Pengertian Sel Darah Merah

Sel darah merah adalah sarana yang digunakan untuk memasok oksigen dalam tubuh kita. Artikel yang berikut ini akan menjelaskan mengenai gambaran dari sel darah merah. Lebih dari 4000 jenis komponen terdapat di dalam jaringan darah kita. Sel darah putih, sel darah merah, plasma, dan trombosit adalah empat komponen yang paling penting diantaranya. Sekitar 7-8% dari berat tubuh manusia terdiri dari darah. Darah menyalurkan oksigen ke berbagai organ dalam tubuh kita, sel darah merah juga membantu dalam mengurangi perdarahan yang berlebihan. Komponen penting ini digunakan untuk berbagai fungsi penting dalam tubuh kita seperti membawa oksigen dan nutrisi bagi sel-sel tubuh.

Pengertian sel darah merah

  • Sel darah merah juga disebut dengan eritrosit, sel-sel ini adalah sel-sel mikroskopis besar tanpa inti. Dari total volume darah, 40-50% mengandung sel darah merah.
  • Sel darah merah adalah pendukung utama dari sistem peredaran darah, yaitu sistem kardiovaskular. Sel-sel ini mempunyai warna merah yang didapat dari protein kimia yang disebut hemoglobin.
  • Eritrosit mengandung hemoglobin, yang membantu dalam menyalurkan oksigen ke jantung.
  • Ketika hemoglobin sudah memberikan semua oksigen, hemoglobin yang kosong diangkut oleh karbondioksida.

Jumlah sel darah merah

  • Rata-rata 20 sampai 30 trilyun eritrosit bersirkulasi dalam aliran darah orang dewasa.sel darah merah
  • Sel darah merah yang berbentuk cakram berukuran 6-8 mikrometer. Sekitar 200 miliar sel darah merah diproduksi setiap hari, lama hidupnya adalah sekitar 120 sampai 125 hari.
  • Penghitungan sel-sel bervariasi sesuai dengan jenis kelamin tiap orang. Pengitungan rata-rata adalah 4,2 sampai 5,4 juta sel per mikroliter pada wanita, sedangkan pada pria adalah sekitar 4,7 sampai 6,1 juta sel per mikroliter.
  • Jika dibandingkan dengan sel-sel lain dalam tubuh, maka terlihat bahwa sel darah merah merupakan bagian yang terkecil. Setiap sel terdiri dari sekitar 270 juta molekul hemoglobin.

Proses terbentuknya sel darah merah

  • Proses di mana sel-sel darah merah terbentuk dalam tubuh manusia diproduksi di dalam sumsum tulang.
  • Tingkat produksi per detik adalah sekitar dua juta sel.
  • Sel-sel yang dilepaskan oleh sumsum tulang dalam darah disebut dengan retikulosit. Retikulosit memiliki sekitar 1% dari sirkulasi sel darah.
  • Sel-sel yang mulai matang, selaput plasmanya mengalami beberapa perubahan sehingga fagosit dapat mengetahui sel-sel yang usang, yang akan menghasilkan fagositosis.
  • Partikel hemoglobin kemudian dipecah menjadi besi dan biliverdin. Dan yang terakhir menjadi bilirubin, bersama dengan partikel besi meluncur ke dalam plasma dan beredar dengan membawa protein yang disebut transferin.

Banyak gangguan kesehatan bersumber dari tidak berfungsinya sel darah merah dengan baik. Anemia merupakan salah satu penyakit yang berhubungan erat dengan darah, yang disebabkan karena kekurangan zat besi. Sel darah merah merupakan bagian penting dari mekanisme tubuh dan oleh karena itu, perawatan yang tepat harus dilakukan sehingga dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dengan konsumsi produk yang kaya zat besi.

 
  Incoming Keywords: hemoglobin pada sel darah merah yang sudah usang akan dipecah menjadi

Comments are closed.