Mengatasi Takut Pada Jarum Suntik

Apakah anda merasa bahwa anda mempunyai rasa takut pada jarum suntik yang memaksa anda untuk menghindari semua jenis perawatan medis? Jika ya, maka anda perlu mengikuti artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui lebih jelasnya.

Apakah anda merasa gelisah atau gugup saat melihat alat suntik atau sebut saja namanya jarum suntik? Jika ya, maka anda bukan satu-satunya orang yang histeris jika dihadapkan pada masalah ini. Lebih dari 10 dari 100 orang di seluruh dunia yang mengalami fenomena takut jarum suntik. Siapa yang menginginkan potongan logam menembus kulit mereka? Hal ini seperti ditusuk dengan pisau tajam. Ini adalah apa yang diderita oleh banyak orang di seluruh dunia dan menderita takut pada jarum.

Takut jarum suntik ini disebut dengan entetophobia. Ditilik dari bahasa medis, hal ini dikenal dengan tryanophobia. Ini mengacu pada ketakutan ekstrim dan irasional dari semua prosedur medis yang melibatkan penggunaan jarum suntik. Hal ini mirip dengan aichmophobia, yaitu rasa takut akan semua hal yang tajam. Benda-benda tajam termasuk jarum, pisau, paku dan bahkan jari.

Penyebab takut pada jarum suntik

Ada banyak penyebab mengapa seseorang dapat mengalami fobia macam ini. Ketakutan ini biasanya berkembang di waktu kecil dan akan menjadi parah di masa dewasa. Sebuah pengalaman yang tidak menyenangkan di di waktu anak-anak memberikan pandangan bahwa jarum suntik yang menyentuh kulit dapat menyebabkan rasa takut. Beberapa orang takut jika mereka merasakan sakit yang teramat sangat. Banyak orang atau anak-anak tidak belajar untuk menahan rasa sakit dan karena itu akan mencoba untuk menghindari lingkungan medis karena ketakutan ini. Beberapa orang memang tidak takut pada jarum, tetapi takut akan reaksi atau rasa sakit yang mungkin terjadi setelah disuntik. Hal ini menyebabkan fobia pada banyak orang.

Gejala yang dapat terjadi

Terdapat tanda-tanda dan gejala yang dapat diperhatikan dari seseorang yang menderitanya, untuk memahami jika anak atau orang dewasa menderita rasa takut ini. Gejala ini termasuk serangan kecemasan ketika seseorang hanya mendengar atau berpikir mengenai suntikan dan jarum. Di samping itu, seseorang dapat menderita peningkatan detak jantung, gemetar, merasa sakit, mulut kering, berkeringat, nafas cepat dan pingsan.

>>  Cara Mengatasi Rasa Takut Berlebihan pada Anjing

Tips mengatasi takut pada jarum suntik

Ada beberapa obat tertentu yang dapat membantu mengatasi rasa takut pada jarum suntik. Anda harus membiarkan dokter atau perawat mengetahui terlebih dahulu tentang fobia anda. Dokter dapat menggunakan krim antiseptik topikal. Krim ini mengandung prilocaine dan lidokain yang harus diterapkan kurang lebih satu jam sebelum melakukan injeksi. Krim ini membantu dalam mengurangi rasa sakit akan jarum yang menembus kulit.

Pengobatan lain untuk fobia ini adalah dengan memberikan seseorang obat ansietas seperti diazepam sebelum memberikan suntikan. Perawatan termudah untuk mengatasi takut pada jarum suntik adalah menerapkan es pada kulit di mana jarum yang akan disuntikkan.

Anda harus membuat diri anda yakin bahwa tidak ada yang salah. Suntikan dan jarum tidak perlu ditakuti dan ini tidak akan merugikan anda, kecuali yang menyuntik adalah dokter baru atau sedang praktek belajar, hindari untuk yang satu itu.

Salah satu hal yang wajib untuk diingat adalah bahwa ketakutan hanya ada dalam pikiran anda dan jarum suntik tidak akan merugikan, kecuali anda divonis hukuman suntik mati. Tapi tenang saja, di Indonesia tidak ada vonis hukuman lewat suntik mati, yang ada hanya hukuman tembak, lebih cepat lebih enak. Kembali lagi pada acara suntik menyuntik, seseorang dengan ketakutan ini dapat jatuh ke dalam situasi yang sangat merugikan karena menolak untuk mendapatkan vaksinasi. Semoga artikel fobia ini dapat membantu anda memahami tentang entetophobia dan akan membantu anda mengatasi rasa takut yang terletak dalam benak anda yang penuh dengan ilusi.

 
  Incoming Keywords: phobia jarum suntik, cara menghilangkan rasa takut saat Di infus, cara menghilangkan takut dengan jarum suntik, tips agar disuntik tidak sakit, takut jarum suntik, cara agar tidak sakit saat disuntik, takut disuntik, trik agak disuntik tidak sakit, beda rasa di infus dengan di suntik, apa yang membuat seseorang takut suntik

Comments are closed.