Penyebab Sel Darah Putih Dalam Urin

Leukosit merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh dan dikenal karena kemampuannya dalam melawan infeksi. Munculnya sel darah putih dalam urin dapat menjadi indikasi suatu masalah yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh.

Leukosit atau sel darah putih memainkan peran yang sangat penting dalam sistem kekebalan tubuh. Sel darah ini berasal dari sel multipoten di sumsum tulang dan dan jumlahnya berkisar 1% dari darah orang dewasa. Ada berbagai macam jenis leukosit seperti neutrofil, eosinofil, limfosit, monosit, dsb. Meskipun semua jenis ini memiliki banyak kesamaan, semuanya berbeda dalam fungsi dan juga bentuk. Menurunnya sel darah putih dapat menyebabkan ketidakseimbangan sistem kekebalan tubuh. Ini menunjukkan betapa pentingnya leukosit dalam sistem kekebalan tubuh. Sel darah putih dalam urin adalah tidak normal. Oleh karena itu, perlu diketahui penyebab di balik kondisi yang mendasarinya.

Penyebab sel darah putih dalam urin

Pada sistem urin yang normal, ginjal menyaring darah dan mencegah leukosit untuk melewati urin. Namun jika pada urin terlihat adanya tanda-tanda leukosit, ini dapat diartikan bahwa sistem urin tidak dalam fungsi yang tepat. Tingginya kandungan sel darah putih dalam urin disebut piuria yang berarti nanah di dalam urin. Di bawah ini adalah beberapa penyebab leukosit dalam urin;

♦Infeksi saluran kemih
Kandung kemih merupakan komponen penting dari sistem urin. Setiap kelainan yang terjadi pada kandung kemih seperti infeksi – yang juga disebut sistitis, dapat menyebabkan sel-sel darah putih terkumpul dalam urin. Pada wanita, bakteri dapat masuk dari uretra, sedangkan pada pria masuk melalui prostat. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa seperti terbakar dan saat buang air kecil terasa sakit. Disamping itu, sering buang air kecil juga dapat dialami.

Nefritis interstisial
Ini adalah salah satu gangguan ginjal di mana ruang antara tubulus ginjal mengalami peradangan. Kondisi ini menghambat kemampuan ginjal dalam memfilter, yang dapat menjadi penyebab dibalik leukosit dalam urin. Gejala lain yang mungkin menyertainya adalah mual, muntah, retensi cairan, dan pengurangan produksi urin.

Pielonefritis
Penyebab lain dari sel darah putih dalam urin yang abnormal bisa menjadi pertanda infeksi ginjal atau pyelopnephritis. Infeksi ini dimulai dari saluran kemih dan kemudian menyebar ke ginjal. Seperti disebutkan sebelumnya, ginjal berfungsi untuk menyaring darah, dan tidak memungkinkan sel-sel darah putih untuk masuk ke urin. Karena itu, jika ginjal tidak berfungsi dengan baik dan terpengaruh oleh adanya infeksi, hal ini akan memberikan jalan bagi sel darah putih untuk lewat dan masuk ke dalam urin. Pielonefritis seringkali terjadi pada wanita dibandingkan pada pria.

>>  Penyebab Tingginya Sel Darah Putih

Obstruksi pada urinari
Setiap obstruksi dalam sistem kemih dapat mengganggu fungsi normal yang dapat menyebabkan piuria. Obstruksi yang paling umum adalah pembentukan batu pada bagian seperti kandung kemih, uretra, atau ginjal. Kadangkala, adanya sel-sel darah putih dapat menjadi tanda kondisi yang lebih serius seperti tumor kandung kemih atau lupus eritematosus sistemik.

Penyebab lainnya
Terlepas dari berbagai penyebab sel darah putih dalam urin di atas, masih ada banyak penyebab lainnya. Seseorang yang menderita penyakit menular seksual seperti gonore, klamidia, dsb, kadang-kadang dapat menderita infeksi saluran kemih, ini akan mengakibatkan leukosit yang tinggi dalam urin. Selain itu, hal ini juga dapat mengakibatkan pembengkakan pada alat kelamin. Kehamilan juga dapat menyebabkan sel darah putih terkontaminasi, yang dapat meningkatkan jumlah leukosit.

Tindakan yang diperlukan

Pengobatan yang dapat dilakukan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Berikut ini beberapa tindakan pencegahan dan selama perawatan yang akan membantu anda untuk meringankan masalah piuria.

  1. Menghindari terjadinya infeksi urinari.
  2. Memperhatikan kebersihan.
  3. Meminum banyak air putih akan membantu untuk mengatasi infeksi pada saluran kemih karena adanya bakteri.
  4. Menahan buang air kecil akan mengakibatkan peningkatan jumlah bakteri, yang akan menyebabkan terjadinya infeksi. Oleh sebab itu, janganlah menahan buang air kecil terlalu sering.

Beberapa hal di atas dapat menyebabkan sel-sel darah putih dalam urin. Sel-sel darah putih yang memasuki urin akan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Jika anda mengalami rasa sakit dan demam tinggi disertai dengan gejala piuria, kunjungilah dokter dengan segera.

 
  Incoming Keywords: kadar leukosit normal dalam urine, apa artinya hasil test urin atau darah jika Leukosit 1, cara menghilangkan leukosit dalam urine, hasil darah dalam urin, leukosit dalam urin, leukosit dlm kencing artinya, leukosit urine positif 2, mengapa didalam air seni pria terdapat banyak leukosit, minyak zaitun untuk lekosit tinggi dalam urin

, ,

Comments are closed.