Sakit Tenggorokan Sebelah

Sakit tenggorokan sebelah adalah penyakit yang sangat umum yang dapat mempengaruhi tiap orang dari semua kelompok usia. Hal ini biasanya berhubungan dengan pilek atau flu, tapi bisa juga disebabkan oleh infeksi mononucleosis, tonsilitis, alergi, atau radang pita suara. Berikut adalah informasi mengenai penyebab sakit tenggorokan pada satu sisi dan cara mengobati kondisi ini.

Istilah faringitis mengacu pada radang tenggorokan. Faringitis dikategorikan ke dalam faringitis akut dan kronis. Faringitis akut ditandai dengan gejala yang mendadak dan cepat. Di sisi lain, faringitis kronis berkembang secara perlahan, dan bisa berlangsung selama berminggu-minggu. Walaupun infeksi virus adalah yang paling sering menyebabkan sakit tenggorokan, hal ini bisa juga disebabkan oleh infeksi bakteri.

Sakit tenggorokan adalah salah satu tanda yang paling umum dari faringitis. Gejala-gejala yang muncul menyertai sakit tenggorokan sering bervariasi, tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Tenggorokan juga terdiri dari laring dan epiglotis, di mana rasa sakit atau nyeri tenggorokan ini bisa dialami jika salah satu struktur mengalami peradangan. Peradangan pada salah satu dari amandel, yang merupakan massa dari jaringan limfatik yang terletak di kedua sisi tenggorokan, juga dapat menyebabkan rasa sakit tenggorokan sebelah atau nyeri pada satu sisi tenggorokan, baik kiri maupun kanan.

Faktor yang menjadi penyebab tenggorokan sakit

Sakit tenggorokan dapat disebabkan karena berbagai alasan. Berikut adalah beberapa faktor umum yang menjadi penyebab sakit tenggorokan;

Infeksi virus

Pilek, influenza, infeksi mononukleosis, dan gondok adalah beberapa infeksi virus yang dapat menyebabkan radang tenggorokan. Beberapa dari infeksi tersebut juga bisa menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening di leher.

Pilek
Rhinoviruses, coronaviruses, dan RSV adalah beberapa virus yang dapat menyebabkan pilek. Hidung tersumbat, hidung meler, batuk, dan gatal tenggorokan adalah beberapa gejala khas dari flu biasa. Gejala lainnya yang mungkin dialami oleh individu yang terkena termasuk kelelahan, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, dan nyeri otot.

Influensa
Influenza, yang sering disebut sebagai flu, disebabkan oleh virus influenza. Virus ini bisa ditularkan kepada orang lain fluterutama melalui inhalasi sekresi pernafasan dari individu yang terkena. Meskipun gejala-gejala flu sangat mirip dengan pilek, tapi dapat dibedakan dari pilek. Demam, menggigil, kelelahan, hidung meler, bersin, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan adalah beberapa tanda-tanda karakteristik flu.

Infeksi mononucleosis
Infeksi mononucleosis, yang juga disebut juga demam glandular, adalah faktor lain yang menyebabkan sakit tenggorokan persisten. Kondisi ini sebagian besar disebabkan oleh virus Epstein Barr. Selain sakit tenggorokan, gejala lain yang disebabkan oleh infeksi virus termasuk demam, malaise, kehilangan nafsu makan, pengembangan ruam, atau pembengkakan kelenjar getah bening di leher.

Infeksi bakteri

Sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri seperti radang tenggorokan atau difteri. Lebih sering daripada tidak, bakteri menyebar ke orang lain karena inhalasi dari sekresi pernafasan atau tetesan yang menguap di udara ketika batuk atau bersin.

Radang tenggorokan
Radang tenggorokan adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri streptococcus. Bakteri ini dapat ditularkan melalui kontak langsung dan tidak langsung. Berbagi barang pribadi dari individu yang terkena juga bisa menyebabkan bakteri menyebar. Sakit tenggorokan, demam , pembengkakan kelenjar getah bening di leher, uvula bengkak, bercak putih pada amandel adalah beberapa tanda-tanda umum dari radang tenggorokan.

Difteri
Difteri adalah infeksi yang mempengaruhi saluran pernapasan bagian atas. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang disebut corynebacterium diphtheriae. Gejala-gejala yang dialami oleh individu yang terkena meliputi demam, menggigil, malaise, pembesaran kelenjar getah bening di leher, batuk, suara serak, sakit tenggorokan, sulit menelan, dan napas cepat. Bakteri dapat ditularkan melalui sekresi pernafasan. Dalam beberapa kasus, infeksi bisa terjadi jika seseorang menyentuh barang-barang pribadi dari orang yang terinfeksi.

Selain kondisi tersebut, sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh peradangan pada amandel atau uvula. Uvulitis ( radang lidah ) dan tonsilitis ( radang amandel ) bisa disebabkan oleh virus, selain infeksi oleh bakteri. Jika salah satu dari amandel meradang, penderita akan mengalami sakit tenggorokan di salah satu sisi. Uvulitis juga bisa terjadi karena asam lambung, konsumsi makanan yang sangat dingin atau panas, dan peradangan pada langit-langit mulut atau amandel.

Gejala yang terkait sakit tenggorokan sebelah

Gejala-gejala yang mungkin dialami oleh individu yang terkena bisa bervariasi, tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Namun, gejala yang paling umum dari sakit tenggorokan sebelah meliputi;

➞ Sakit tenggorokan
➞ Kesulitan dalam menelan
➞ Kemerahan pada amandel
➞ Sakit kepala
➞ Demam

Nyeri tenggorokan dan kesulitan menelan adalah beberapa gejala yang paling umum dari tenggorokan yang teriritasi. Suara dari seseorang yang terkena dapat menjadi serak ketika laring (kotak suara) meradang.

Epiglottitis, yang mengacu pada peradangan epiglotis (flap tulang rawan yang menutup tenggorokan saat menelan, sehingga mencegah makanan masuk ke dalam saluran udara), dapat menyebabkan gejala seperti kesulitan bernafas atau menelan.

Dalam beberapa kasus, rasa sakit juga dapat menyebar ke arah telinga. Kelenjar getah bening di bawah rahang dapat membengkak. Terdapat lecet di langit-langit dan juga bau mulut dapat menjadi indikasi dari infeksi tenggorokan.

Obat sakit tenggorokan

Meskipun beberapa obat farmasi dan semprotan dekongestan dapat memberikan bantuan dari kondisi ini, namun akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter jika gejala berlangsung selama lebih dari seminggu. Untuk mendiagnosis penyebab sakit tenggorokan, dokter biasanya melakukan pemeriksaan fisik dan menganalisa gejala-gejala yang telah dialami oleh pasien.

Pengobatan sakit tenggorokan biasanya melibatkan penggunaan anti inflamasi dan analgesik seperti ibuprofen dan parasetamol. Jika terbukti bahwa bakteri yang menjadi penyebab, pengobatan akan melibatkan penggunaan antibiotik.

Dalam kasus sakit tenggorokan yang ringan, menggunakan pelega tenggorokan dapat memberikan rasa lega. Di samping itu, tindakan perawatan diri juga akan terbukti bermanfaat, meliputi;

➞ Orang-orang terkena dampak harus meningkatkan asupan air.
➞ Mereka harus menahan diri dari minum atau makan sesuatu yang terlalu panas atau dingin.
➞ Berkumur dengan larutan garam hangat akan memberikan bantuan.
➞ Menghirup uap panas dapat membantu mengatasi hidung tersumbat.
➞ Minum sup kaldu ayam atau sup sayur panas juga terbukti bermanfaat.

Agar terapi menjadi efektif, maka perlu mengetahui penyebab yang sebenarnya. Gejala-gejala infeksi virus tidak akan sembuh jika anda mengambil obat antibiotik. Jadi, jangan mengobati diri sendiri, dan berkonsultasi dengan spesialis THT jika gejala terus berlangsung. Intervensi medis yang tepat waktu membantu anda sembuh dari sakit tenggorokan sebelah dengan lebih cepat.

 
  Incoming Keywords: sakit tenggorokan sebelah kiri, sakit tenggorokan sebelah kanan, sakit tenggorokan sebelah, leher bengkak karena panas dalam, nyeri tenggorokan kanan bawah, sakit flu bengkak di leher sebelah kanan dan, rasa sakit dibawah rahang, penyebab sakit tenggorokan sebelah kanan kiri, radang tenggorokan sakit pada leher kanan menguap pun sakit, radang tenggorakan sebelah kanan apa itu amandel

, , ,

Comments are closed.