Komplikasi Kesehatan Terkait Radang Tenggorokan

R adang tenggorokan adalah infeksi tenggorokan yang umum yang dapat diobati dengan beberapa pengobatan rumah. Namun jika hal ini tidak diperhatikan, tenggorokan yang tidak diobati dapat menyebabkan resiko kesehatan lainnya. Artikel ini akan memandu anda tentang gejala dan komplikasi kesehatan serta pengobatan yang terkait dengan radang tenggorokan.

Radang tenggorokan disebabkan karena infeksi oleh bakteri yang disebut streptokokus. Bakteri ini menyebabkan infeksi faring dan amandel. Jika radang tenggorokan tidak diobati untuk sementara waktu, maka banyak komplikasi kesehatan dapat terjadi. Seseorang mungkin menderita gejala yang lebih parah jika radang tenggorokan tidak segera diobati.

Gejala yang meliputi infeksi tenggorokan

  1. Menderita demam
  2. Kesulitan dalam menelan makanan
  3. Pembengkakan kelenjar getah bening di leher
  4. Mual dan gelisah
  5. Kehilangan nafsu makan
  6. Kemerahan pada tenggorokan bersama dengan bercak putih

Gejala umum dapat diamati ketika seseorang menderita radang tenggorokan. Namun, ketika tidak diobati, gejala-gejala menjadi lebih buruk seperti demam tinggi, terlalu sulit dalam menelan, kesulitan bernafas, meningkatnya pembengkakan di tenggorokan dan suara yang serak. Penderita juga mungkin mengalami perasaan gatal akibat radang tenggorokan yang tidak diobati.

Komplikasi kesehatan

Demam
Jika radang tenggorokan tidak diobati, maka dapat berkembang menjadi demam rematik. Demam rematik dapat berkembang menjadi masalah kesehatan yang serius seperti komplikasi jantung dan nyeri sendi.

Tonsilitis
Infeksi karena bakteri dapat menyebabkan radang amandel. Pada tonsilitis, seseorang dapat mengalami gejala seperti nyeri otot.

Infeksi paru-paru
Jika tidak diobati sepenuhnya, radang tenggorokan dapat menyebabkan pneumonia. Dalam kondisi ini terjadi peradangan di jaringan paru-paru.

Sinusitis
Karena adanya infeksi bakteri dalam tubuh, lendir tersimpan dalam kantung sinus. Hal ini menyebabkan pemblokiran kantung sinus dan mengarah pada masalah kesehatan, yang berhubungan dengan sinusitis.

>>  Radang Tenggorokan Disebabkan Oleh Infeksi Bakteri

Retensi cairan
Sistem getah bening membantu menghilangkan cairan dari tubuh dan kondisi radang tenggorokan mempengaruhi kelenjar getah bening. Jadi, ada kemungkinan bahwa cairan bisa bertahan dalam jaringan tubuh, dan menyebabkan pembengkakan di dalam tubuh yang disebut dengan edema. Kondisi retensi air lebih terlihat di tangan dan kaki, namun dapat terjadi di bagian tubuh lainnya juga.

Glomerulonefritis
Antibiotik digunakan untuk melawan infeksi. Namun, jika hal ini bersarang dalam ginjal maka dapat menyebabkan glomerulonefritis akut.

Otitis
Infeksi tenggorokan dapat menyebar ke telinga dan menyebabkan infeksi telinga seperti otitis.

Menurunkan kekebalan
Bakteri ini juga dapat mempengaruhi bagian tubuh lainnya, sistem kekebalan tubuh dapat melemah.

Meningitis
Infeksi dapat menyebar ke kanal tulang belakang dan selaput otak jika tidak ditangani.

Ketahuilah bahwa terdapat resiko yang dapat berkembang menjadi komplikasi kesehatan jika tidak memperhatikannya. Carilah pengobatan dan lakukan perawatan segera!

Comments are closed.