Pengaruh Persahabatan Pada Kesehatan

Gaya hidup dan pola makan kita memainkan peran penting dalam kesehatan dan kesejahteraan kita. Tetapi apakah anda tahu, bahwa lingkaran sosial kita, terutama teman-teman kita juga mempengaruhi kesehatan kita, baik secara fisik maupun mental. Artikel ini akan memberikan informasi tentang bagaimana persahabatan mempengaruhi kesehatan.

Seorang yang bijak mengatakan bahwa dia memiliki semua kebahagiaannya pada teman-temannya. Teman memang menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Mereka membantu anda bangkit dari keterpurukan. Teman-teman dapat mempengaruhi pikiran dan pandangan kita.

Pengaruh persahabatan pada kesehatan

Kesejahteraan psikologis
Kesepian seringkali menjadi akar penyebab komplikasi emosional. Bersama dengan teman-teman, maka akan ada kemungkinan emosi yang lebih rendah dan dapat ditekan. Seorang teman akan selalu ada ketika anda ingin berbicara atau mengekspresikan perasaan anda. Persahabatan bisa menjadi sangat penting, karena dapat membantu seseorang mengatasi tekanan mental dan masalah. Persahabatan dapat membantu dalam mengatasi trauma emosional, seperti kehilangan seseorang atau kematian orang yang dicintai, kegagalan, perceraian, sakit, dan banyak lainnya.

Melepas stres
Berbagi tawa dengan teman-teman dapat melepaskan stres dari pikiran. Ketika seseorang menderita perasaan kesepian, hormon stres kortisol akan dilepaskan. Hal ini meningkatkan tekanan darah dan juga memicu ketidakseimbangan hormon. Berbagi tawa dan bersantai dengan teman-teman dapat menangani akar penyebab stres.

Sembuh lebih cepat
Selalu dikelilingi dan mendapat kunjungan rutin oleh teman-teman membantu dalam pemulihan penyakit lebih cepat. Seseorang dengan jaringan pertemanan yang kuat akan merasa terhibur.

Umur panjang
Menurut penelitian yang dilakukan oleh ‘Australian longitudinal study of aging’, memiliki persahabatan yang sehat dapat meningkatkan umur panjang lebih, daripada memiliki hubungan dekat dengan anak-anak dan keluarga.

Awet muda
Ini merupakan salah satu manfaat yang paling kita senangi. Persahabatan yang sehat dapat membantu dalam menunda proses penuaan.

>>  Tips untuk Tidak Mudah Merasa Iri dan Cemburu

Membantu mengatasi masalah seksual
Dalam penelitian yang dilakukan pada orang yang berusia antara 57-85 tahun, yang diterbitkan dalam Journal of Gerontology. Orang-orang tersebut lebih suka berdiskusi dengan teman-teman mereka untuk membahas masalah seksual mereka daripada berdiskusi dengan ahli medis.

Meningkatkan kecerdasan
Memiliki diskusi bersama dengan teman-teman pada hal-hal intelektual dapat membantu meningkatkan kecerdasan umum. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Psychological memfokuskan pada hubungan antara kecerdasan sosial. Telah diamati bahwa 10 menit mengobrol dengan teman bisa meningkatkan tingkat intelektual dan pemikiran.

Mengatasi susah tidur
Bagi semua orang yang memiliki masalah tidur, teman baik datang untuk menyelamatkan anda. Sebuah persahabatan yang sehat, mengarah pada kesehatan emosional yang baik, stres yang lebih rendah dan perasaan kesepian. Ini secara langsung mempengaruhi kualitas tidur.

Banyak manfaat persahabatan bagi kesehatan yang dapat kita dapatkan. Pastikan anda memiliki teman-teman yang terbaik dalam hidup anda.

Comments are closed.