Sakit di Atas Mata & Sekitar Mata

Sakit di atas mata atau pada daerah sekitarnya dapat disebabkan karena adanya gangguan penglihatan atau mungkin migrain. Informasi mengenai penyebab sakit di atas mata dan metode pengobatan berikut akan membantu anda.

Mata adalah salah satu bagian yang paling sensitif dari tubuh. Segala macam cedera atau gangguan yang berhubungan dengan itu dapat menyebabkan nyeri di dalam dan sekitar mata. Jika anda baru saja mengalami rasa sakit yang tajam di atas kelopak mata atau pada bola mata, ada beberapa kemungkinan penyebab untuk ini. Mari kita lihat lebih detail.

Penyebab sakit di atas dan sekitar mata

Pada kasus-kasus kecil, masalah dengan lensa kontak dapat menyebabkan sakit di sekitar mata. Lensa kontak yang salah atau tidak tepat penempatannya dapat menyebabkan rasa sakit di dalam dan sekitar mata.

Gangguan penglihatan
Ketika seseorang mengeluh tentang rasa sakit di sekitar mata, penyebab pertama dianggap sebagai gangguan penglihatan. Iritasi atau peradangan pada mata akibat infeksi virus atau bakteri juga dapat menyebabkan nyeri. Pembengkakan dan nyeri di sekitar mata juga bisa terjadi akibat cedera mata. Rasa sakit di sekitar bola mata atau kelopak mata juga bisa menjadi gejala dari beberapa masalah mata internal.

Sinusitis
Peradangan dalam selaput lendir atau infeksi sinus juga merupakan salah satu penyebab yang paling menonjol dari nyeri di atas rongga mata. Ini adalah peradangan pada sinus yang disebabkan karena infeksi. Pada kasus sinusitis, penderita dapat mengalami nyeri pada dahi, atau mungkin juga di bawah mata. Sinusitis dapat akut atau bahkan kronis dan ditandai oleh gejala lain seperti nyeri di belakang mata, sakit kepala, batuk, dan demam.

Migrain
Migrain adalah suatu kondisi ketika seseorang mengalami sakit kepala berdenyut yang parah. Penyebab pasti migrain tidak diketahui, namun ada beberapa faktor seperti cahaya yang menyilaukan, makanan, stres, dsb yang dapat memicu kondisi ini. Rasa sakit yang dialami akibat migrain biasanya dirasakan pada satu sisi kepala. Nyeri di atas mata, mual, muntah, kepekaan terhadap cahaya dan suara adalah gejala lain dari migrain.

>>  Penyebab Rabun Senja Beserta Gejala yang Terjadi

Selain ini, konjungtivitis, glaukoma, dan infeksi mata lainnya adalah penyebab lain dari sakit di atas mata. Jika seseorang mengalami rasa sakit yang berlangsung selama lebih dari beberapa jam, lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter atau spesialis mata segera.

Mengobati sakit di sekitar mata

Dokter spesialis mata akan memeriksa atau meminta penderita untuk menjalani X-ray untuk mendiagnosa penyebab pasti dari kondisi tersebut. Pengobatan untuk masalah mata tergantung pada penyebab yang sama. Dalam kasus-kasus kecil, obat-obatan seperti obat oral atau obat tetes mata bisa membantu, sedangkan pada kasus yang berat, mungkin diperlukan operasi. Sinusitis dapat diobati hanya dengan bantuan obat-obatan. Ada beberapa obat yang tersedia dengan resep dokter yang dapat membantu dalam mengobati sinusitis. Analgesik, dekongestan, dan antibiotik adalah jenis obat yang digunakan untuk mengobati sinusitis. Migrain juga dapat diobati dengan bantuan obat-obatan. Namun, ada beberapa tindakan pencegahan yang harus dilakukan oleh seseorang agar tidak mengalami lebih lanjut. Yang terpenting adalah untuk mengidentifikasi faktor pemicu dan mencoba untuk menjauhnya. Di samping itu, kita harus mencoba untuk mengurangi atau mengatasi stres guna mencegah migrain berulang.

Semua penyebab di atas tersebut dapat diobati jika mendapatkan penanganan yang tepat waktu. Oleh karena itu, anda harus berkonsultasi dengan dokter segera. Dan yang terakhir, disarankan untuk melakukan pemeriksaan mata secara teratur sekali dalam setahun dan mengambil perawatan mata yang diperlukan untuk mencegah masalah mata.

 
  Incoming Keywords: kelopak mata sakit, apa saja gejala sakit disekitar mata?, sakit mata sebelah semasa demam, sakit di urat atas alis, pusing disekitar mata, penyebab pusing di mata, penyakiy panas diarea mata, obat sakit kening daerah mata, kenapa kelopak mata sering sakit dan apa penyebabnya, sering migrain sebelah kanan dan mata merah

, , , ,

Comments are closed.