Perbedaan Antara Buah-buahan dan Sayuran

beda buah sayuranMenurut anda, apakah seperti jagung, tomat, mentimun termasuk dalam buah ataukah sayuran? Artikel ini akan membahas mengenai perbedaan antara buah-buahan dan sayuran.

Banyak dari kita menganggap bahwasanya tomat, mentimun, jagung adalah sayuran. Tapi secara teknis, ini termasuk dalam kelompok buah-buahan. Satu-satunya yang membuat perbedaan adalah bahwa ini digunakan sebagai sayuran. Lalu, terdapat perbedaan apakah di antara buah dan sayuran? Untuk mengetahui perbedaan antara sayuran dan buah-buahan, kita harus mempunyai pemahaman dasar tentang botani.

Pengertian buah dan sayuran

Mengapa jeruk atau pisang termasuk ke dalam kategori buah? Di sisi lain, mengapa kentang, kubis, dan seledri termasuk dalam jenis sayuran? Ada beberapa penjelasan ilmiah di balik pengelompokkan ini yang sebelumnya pernah membuat bingung banyak orang selama berabad-abad. Perbedaan antara buah dan sayuran terletak pada definisinya secara ilmiah. Di bawah ini adalah masing-masing penjelasan ilmiah dari keduanya.

Buah-buahan

Buah dianggap sebagai produk tanaman yang manis dan berdaging, contohnya dapat termasuk semangka, apel, jeruk, nanas, dsb. Dalam pengertian botani, buah diartikan sebagai ovarium matang dari tanaman berbunga dan berisi biji. Pada kebanyakan kasus, ovarium matang dengan jaringan sekitarnya disebut dengan buah-buahan, yang menjadi media penyebaran benih. Dilihat dari sisi kuliner yang bersangkutan, buah lebih terasa manis atau juga masam. Buah-buahan juga digunakan sebagai makanan ringan, makanan penutup atau dibuat untuk jus.

Sayuran

Untuk sayuran, tidak ada pengertiannya menurut botani. Secara gamblang, sayuran diartikan sebagai bagian yang dapat dimakan dari tanaman, yang tidak termasuk ovarium. Dengan kata lain, sayuran merupakan bagian vegetatif tanaman. Istilah sayur digunakan untuk menunjukkan semua bagian tanaman herba, yang dapat dimakan oleh manusia sebagai makanan. Ini juga termasuk dedaunan seperti halnya wortel, kubis, brokoli, bayam, dsb. Pada fungsi kuliner, sayuran merupakan bagian-bagian dari tanaman yang dapat dimakan yang terasa kurang manis namun terkadang juga terasa gurih. Tidak seperti pada buah-buahan, sayuran digunakan sebagai bagian dari hidangan untuk menu utama.

>>  Daftar Sayuran Tinggi Protein

Perbedaan antara sayuran dan buah-buahan

Faktor apa sajakah yang membedakan antara buah dan sayuran? Perbedaan yang utama adalah terletak pada bijinya, yang dapat tumbuh dan berkembang menjadi tanaman baru. Meskipun beberapa sayuran juga dapat digunakan dalam mereproduksi tanaman seperti halnya buah, namun ini tidak dianggap sebagai buah-buahan. Pada intinya, buah adalah ovarium matang tanaman dan berisi benih, sedangkan sayuran bisa menjadi salah satu bagian yang dapat dimakan dari tanaman, selain ovarium. Namun, ada sayuran tertentu yang memang mengandung biji dan ada beberapa buah yang mengandung sedikit biji.

Oleh sebab itu, hal ini dapat dikatakan bahwa adanya benih adalah salah satu faktor yang membedakan buah-buahan dari sayuran. Ini adalah alasan yang berguna untuk mengklasifikasikan tomat dan mentimun sebagai buah-buahan, meskipun juga digunakan dalam sayuran. Jika anda menerapkan arti botani, beberapa sayuran yang seringkali digunakan akan berada di bawah daftar buah-buahan. Bahkan kacang-kacangan juga dikategorikan sebagai buah-buahan.

Sebagai kesimpulan, buah adalah ovarium tanaman dan mengandung biji. Sayuran merupakan bagian yang dapat dimakan dari tanaman, selain buah-buahan. Buah dapat menjadi sayuran, sedangkan sayuran tidak dapat menjadi buah. Sebagian besar buah-buahan mengandung gula yang disebut fruktosa, yang memberikan rasa manis, di lain sisi sayuran memiliki jumlah fruktosa yang sangat sedikit.

 
  Incoming Keywords: jagung sayur atau buah, jagung termasuk kelompok sayur atau buah, sebab wortel di sebut sebagai tanaman buah dansayaran, Tanaman buah yg tergolong sayuran

, , ,

Comments are closed.