Cara Mengatasi Sakit Maag

Cara mengatasi sakit maag dengan alami yang berikut ini akan dapat membantu anda yang sering mengalami sakit pada lambung. Sakit maag, yang dapat menjadi lebih buruk karena disebabkan jadwal makan yang tidak teratur, acapkali disebabkan oleh adanya campur tangan bakteri, yang mempengaruhi lapisan pada dinding lambung. Pembentukan ulkus juga dapat terjadi karena konsumsi obat tertentu. Meski begitu, beragam jenis pengobatan juga telah tersedia untuk mengatasi sakit maag.

Sakit maag yang biasa disebut juga sebagai tukak lambung atau ulkus lambung merupakan sebuah luka dalam lapisan mukosa di lambung yang mempunyai kemiripan dengan bisul pada mulut atau sariawan. Namun, ulkus lambung dapat berukuran lebih besar dari sariawan. Istilah ulkus peptikum berkaitan dengan borok yang terjadi di lapisan duodenum, sedangkan ulkus lambung adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada bisul yang terjadi pada lapisan lambung.

Penyebab luka pada lambung

Sebelum sampai pada masalah pengobatan maag, kita perlu memahami berbagai hal yang mendasari kondisi ini. Sebelumnya, banyak orang percaya bahwa sakit maag dipicu oleh stres. Bagaimanapun, keyakinan ini telah lama dibuang. Namun, stres dapat memperburuk kondisi maag yang telah terjadi.

Helicobacter pylori
Tukak lambung adalah hasil dari invasi helicobacter pylori, yang menyebabkan sekitar 60% dari sakit maag dan 90% dari ulkus duodenum. Bakteri ini dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain, melalui air yang terkontaminasi dan makanan dan berada di lapisan perut. Bahan kimia yang dihasilkan olehnya menyebabkan iritasi, peradangan, dan lecet pada lapisan lambung.

Obat
Konsumsi beberapa obat-obatan non steroid anti inflamasi, obat untuk arthritis, dan obat hipertensi dapat menyebabkan radang pada perut. Obat ini menyebabkan perut menghasilkan jumlah lendir pelindung yang lebih rendah dari biasanya, sehingga membuat perut rentan terhadap serangan dari asam klorida dalam cairan lambung. Selain itu, obat ini memperlambat aliran darah ke daerah lapisan lambung, sehingga proses penyembuhan lebih sulit. Semua faktor ini menyebabkan sakit maag.

Cedera dan kanker
Kerusakan pada lapisan mukosa lambung membuat pertahanan mukosa menjadi lemah. Terkadang, kanker perut juga dapat mempengaruhi sakit maag.

Selain penyebab yang disebutkan di atas, beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan pengembangan sakit maag adalah merokok, stres psikologis, minum kopi berlebihan, kelebihan sekresi asam klorida dan predisposisi genetik, dsb.

Gejala dan cara mengatasi sakit maag dengan alami

Gejala utama termasuk nyeri pada perut seperti digerogoti, mulas, pedih, perasaan kembung yang ekstrim, terkadang juga menimbulkan panas pada punggung. Mual dan muntah adalah beberapa gejala lain dari ulkus yang lebih parah. Pengobatan melibatkan tiga langkah dasar. Langkah pertama adalah untuk menghilangkan helicobacter dari tubuh. Langkah kedua adalah mengurangi jumlah asam klorida yang diproduksi oleh tubuh, atau menetralkan asam klorida untuk menyembuhkan daerah yang terkikis. Langkah ketiga adalah untuk menahan diri dari merokok, minum, asupan makanan pedas dan semua zat lain yang mengiritasi dan merusak lapisan saluran pencernaan. Mengadopsi diet yang sesuai akan membantu mencegah gangguan lebih lanjut dari ulkus.

>>  Teh Herbal Untuk Mengatasi Asam Lambung

Berikut adalah cara mengatasi sakit maag dengan obat alami yang berbeda bertujuan untuk menghilangkan akar penyebab ulkus, tanpa menghasilkan efek samping.

Jus kubis
Konsumsi kubis mentah atau asupan jus kubis segar membantu menghasilkan asam amino di dalam tubuh, yang meningkatkan aliran darah ke lapisan lambung. Hal ini mendorong penyembuhan ulkus.

Madu manuka
Ini adalah madu mentah, yang dapat dibeli di toko makanan atau kesehatan. Bila diminum, madu ini mampu untuk membunuh bakteri, menyembuhkan ulkus, dan memperkuat lapisan perut.

Pisang
Konsumsi pisang membantu meredakan peradangan pada selaput perut dan juga memperkuatnya. Asupan pisang membantu menghasilkan zat berlendir, yang melapisi lapisan lambung, sehingga melindunginya terhadap asam.

Kelabet
Rasa terbakar pada lambung dapat diatasi dengan meminum rebusan biji kelabet.

Kunyit dan telur
Segelas perasan air kunyit dicampur dengan kuning telur ayam kampung akan membantu mengatasi sakit maag.

Diet kaya serat
Konsumsi diet dengan serat tinggi meliputi kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran membantu dalam melindungi lambung dengan memproduksi suatu zat yang melindungi lapisan perut. Jus buah pinang atau jambe juga bermanfaat, karena dapat mengatasi sakit maag dengan cepat.

Selain pengobatan alami yang disebutkan di atas, dapat dicoba juga mengkonsumsi 10-14 biji jintan dengan satu sendok teh madu sebelum sarapan. Hal ini akan meningkatkan proses penyembuhan ulkus. Selain itu, teknik akupunktur dan homeopati juga membantu untuk menyembuhkan sakit maag.

 
  Incoming Keywords: kuning telur untuk maag, boleh kah makan telur ayam pasar bagi penderita sakit maag, manfaat kuning telur untuk maag, Pinang obat mag, telur ayam kampung untuk maag

, ,

Comments are closed.