Fakta Kehidupan di Planet Mars

M ars adalah planet keempat dari matahari. Mars adalah sekitar setengah ukuran bumi dan memiliki dua bulan, Phobos kehidupan di planet marsdan Deimos. Permukaannya berwarna merah karena oksidasi besi dalam tanah. mars 100 kali lebih padat dari bumi dan terdiri dari karbondioksida.

Begitu banyak pertanyaan telah diajukan mengenai mars dan hanya ada begitu sedikit jawaban. Apakah ada kehidupan di planet mars pada masa lalu atau sekarang? Apakah terdapat air di planet ini?

Kombinasi dari atmosfer tipis dan suhu rendah membuat tidak mungkin adanya air di permukaan mars. Hal ini bisa membeku atau menguap. Namun demikian, banyak fitur di permukaan mars yang tampaknya diciptakan oleh cairan dalam jumlah besar. Kurangnya air dan erosi oleh cairan di mars telah membuat permukaan hampir tidak berubah selama miliaran tahun. Jika ada air yang membentuk fitur yang berbeda di mars, berarti ada media di mana kehidupan bisa berkembang.

Mars lebih kecil dan lebih dingin serta lebih jauh dari matahari. mars memiliki musim yang mirip dengan bumi karena kemiringan sumbu rotasi (inklinasi aksial) terhadap bidang orbitnya mengelilingi matahari adalah hampir sama dengan bumi.

Rata-rata jarak mars ke matahari sekitar 228 juta kilometer. Seperti disebutkan di atas, orbit mars cukup eksentrik yang menyebabkan perbedaan hampir 42 juta kilometer antara jarak terjauh dari matahari (disebut “aphelion”) dan jarak terdekat (“perihelion”). Adapun badan dalam orbit gravitasi terikat, mars lebih cepat dalam orbitnya ketika dekat dengan matahari dibandingkan ketika jauh. Akibatnya durasi empat musim mars bervariasi antara satu dengan yang lain, berbeda halnya di bumi di mana setiap musim hanya berlangsung selama seperempat tahun.

Menurut hukum gravitasi Newton, kecepatan mars adalah maksimum pada perihelion dan minimum di aphelion, sehingga durasi musim menunjukkan variabilitas penting. Di belahan bumi utara mars, musim dingin relatif pendek, sedangkan musim panas relatif. Sebaliknya untuk belahan bumi selatan musim panas relatif pendek dan musim dingin relatif.

>>  Proses Terbentuknya Tata Surya

Fakta tentang planet mars

  1. Mars adalah planet ke-4 dari matahari, dan terletak di antara planet bumi dan planet Jupiter di tata surya.
  2. Jarak rata-rata antara planet mars dan matahari adalah 227940000 kilometer.
  3. Pada rata-rata, jarak antara planet mars dan bumi berkisar antara 54556761.6 kilometer ke 400726656 kilometer tergantung pada posisi planet-planet ini.
  4. Bila dihitung menurut bumi, satu hari di planet mars adalah 24,6 jam di bumi sementara satu tahun setara dengan 686,98 hari di bumi.
  5. Bila dilihat dari bumi, planet mars memiliki penampilan kemerahan oranye.
  6. Planet ini diambil dari nama dewa perang Romawi kuno, karena warna kemerahan yang menyerupai warna darah.
  7. Fitur fisik mars, yang meliputi dataran, lembah, gunung berapi dan kawah, menyerupai planet bumi dengan batas yang signifikan.
  8. Sementara planet kita memiliki satu bulan, planet mars memiliki dua bulan. Kedua bulan mars diberi nama Deimos dan Phobos.
  9. Suhu rata-rata planet mars adalah -60° C. Ini sangat dingin bila dibandingkan dengan suhu rata-rata planet bumi 14° C.
  10. Eksplorasi mars terbaru telah mengungkapkan bahwa planet ini memiliki air, namun ditemukan dalam bentuk es yang dipadatkan.

Ini adalah beberapa fakta tentang planet mars yang membuat anda menyadari betapa menakjubkannya planet ini. Kemajuan dalam bidang astronomi akan memuat lebih banyak aspek baru yang muncul dari misteri planet mars.

 
  Incoming Keywords: kehidupan baru di planet mars, apakah ada kehidupan di planet mars, kehidupan diplanet mars, apakah ada kehidupan di mars, kehidupan di mars terkini, apa yang ada di planet mars, Apakah ada kehidupan di mars?, Apakah di planet mars ada kehidupan, seputar planet mars, fakta planet mars

, , , ,

Comments are closed.