Penglihatan Kabur Secara Tiba-tiba

Kondisi penglihatan kabur mendadak tidak boleh diabaikan karena bisa menjadi indikasi gangguan penglihatan atau terkait masalah mata. Artikel berikut ini memberikan beberapa informasi tentang berbagai penyebab pandangan mata menjadi kabur dengan tiba-tiba.

Penglihatan kabur dapat digambarkan sebagai perubahan dalam visi, di mana ketajaman penglihatan menghilang. Akibatnya, seseorang tidak mampu untuk melihat secara rinci terhadap obyek di sekitarnya. Pada dasarnya, kondisi ini terdiri atas dua bentuk yang berbeda. Salah satunya adalah mengalami penglihatan kabur dengan tiba-tiba, dan yang satunya lagi adalah penglihatan kabur yang bertahap selama beberapa waktu.

Penyebab penglihatan kabur

Penglihatan yang kabur dengan tiba-tiba pada mata dapat menjadi pengalaman yang menakutkan dan membuat kaget bagi siapa pun. Hal ini dipicu oleh berbagai faktor yang meliputi efek penuaan, cedera pada mata, infeksi mata, dan sebagainya. Kemungkinan penyebab utama penglihatan kabur adalah sebagai berikut;

Infeksi pada mata
Penglihatan kabur bisa menjadi gejala adanya infeksi kecil pada mata kecil seperti mata merah. Lendir yang terbentuk di dalam mata akibat infeksi akan menghilang sewaktu mengedipkan mata. Penglihatan menjadi jelas dalam beberapa detik setelahnya, ketika kedipan mata berikutnya menyeka lendir. Setiap infeksi kornea seperti herpes juga dapat menyebabkan masalah yang serupa. Infeksi ini dapat diobati dengan bantuan obat-obatan yang sesuai, seperti antibiotik dan obat-obatan antivirus.

Ablasi pada retina
Ini adalah masalah serius dimana retina mata akan terlepas. Pada mulanya seseorang akan mengeluh tentang adanya bayangan gelap di bagian pinggir mata yang secara bertahap menutupi sampai bagian tengah. Pengobatan kondisi ini melibatkan operasi sehingga dapat mencegah kebutaan.

Glaukoma
Glaukoma adalah gangguan mata yang menyebabkan kerusakan parah pada saraf optik dan menyebabkan kebutaan tanpa disadari oleh seseorang. Hal ini terjadi ketika tekanan cairan di mata meningkat. Penglihatan yang mendadak menjadi kabur adalah tanda dari glaukoma akut. Hal ini disertai dengan sakit mata yang kontinyu, kemerahan pada mata, rabun senja, kehilangan penglihatan di kedua sisi dari mata, dsb. Beberapa orang dapat melihat lingkaran cahaya ketika mereka melihat cahaya. Penderita glaukoma dengan pandangan kabur harus mendapat perhatian medis secepatnya untuk mengurangi tekanan pada mata.

>>  Penyakit Buta Warna

Penyebab lain
Mengalami penglihatan kabur tiba-tiba pada satu mata dapat merupakan gejala stroke. Selain itu juga ditambah dengan sakit kepala yang parah, pusing, mati rasa pada salah satu sisi tubuh, dsb. Penglihatan buram saat membaca dapat terkait dengan degenerasi makula yang disebabkan oleh penuaan. Beberapa bentuk luka pada mata, migrain dan hipertensi dapat menyebabkan mata kabur tiba-tiba.

Setiap jenis masalah pada penglihatan dapat menjadi buruk dalam waktu singkat dan memiliki dampak serius dalam aktivitas tiap hari. Oleh karena itu, jika anda mengalaminya, maka harus berkonsultasi dengan dokter spesialis mata tanpa menunda. Dokter akan mencari tahu penyebab pasti penglihatan kabur dan memulai pengobatan yang sesuai. Setidaknya kerusakan lebih lanjut pada penglihatan dapat dihentikan.

 
  Incoming Keywords: penyebab mata kabur tiba tiba, tiba tiba mata kabur, mata tiba tiba buram, rabun sesaat, mata tiba tiba kabur sebelah, penyebab mata kabur, mata sering kabur mendadak saat kedip, cara mengatasi mata kabur saat kedip, mata sebelah kiri tiba tiba kabur, apakah penyebab mata kabur dan sakit kepala

, , , ,

Comments are closed.