warna keputihan pada amandel
– Sakit kepala
– Tubuh terasa nyeri
– Mual
– Sakit saat menelan
– Hilangnya nafsu makan
– Ruam kulit pada kasus demam berdarah

Hal ini tidak mudah untuk mendeteksi radang tenggorokan seperti pada sakit tenggorokan (faringitis) atau karena penyakit flu. Sakit tenggorokan biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Flu disertai dengan gejala seperti pilek, bersin berlebihan, dan batuk. Semua gejala ini terkadang berhubungan juga dengan radang tenggorokan.

Pengobatan

Kunjungi dokter segera setelah anda melihat salah satu gejala radang tenggorokan. Dokter akan melakukan pemeriksaan pada tenggorokan dan jika dicurigai mengalami radang tenggorokan. Jika dokter mencurigai radang tenggorokan berdasarkan pemeriksaan fisik dan gejalanya, maka pengobatan dapat segera dimulai.

Ketika radang tenggorokan didiagnosa dan antibiotik diresepkan, anda harus menyelesaikan langkah pengobatan seperti yang telah ditentukan. Anda akan merasa lebih baik setelah beberapa hari menjalani pengobatan. Tetapi jika anda menghentikannya, bakteri akan muncul kembali dan berkembang biak, membuat pengobatan menjadi lebih sulit.

>>  Masa Inkubasi Radang Tenggorokan

Tips mengobati di rumah

  • Jika anda mengalami kesulitan dalam menelan, minumlah banyak cairan hangat untuk menenangkan rasa sakit pada tenggorokan. Anda dapat membuat sup kaldu atau air hangat dengan kunyit. Anda juga bisa minum campuran air hangat dan sedikit madu. Teh herbal, teh jahe, cocok untuk mengatasi untuk radang tenggorokan.
  • Makanan yang dapat meningkatkan frekuensi peradangan pada tenggorokan harus benar-benar dihindari. Sebagai contoh, makanan pedas dan berminyak, gorengan, makanan dingin, dsb harus dihindari. Makanan lunak seperti kentang tumbuk dan buah-buahan segar yang lembut dapat dikonsumsi, sehingga mereka tidak akan melukai tenggorokan dalam perjalanan mereka ke perut. Anda harus melakukan diet sehat karena tubuh akan membutuhkan bahan bakar yang memadai untuk melawan streptokokus.
  • Berkumur dengan air asin hangat ditambah dengan sejumput kunyit di dalamnya bisa membantu mengurangi peradangan di tenggorokan.

Radang tenggorokan oleh bakteri jika tidak diobati dengan baik dapat menularkan streptokokus selama berminggu-minggu, bahkan setelah gejalanya menghilang. Melalui batuk dan bersin, radang dapat ditularkan dari orang ke orang. Untuk itu sangatlah penting menghindari kontak dan menjaga kebersihan. Anda harus mencuci tangan sesering mungkin dan menjaga kebersihan diri.

 
  Incoming Keywords: tenggorokan merah, bintik bintik pada tenggorokan, radang tenggorokan karena bakteri, radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri, bakteri staphylococcus pada tenggorkan, peradangan tenggorokan, sebab bakteri di tenggorokan, radang tenggorokan disebabkan oleh, radang tenggorokan disebabkan, virus tenggorokan

,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Sakit Tenggorokan Sebelah Kiri Maupun Sisi Kanan

    […] tenggorokan Radang tenggorokan adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri streptococcus. Bakteri ini dapat ditularkan melalui […]