Teknik Meditasi Sederhana yang Baik

Terdapat berbagai jenis teknik meditasi yang digunakan sebagai cara untuk bermeditasi, yang dapat anda terapkan ke dalam gaya hidup anda untuk membuat efek yang menenangkan. Meditasi adalah teknik kuno yang memusatkan pikiran pada objek tertentu, seperti doa atau hanya membenamkan diri ke dalam keheningan yang mendalam tanpa gangguan atau keributan yang dapat mengganggu konsentrasi. Ini adalah cara yang bagus untuk memilah-milah pikiran seseorang, menetapkan pikiran pada jalur tunggal untuk mencari kedamaian.

Berbagai jenis meditasi dapat membantu anda untuk lebih mudah fokus pada berbagai bidang kehidupan, termasuk rutinitas anda. Ini dapat membantu anda mengatasi sakit kepala, stres, dan masalah kesehatan lainnya yang muncul dalam diri anda. Menggunakan meditasi sebagai cara untuk menenangkan diri dan membawa kepada semua yang bersifat positif, tentram, dan damai.

Macam jenis teknik bermeditasi

Hal ini tidak mudah untuk menemukan keseimbangan antara dunia luar dan dalam, dimana kita dapat menemukansemedi cara untuk hidup berdampingan tanpa kekacauan yang mempengaruhi kita. Meditasi dapat menjadi jawaban untuk menghadapi segala masalah dengan mengetahui bagaimana mengontrol emosi seseorang, situasi, dan interaksi dengan orang-orang dalam cara yang terbaik.

Teknik pernafasan (Vipassana)
Jenis meditasi ini berfokus pada pernafasan seseorang, yaitu anda harus berkonsentrasi tentang cara anda mengambil udara dan melepaskannya. Ada pula orang yang menganggap bahwa ini adalah yang disebut dengan goa hira. Goa hira diartikan sebagai lubang hidung yang berfungsi untuk bernafas, intinya adalah berkonsentrasi dengan mengikuti irama keluar masuk nafas. Pada umumnya cara ini biasa dilakukan dengan pose duduk bersila dengan tangan ditempatkan di atas lutut, bisa juga dengan ibu jari dan jari tengah yang saling bersentuhan, meski tidak menyentuh juga tidak apa-apa. Pernafasan difokuskan ketika anda menghirup udara dan ketika anda melepaskannya. Anda harus memperhatikan bagaimana saat anda bernafas dan bagaimana rasanya untuk menarik nafas dalam-dalam melalui diafragma anda. Perlu diingat untuk selalu menggunakan nafas perut. Mengapa nafas dengan perut? Bernafas dengan perut merupakan pernafasan alami manusia seperti halnya sewaktu tidur dalam kondisi normal, yang akan terlihat gerakan perut menyembul turun naik.

Teknik fokus
Teknik ini sangat mirip dengan teknik sebelumnya meskipun di sini anda dapat memfokuskan diri pada hal tertentu seperti lilin. Namun, dengan memakai lilin bagi beberapa orang membuat kurang nyaman. Meski sekarang terdapat lilin wangi bermandikan aromaterapi ala spa, akan tetapi yang namanya lilin tetaplah lilin, berbahan parafin yang tidak sedap, apalagi jika anda berada di ruang tertutup.

Sebagai gantinya, anda dapat memakai suara yang berorientasi pada alam atau juga musik yang bertujuan membantu anda menggali lebih dalam. Mendengarkan musik akan membantu anda untuk fokus lebih mudah dan menghilangkan segala bayangan yang muncul dalam benak anda. Anda dapat mencari musik atau lagu yang sekiranya dapat membuat pikiran anda terasa rileks dan melepas stres saat bermeditasi. Jika memang musik metal membuat pikiran anda lega, maka anda dapat memutarnya sembari bermeditasi, asal tidak menganggu emosional anda.

Teknik meditasi berjalan
Teknik meditasi berjalan ini melibatkan pemilihan tempat yang digunakan untuk berjalan-jalan mungkin seperti di pantai, taman, atau jalan yang tenang di pagi hari, atau bahkan di dalam rumah sesuai rute yang telah ditentukan. Saat anda berjalan, fokuskan pada cara kaki anda bergerak maju untuk mengambil langkah berikutnya dan bagaimana udara bergerak masuk dan keluar saat bernafas. Teknik meditasi ini nantinya dapat berguna untuk menenangkan pikiran anda sewaktu anda merasa sendirian. Biasanya orang yang sendirian pasti merasa sepi, namun dalam hal ini anda sendirian tapi tidak merasakan kesepian dalam hidup anda. Pada akhirnya, anda akan menemukan kebahagiaan dan kedamaian di dalamnya.

>>  Manfaat Bermeditasi dengan Suara

Teknik transendental
Ini adalah teknik meditasi dimana memakai ucapan dalam hati, bukan mulut. Dalam teknik semacam ini seseorang dapat memilih salah satu japa mantra ataupun doa yang akan terus diulang terus-menerus sehingga pikiran berfokus pada kata-kata atau pada makna dari mantra atau doa tersebut. Ada pula yang menganggapnya sebagai meditasi dengan berdzikir.

Teknik spiritual
Cara meditasi ini digunakan dalam keadaan berdoa atau dapat juga dilakukan dalam keheningan dengan memohon bimbingan. Meditasi mempunyai tujuan untuk mencari jawaban atas pertanyaan, sembari duduk dalam keheningan meditasi yang mendalam dengan menutup mata dan terfokus untuk mencari solusi atas sesuatu hal. Biasanya teknik meditasi ini digunakan untuk mencari wangsit atau nomor buntut.

Banyak cara untuk melibatkan tubuh dan pikiran sebagai sumber kekuatan yang bekerja sama menuju tujuan akhir untuk menemukan keseimbangan dan harmoni secara keseluruhan. Cari yang paling sesuai dengan diri anda, pilih tempat untuk bermeditasi dan jangan membiarkan pikiran anda merasakan gelisah atau tidak fokus. Sebagai persiapan, anda juga dapat menggunakan wewangian untuk lebih mudah menenangkan pikiran, atau mungkin anda dapat membuat lampu minyak dengan berbahan minyak kelapa murni untuk membuat bau ruangan lebih segar. Anda dapat melakukannya dengan cara sembari tidur telentang atau mungkin duduk di kursi dengan mata terpejam, bahkan duduk bersila.

Latih pikiran anda untuk menjadi satu dengan apa yang mengelilingi anda dan membantu otak anda untuk bersantai. Meditasi dapat membuat pikiran lebih segar, bermeditasi sebelum tidur juga menjadi cara yang baik untuk mengatasi insomnia tanpa obat dan mencegah mimpi buruk berkepanjangan. Dengan pikiran yang segar maka akan membantu untuk berpikir lebih mudah, menjadi lebih cerdas, dan diharapkan mampu mempunyai solusi untuk memecahkan masalah. Kini tiba saatnya bagi anda untuk mencari tempat yang nyaman dan mulai untuk mengheningkan cipta.

 
  Incoming Keywords: Cara meditasi, cara meditasi yang benar, teknik meditasi, cara bermeditasi bagi pemula, meditasi sederhana, cara meditasi yg benar, cara meditasi yang baik, Tehnik meditasi, cara meditasi yg baik, cara bermeditasi yang benar

, , ,

Comments are closed.