Radang Tenggorokan Setelah Operasi Amandel

Radang amandel adalah salah satu tanda yang paling umum dari radang tenggorokan, meskipun juga mungkin untuk mengembangkan infeksi tenggorokan tanpa amandel. Berikut ini adalah informasi mengenai faktor penyebab infeksi ini bagi mereka yang telah menjalani operasi amandel.

Radang tenggorokan adalah infeksi tenggorokan yang kerap mempengaruhi anak-anak antara usia 5 sampai 15 tahun. Penyebab infeksi ini adalah bakteri streptococcus. Dalam bahasa medis disebut dengan faringitis streptokokus, infeksi bakteri ini tidak hanya mempengaruhi faring, tetapi juga amandel (gumpalan jaringan limfoid yang terletak di kedua sisi tenggorokan). Tonsilitis, yang mengacu pada radang amandel, juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri ini. Meskipun istilah seperti radang tenggorokan, tonsilitis, dan sakit tenggorokan digunakan secara bergantian oleh banyak orang, sebenarnya ini semua adalah kondisi yang berbeda. Sakit tenggorokan dan tonsilitis biasanya dapat diamati pada orang yang terkena radang tenggorokan. Sebuah studi menunjukkan bahwa anak-anak yang pernah menjalani operasi amandel kemungkinan besar dapat mengembangkan infeksi ini bila dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Penyebab secara umum

Meski infeksi tenggorokan ini lebih sering terjadi di kalangan anak-anak dan remaja, ini juga dapat mempengaruhi infeksi bakteriorang-orang dari semua kelompok usia. Streptococcus pyogenes, yang merupakan keluarga dari bakteri streptococcus adalah bakteri yang menjadi penyebab infeksi ini. Bakteri ini hidup di tenggorokan dan hidung selama berbulan-bulan tanpa menyebabkan gejala apapun. Bakteri ini dapat dengan mudah menular ke orang lain melalui kontak langsung atau dengan menghirup sekret pernapasan orang yang terkena. Masa inkubasi adalah sekitar 2 sampai 5 hari.

Diagnosis

Infeksi tenggorokan juga tidak selalu disebabkan oleh bakteri streptococcus. Virus juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan, meliputi:

► Pilek
► Faringitis Viral
► Infeksi mononucleosis
► Epiglottitis
► Alergi rhinitis

Gejala yang terjadi

Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh infeksi virus. Gejalanya dapat bervariasi, tergantung pada penyebabnya. Misalnya, gejala seperti batuk, pilek, dan bersin sering mengarah pada infeksi virus daripada radang tenggorokan. Berikut adalah beberapa gejala khas infeksi bakteri ini;

► Mual
► Demam
► Sakit kepala
► Malaise
► Kehilangan nafsu makan
► Kesulitan dalam menelan
► Amandel bengkak

>>  Masa Inkubasi Radang Tenggorokan

Pengobatan melibatkan penggunaan antibiotik seperti amoksisilin, sefaleksin, azitromisin, sefadroksil, dan cefprozil. Jika tidak diobati, radang tenggorokan bisa tetap menular selama beberapa minggu. Bakteri bisa ditularkan ke orang lain selama beberapa hari, baik setelah penderita memulai pengobatan dengan antibiotik. Dengan demikian, tindakan pencegahan harus diambil oleh orang yang terkena dampak atau mungkin keluarganya. Pengobatan rumah juga terbukti bermanfaat. Berkumur dengan air garam hangat dan minum teh herbal akan memberikan banyak bantuan.

Meskipun infeksi bakteri ini sering disertai dengan tonsilitis, tidak hanya terbatas pada amandel. Jadi, jika seorang anak menjalani operasi untuk pengangkatan amandel, maka dia masih tetap bisa mengalami radang tenggorokan. Selain itu, setiap anak mungkin tidak cocok dengan operasi amandel. Prosedur ini dapat disarankan hanya jika seorang anak menderita gejala berulang dari radang tenggorokan dan tonsilitis dalam setahun. Berbagai aspek perlu dipertimbangkan untuk mengetahui apakah seorang anak harus menjalani operasi amandel atau tidak. Seperti halnya dengan setiap operasi, selalu ada resiko perdarahan. Pada saat ini, komplikasi yang terkait anestesi bisa terjadi. Keseluruhan kesehatan anak juga wajib dianalisis terlebih dahulu.

Karena anak-anak lebih rentan terhadap radang tenggorokan, mereka harus diberitahu tentang tindakan pencegahan yang dapat membantu mencegah penularan patogen. Sementara itu, menghindari kontak langsung dengan orang yang terkena adalah cara terbaik untuk mencegah infeksi ini, bantuan medis harus diusahakan jika seorang anak atau orang dewasa menunjukkan gejala infeksi bakteri ini.

 
  Incoming Keywords: makanan yang dianjurkan setelah operasi amandel

Comments are closed.