Mengobati Sakit Infeksi Tenggorokan oleh Virus

Infeksi tenggorokan yang disebabkan oleh virus pasti pernah dialami oleh setiap orang. Namun, hal ini tidaklah seperti pada infeksi tenggorokan oleh bakteri. Infeksi oleh virus ini tidak seberapa parah jika dibandingkan oleh infeksi yang disebabkan karena bakteri. Selain itu, infeksi tenggorokan oleh virus dapat sembuh dengan sendirinya. Artikel berikut akan menjelaskan tentang kondisi ini.

Pada kebanyakan kasus, sakit pada tenggorokan adalah karena infeksi oleh virus. Infeksi menyebabkan peradanganinfeksi tenggorokan pada faring, dan itulah sebabnya kondisi ini juga dikenal dengan faringitis. Pada kondisi yang lain, sakit tenggorokan disebabkan dari infeksi bakteri. Pada umumnya, infeksi tenggorokan disebabkan oleh virus patogen yang juga menyebabkan pilek dan flu. Infeksi pada tenggorokan ini juga dapat terjadi karena virus yang menyebabkan penyakit campak, cacar air, mononucleosis, sesak napas, dan gondok.

Gejala infeksi tenggorokan

Anda pasti akan mengalami sakit pada tenggorokan ketika anda menelan makanan. Kadangkala rasa sakit dapat menjadi parah sampai anda mungkin tidak mampu untuk minum air. Gejala lainnya yang mungkin dapat terjadi antara lain:

»Iritasi dan gatal pada tenggorokan
»Suara serak
»Leher terasa sesak
»Tenggorokan kering
»Uvula memerah dan meradang

Infeksi oleh patogen juga dapat memicu gejala lain, meliputi:
»Demam yang sangat tinggi
»Batuk
»Pilek
»Kelelahan
»Otot sakit

Perawatan yang dapat dijalani

Infeksi tenggorokan oleh virus dapat sembuh dengan sendirinya dan tidak memerlukan pengobatan apapun. Infeksi ini biasanya berlangsung selama sekitar satu minggu. Antibiotik tidak membantu dalam hal ini, dan memakai obat ini juga tidak perlu karena dapat menyebabkan efek samping dan reaksi alergi obat. Namun, untuk mengurangi gejala-gejala yang tidak nyaman, berikut adalah langkah-langkah perawatan diri yang dapat anda lakukan.

  • Berkumur dengan air garam hangat adalah obat kuno untuk meringankan iritasi tenggorokan. Cukup dengan mencampur satu sendok teh garam dapur dalam segelas air hangat setelah itu berkumur beberapa kali sehari.
  • Mengunyah sepotong jahe dapat membantu meringankan rasa nyeri dan ketidaknyamanan. Jahe lebih efektif bila dicampur dengan madu. Cukup tumbuk sepotong jahe dan mencampurnya dengan satu sendok teh madu.
  • Kaldu hangat dan minuman hangat lainnya akan menenangkan tenggorokan. Hindari minuman berbasis kafein dan produk susu.
  • Merokok dapat memperburuk infeksi tenggorokan menjadi parah dan menunda waktu untuk bisa pulih. Selain itu, hindarilah dan menjauhkan diri dari asap dan tempat berdebu.
  • Infeksi tenggorokan dapat membuat tenggorokan dan sekitarnya menjadi sangat kering dan ini dapat memperburuk masalah. Untuk mengatasi gejala ini, minumlah banyak cairan sepanjang hari. Meskipun tidak ada batas yang ditetapkan untuk jumlah cairan yang harus diminum dalam satu hari, 8 gelas per hari dianggap sebagai minimum.
  • Selama cuaca dingin, udara dalam ruangan menjadi kering dan hal ini dapat memperburuk sakit tenggorokan. Untuk mencegah hal ini, anda dapat menggunakan pelembab udara dingin untuk meningkatkan kelembaban di udara. Selain itu, anda bisa duduk di kamar mandi penuh dengan uap. Metode ini membantu menjaga kelembaban tenggorokan.
>>  Masa Inkubasi Radang Tenggorokan

Menjaga kebersihan yang baik membantu menghindari beberapa penyakit termasuk infeksi tenggorokan. Sebelum makan atau setelah menggunakan toilet, usahakan untuk membersihkan tangan dengan sabun dan air. Menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol adalah pilihan yang cerdas ketika tidak ada ruang lingkup untuk mencuci tangan. Yang terakhir adalah menutupi mulut anda saat bersin atau batuk untuk mencegah infeksi menyebar ke orang lain.

 
  Incoming Keywords: radang tenggorokan saat cacar air, obat radang tengorokan pada cacar, mengobati radang tenggorokan saat cacar air, mengobati gatal tenggorokan karena cacar air, cara mengobati sakit tenggorokan karena campak, cara mengobati cacar dalam tenggorokan, Cara menghilangkan rasa sakit di tenggorokan akibat cacar air, cacar di tenggorokan, cacar air tenggorokan sakit banget obatnya apa?, apakah cacar air bisa terjadi di tenggorokan

Comments are closed.