Rendahnya Sel Darah Putih Penyebab dan Gejala

L eukosit atau dikenal dengan sel darah putih adalah komponen penting dari sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan melindungi tubuh dari sejumlah infeksi dan penyakit melalui antibodi yang diproduksi oleh sel darah putih. Leukosit juga membantu dalam melawan kelainan yang terdapat di dalam sumsum, aliran darah, dan sistem limfatik tulang. Oleh karena itu leukosit merupakan bagian penting dari tubuh manusia. Sumsum tulang menghasilkan sekitar 100 miliar leukosit setiap harinya. Jumlah sel darah putih dalam tubuh yang sehat adalah berikisar antara 4000 – 11500 sel per mikroliter darah. Pada anak-anak, jumlah ini sedikit lebih tinggi dibandingkan pada orang dewasa. Leukosit pada bayi yang baru lahir diperkirakan berkisar antara 9000 – 30.000. Jika jumlah sel darah putih turun menjadi di bawah 3000 sel per mikroliter darah, maka dapat menyebabkan kondisi yang disebut leukopenia atau rendahnya sel darah putih.

Penyebab rendahnya sel darah putih

Terdapat beberapa penyebab mengapa tingkat leukosit dapat menjadi turun. Penurunan drastis dapat menjadi hasil dari adanya infeksi bakteri atau virus, kanker, kelainan bawaan dari sistem kekebalan tubuh dan pada sumsum tulang, dsb. Obat-obatan seperti diuretik, imunosupresan, clozapine, dan anti psikotik juga dapat menyebabkan menurunnya jumlah sel darah putih di dalam tubuh. Kekurangan limfosit juga dapat mempengaruhi tubuh seperti lamanya penyembuhan luka. Disebutkan di bawah ini adalah beberapa penyebab rendahnya jumlah darah putih secara spesifik:

  • Gangguan pada kekebalan tubuh berpotensi menghancurkan sumsum tulang dan menghambat produksi sel darah putih.
  • Reaksi alergi parah yang disebabkan karena adanya patogen di dalam tubuh.
  • Adanya kondisi yang diketahui sebagai hipertiroidisme, yang disebabkan karena produksi hormon tiroid yang berlebih.
  • Gangguan pada liver atau limpa. Gangguan ini dapat menyebabkan hipersplenisme, di mana sel-sel darah hancur sepenuhnya.
  • Kekurangan vitamin dan mineral.
  • Penyakit inflamasi seperti rheumatoid arthritis.
  • HIV / AIDS juga dapat menjadi penyebab turunnya jumlah leukosit dalam tubuh.
  • Faktor penyebab lain kurangnya leukosit dalam tubuh termasuk kemoterapi, terapi radiasi, dan lupus eritematosa sistemik yang menyebabkan kerusakan jaringan akibat dari infeksi.

Gejala rendahnya sel darah putih

Gejala-gejala yang terjadi pada leukopenia dapat berkisar dari ringan sampai intens tergantung dari tingkat kondisi. Gejala yang ringan tidak bisa diuraikan dengan mudah, karena sistem kekebalan tubuh tergolong masih kuat. Dalam hal lain, gejala-gejala tertentu akan dapat terlihat pada seseorang yang menderita, meliputi;

  • Mudah terkena penyakit karena sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Badan terasa ringan dan sering pingsan
  • Tanda-tanda yang muncul pada anak-anak termasuk anemia, demam, sering sakit kepala.
  • Wanita yang terkena dapat mengalami siklus menstruasi berkepanjangan(menorrhagia).
  • Sebuah kondisi yang disebut dengan hematoma, di mana darah cenderung menumpuk di bawah kulit adalah salah satu dari gejala rendahnya tingkat sel darah putih.
  • Gejala yang lain termasuk mudah lelah, gangguan keseimbangan emosi seperti mudah marah.

Dalam kondisi rendahnya sel darah putih, maka tubuh akan rentan terhadap segala macam infeksi. Dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seseorang dapat mengalami infeksi. Jika terjadi infeksi pada saluran pencernaan akan ditandai dengan gejala seperti diare, perdarahan rektum, dan kram perut. Infeksi saluran kencing dapat juga menyebabkan masalah seperti panas dan terbakar.

Di atas ini adalah beberapa penyebab dan gejala karena rendahnya sel darah putih. Jika anda melihat gejala-gejala seperti di atas, adalah lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter mungkin juga menyarankan tes sumsum tulang sebagai bagian dari diagnosis. Setelah kondisi yang mendasari tersebut didiagnosis, maka akan diberikan penanganan lebih lanjut. Sementara itu, anda wajib melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari terkena infeksi.

 
  Incoming Keywords: Leukosit rendah, kekurangan sel darah putih, penyebab leukosit rendah, ciri ciri kekurangan darah putih, kekurangan darah putih, sel darah putih rendah, lekosit rendah, leukosit turun, kekurangan sel darah putih disebut, tanda tanda kekurangan sel darah putih

, , , ,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Penyebab Sel Darah Putih Dalam Urin

    […] Meskipun semua jenis ini memiliki banyak kesamaan, semuanya berbeda dalam fungsi dan juga bentuk. Menurunnya sel darah putih dapat menyebabkan ketidakseimbangan sistem kekebalan tubuh. Ini menunjukkan betapa pentingnya […]