Infeksi Radang Tenggorokan Pada Orang Dewasa

Radang tenggorokan adalah infeksi dari faring yang menyebabkan rasa sakit pada tenggorokan. Artikel berikut adalah beberapa informasi tentang radang tenggorokan pada orang dewasa, penyebab, gejala, dan pengobatan.

Radang tenggorokan atau faringitis streptokokus adalah infeksi bakteri yang mempengaruhi lapisan lendir tenggorokan (faring), amandel, dan dalam beberapa kasus kotak suara (laring). Faringitis streptokokus disebabkan oleh bakteri streptococcus. Meskipun infeksi tenggorokan ini lebih umum di antara anak-anak dan remaja, hal itu juga dapat mempengaruhi orang dewasa.

Faringitis streptokokus adalah infeksi menular yang dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan individu yang terinfeksi. Infeksi biasanya menyebar sebagai akibat dari kontak dengan lendir, air liur, sikat gigi yang terkontaminasi, atau peralatan lain. Mencium seseorang yang terinfeksi, tinggal terkurung dalam lingkungan berventilasi buruk, dan merokok juga dapat menyebabkan radang tenggorokan pada orang dewasa.

Tenggorokan menyediakan lingkungan yang kondusif bagi bakteri untuk berkembang dan dengan demikian memungkinkannya untuk dapat bertahan hidup selama beberapa bulan tanpa menunjukkan gejala apapun.

Tanda-tanda infeksi tenggorokan

Tanda-tanda yang dialami ketika menderita infeksi tenggorokan tidak seperti orang-orang yang menderita flu atau sakit tenggorokan pada umumnya yang disebabkan oleh infeksi virus. Gejala seperti hidung meler, mata memerah, bersin, dan batuk tidak disebabkan oleh radang tenggorokan. Tanda-tanda nyata dari infeksi bakteri ini adalah:

  1. Sakit pada tenggorokan
  2. Nyeri saat menelan
  3. Tenggorokan kering
  4. Pembesaran amandel dan uvula
  5. Eksudat atau nanah pada amandel
  6. Bercak kemerahan di langit-langit mulut
  7. Pembengkakan kelenjar getah bening di leher
  8. Demam
  9. Sakit kepala
  10. Kelelahan
  11. Tekanan di telinga dan kepala
  12. Nyeri perut

Diagnosa

Sebuah diagnosis medis yang dilakukan berdasarkan gejala dan riwayat medis pasien. Sebuah pemeriksaan yang tepat dilakukan melalui pemeriksaan tenggorokan sehingga dapat menentukan adanya bakteri. Infeksi tenggorokan harus diobati sesegera mungkin untuk menghindari komplikasi kesehatan lebih lanjut. Selain pemeriksaan pada tenggorokan, tes antigen juga dapat dilakukan.

Pada tes antigen, sampel dari amandel atau belakang tenggorokan diambil dengan bantuan kapas dan diperiksa. Sebuah hasil negatif tidak selalu meniadakan kemungkinan faringitis streptokokus. Berdasarkan kondisi tenggorokan pasien, dokter mungkin meresepkan pengobatan yang tepat untuk radang tenggorokan.

Pengobatan

Radang tenggorokan diobati dengan antibiotik seperti penisilin, yang telah terbukti efektif terhadap faringitis streptokokus. Mereka yang tidak toleran terhadap penisilin, diresepkan antibiotik seperti eritromisin, azitromisin, dan klaritromisin untuk mengobati infeksi tenggorokan oleh bakteri. Beberapa obat-obatan penghilang rasa sakit yang kompatibel juga diresepkan untuk meredakan sakit tenggorokan.

Penderita juga mungkin akan diminta untuk memakai masker, sehingga mencegah untuk menginfeksi orang lain. Disamping itu juga dianjurkan untuk terus meminum antibiotik sesuai anjuran dokter.

Dokter dapat juga merekomendasikan perawatan rumah untuk mengatasi radang tenggorokan, seperti kumur air garam, minum banyak sup hangat, teh herbal, dan menghindari makanan pedas. Istirahat dan tidur sama-sama penting untuk cepat sembuh.

Komplikasi kesehatan

Meskipun gejala faringitis streptokokus secara bertahap dapat mereda tanpa pemberian obat, kurangnya resistensi menyebabkan penderita untuk tetap menularkan penyakit selama beberapa hari meski telah pulih. Antibiotik dapat membantu mencegah terjadinya komplikasi. Komplikasi kesehatan berikut dapat timbul dalam kasus infeksi tenggorokan yang tidak diobati:

  1. Infeksi telinga (otitis media)
  2. Glomerulonefritis (radang ginjal)
  3. Demam reumatik
  4. Streptokokus toxic shock syndrome
  5. Peritonsillar

Cara terbaik untuk mencegah radang tenggorokan adalah dengan menjaga kebersihan diri. Radang tenggorokan harus dirawat dalam 24 jam pertama mulai dari timbulnya gejala sehingga mencegah kondisi menjadi lebih buruk.

 
  Incoming Keywords: infeksi radang, gambar radang tenggorokan, infeksi radang tenggorokan, infeksi tenggorokan

, ,

Comments are closed.