Mengatasi Takut Mati

Kebanyakan manusia takut mati dan kita sendiri juga sering menghindari untuk mengakuinya. Namun, ketika ketakutan ini meningkat secara abnormal normal pada seseorang, hal ini dikenal dengan istilah thanatophobia.

Hal ini umumnya dipercaya bahwa fobia ini timbul dari kombinasi kejadian eksternal dan kecenderungan internal. Ada banyak fobia spesifik yang dapat ditelusuri kembali kepada peristiwa tertentu yang menjadi pemicu, biasanya pengalaman traumatis sewaktu usia dini. Selain itu juga diyakini bahwa faktor genetika dan senyawa dalam otak membaur dengan pengalaman hidup sehingga memainkan peran utama dalam perkembangan fobia.

Apakah yang menjadi penyebab dari thanatophobia?

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan fobia pada seseorang, ini meliputi:

  • Pengalaman traumatis sebelumnya yang terkait dengan kematian.
  • Kehilangan seseorang yang dekat dan disayangi.
  • Takut akan kejadian tak terduga dan tidak diketahui pada saat kematian dan setelah itu.

Pada umumnya, jika seseorang mengalami fobia, maka cenderung menunjukkan tanda-tanda;
Sesak napas, mulut kering, cepat bernapas, detak jantung tidak teratur, berkeringat, kecemasan, kehilangan kontrol diri.

Selain gejala di atas, seseorang dapat langsung merasa kurang sehat atau tidak enak badan. Ketakutan ini membuat seseorang yang mempunyai thanatophobia tidak bisa menikmati setiap momen dalam hidupnya, karena perasaan takut mati yang terus menerus menghantui pikirannya.

Solusi untuk mengatasi takut mati

Hipnoterapi
Ketika sebuah peristiwa traumatis yang pernah disaksikan di masa kecil atau dialami ketika muda, tetap dalam alam bawah sadar dan berkembang sebagai fobia. Hipnoterapi dapat mengendalikan thanatophobia sebagai ketakutan akan kematian yang berkembang dari pengalaman masa kanak-kanak.

Terapi regresi
Terapi ini memungkinkan seseorang untuk mengingat peristiwa tertentu dan meninjau ulang, yang kemudian menafsirkannya dengan benar, sehingga memecahkan masalah yang terkait dengan itu.

Terapi bicara
Metode ini digunakan untuk membantu seseorang mengatasi rasa takutnya, dan kemudian mengajarkan seseorang bagaimana cara menghadapi rasa takut tersebut.

Obat
Obat untuk kecemasan(antianxiety) terkadang diresepkan untuk mengatasi masalah ini, namun obat tersebut harus dikonsumsi dengan hati-hati karena ini dapat memiliki efek samping yang serius. Hal ini juga penting untuk dicatat bahwa obat-obatan tidak menyembuhkan fobia dan hanya membantu sementara waktu dalam menekan rasa takut.

Konseling
Konseling agama juga bermanfaat untuk membantu seseorang mengatasi rasa takutnya.

Kebanyakan orang akan setuju bahwa takut akan kematian adalah ketakutan yang tidak diketahui. Dan itu adalah sangat wajar untuk merasa takut karena sebagian besar dari kita memang belum pernah mengalaminya. Seseorang dapat menemukan kenyamanan dalam agamanya dan mengembangkan keyakinan yang kuat untuk menghadapinya. Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang sangat religius seringkali tidak takut mati.

Thanatophobia adalah fobia yang sangat kompleks, seseorang dengan masalah ini tidak perlu berkecil hati. Keluarga dan teman-teman dekat dapat memainkan peran penting guna membantu seseorang yang bertarung dengan ketakutannya. Di samping itu juga dapat bergabung dengan kelompok pendukung lain yang berhubungan dengan masalah ini.

 
  Incoming Keywords: mencegah kaget dan takut mati, penyebab rasa takut akan kematian

, ,

Comments are closed.