Cara Mengobati Laringitis dengan Efektif

L aringitis dapat diobati dengan mengikuti langkah perawatan diri tertentu. Cara mengobati laringitis yang efektif adalah dengan pengobatan rumah termasuk mengistirahatkan pita suara, bernafas melalui hidung, inhalasi uap, membasahi tenggorokan, menggunakan humidifier, minum air putih dalam jumlah yang cukup dan menghindari asap berbahaya.

Laringitis mengacu pada peradangan dari pita suara atau laring. Yang sering terjadi, hal ini disebabkan karena penggunaan berlebihan atau iritasi konstan laring. Dalam beberapa kasus, ini adalah hasil dari infeksi radang tenggorokan laring, yang disebabkan oleh virus dan penyakit lainnya. Dalam memproduksi suara normal, pita suara membuka dan menutup dengan lancar, sedangkan jika menderita radang tenggorokan, pita suara dapat terganggu, sehingga suara menjadi serak atau parau. Tanda-tanda lain dari laringitis termasuk suara melemah, tenggorokan kering, sakit tenggorokan, dan batuk kering. Dalam kondisi peradangan parah, radang tenggorokan menyebabkan hilangnya suara untuk sementara waktu.

Berdasarkan gejala yang muncul, laringitis bisa menjadi akut (gejala yang berlangsung selama 1-2 minggu) atau kondisi kronis (gejala yang berlangsung lebih dari 3 minggu). Kebanyakan yang terjadi adalah tipe akut, yang juga mampu diatasi dengan obat radang tenggorokan dan pengobatan rumah yang efektif. Sebuah kondisi radang tenggorokan kronis ditandai dengan timbulnya gejala yang berulang, dan bisa menjadi indikasi dari kondisi kesehatan yang parah. Oleh karena itu, mendapatkan diagnosis tepat waktu dan benar selalu dianjurkan untuk mengesampingkan kondisi medis lainnya.

Cara mengobati laringitis

Seperti yang disebutkan sebelumnya, cara mengobati laringitis akut dapat digunakan pengobatan rumah. Gejala laringitis menjadi lebih parah oleh masalah medis lain seperti pilek, flu, infeksi tenggorokan, dsb. Dengan demikian, perawatan di rumah sebenarnya berbeda berdasarkan faktor penyebab. Sebagai contoh, jika ketegangan pita suara adalah penyebabnya, maka mengistirahatkan suara anda adalah obat mujarab untuk menyembuhkan laringitis.

  • Obat sederhana yang paling efektif untuk mengobati laringitis adalah mengistirahatkan pita suara. Dengan kata lain, penderita laringitis tidak boleh berbicara terlalu banyak atau berbicara keras untuk waktu yang lama. Jika perlu, tapa bisu.
  • Berbisik dapat memicu peradangan pada laring. Meski berbisik menggunakan volume suara yang rendah, hal ini sebenarnya juga memberikan beban lebih pada pita suara daripada berbicara dengan normal. Dengan demikian, penderita laringitis harus menghindari berbisik sebanyak mungkin.
  • Bernafas melalui hidung dan tidak melalui mulut adalah salah satu obat alami untuk radang tenggorokan. Hal ini memastikan bahwa tenggorokan tidak terkena udara dingin dan juga tidak kering.
  • Inhalasi uap dan mandi uap adalah metode pengobatan yang efektif untuk menyembuhkan radang tenggorokan.
  • Menggunakan humidifier membantu dalam menjaga tingkat kelembaban dalam sebuah ruangan, yang berguna mencegah lingkungan yang kering. Oleh karena itu, dengan menggunakan humidifier di kamar juga menjadi salah satu obat laringitis.
  • Menjaga diri tetap terhidrasi membantu dalam memperpendek durasi gejala laringitis. Minum air dalam jumlah yang cukup 8-10 gelas perhari guna mendapatkan bantuan dari peradangan laring.
  • Minum teh lemon hangat dicampur dengan 2 sendok teh madu akan membantu proses penyembuhan.
  • Melembabkan tenggorokan adalah ukuran yang baik untuk mengatasi radang tenggorokan. Anda dapat berkumur dengan air garam atau mengunyah sepotong permen karet.
  • Dekongestan secara ketat tidak dianjurkan selama timbulnya gejala laringitis. Alasan utama adalah bahwa obat-obatan ini dapat menyebabkan tenggorokan kering, yang membuat parah radang tenggorokan.
  • Gejala radang tenggorokan seperti tenggorokan kering dan sakit, membuat kita ingin batuk dan membersihkan tenggorokan. Batuk atau membersihkan tenggorokan malah meningkatkan iritasi pada laring, dan karenanya harus dihindari sejauh mungkin.
  • Obat lain untuk laringitis adalah menahan diri dari merokok atau menghirup asap berbahaya lainnya. Asap dapat memperburuk kondisi laring, dan karena itu dianjurkan untuk meminimalkan paparan iritasi seperti pada pengobatan radang tenggorokan.
>>  Penyebab Gejala Laringitis

Selain tips diatas, ada juga obat homeopati untuk mengobati laringitis. Jika gejala laringitis tidak mereda setelah mengkonsumsi obat ini, maka dianjurkan untuk berkonsultasi dan meminta saran dari dokter.

 
  Incoming Keywords: obat radang pita suara, obat tradisional pita suara rusak, obat tradisional pita suara, obat alami radang pita suara, nama obat untuk pita suara, resef herbal radang suara rusak, mengobati laringitis, cara menyembuhkan pita suara yang rusak, cara mengobati pita suara, cara mengatasi iritasi pada pita suara

,

Comments are closed.