Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Buah naga merupakan salah satu tanaman komersial yang paling terkemuka di dunia. Buah ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, dan sekarang tanaman buah naga dibudidayakan di berbagai belahan dunia. Melambungnya kepopuleran buah naga yang mengandung banyak manfaat kesehatan ini telah mengakibatkan semakin banyak orang memilih untuk menanamnya di kebun sendiri serta halaman rumah. Meskipun buah ini adalah asli dari Meksiko dan bagian lain dari Amerika Tengah, tanaman buah naga ini banyak dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Thailand, Filipina, Taiwan, Vietnam, Sri Lanka, dan Malaysia. Buah ini juga dikenal dengan nama ‘pitaya’ atau ‘pitahaya’.

Buah naga atau pitaya memiliki tiga varietas yaitu pitaya merah, pitaya kuning, dan Kosta Rika. Buah ini dapat mencapai bunga tanaman buah nagaberat antara 150-600 gram dan memiliki daging berwarna merah atau putih di dalamnya. Buah ini biasa dimakan bersama dengan bijinya. Manfaat buah naga akan akan kandungan gizinya membuatnya menjadi pilihan terpopuler di kalangan para penggemar kesehatan.

Tanaman buah naga adalah tanaman spesies kaktus yang bisa mencapai ketinggian mencapai 20 meter. Tanaman ini tumbuh subur di daerah dengan iklim yang panas. Tanaman ini berbunga 3-6 kali dalam setahun. Bunga tanaman ini mekar pada malam hari dan membutuhkan makhluk nokturnal seperti kelelawar untuk dapat memfasilitasi penyerbukan.

>>  Efek Samping dibalik Khasiat Buah Manggis

Kandungan nutrisi buah naga

Fakta kandungan gizi tentang buah naga adalah buah yang mempunyai kalori rendah dan mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin C, antioksidan, kalsium, serat, dan fosfor. Dalam setiap 100 g buah naga mengandung unsur-unsur yang meliputi;

  • Abu 0,68 g
  • Air 83 g
  • Asam askorbat 9 mgmanfaat buah naga
  • Besi 0,65 mg
  • Fosfor 36,1 mg
  • Kalsium 8,8 g
  • Lemak 0,61 g
  • Karoten 0,012 g
  • Niacin 0,430 mg
  • Protein 0,229 g
  • Riboflavin 0,045 mg
  • Serat 0,9 g

Buah naga termasuk buah yang rendah kalori. 100 gram buah naga mengandung sekitar 60 kalori. Maka itu buah ini dapat dimasukkan ke dalam diet menurunkan berat badan.

Manfaat buah naga bagi kesehatan

  1. Buah naga kaya akan antioksidan. Oleh karena itu buah naga mempunyai khasiat untuk membantu dalam mencegah dan mengatasi radikal bebas karsinogenik.
  2. Buah naga merah bersama dengan vitamin C akan memastikan penyembuhan lebih cepat pada luka dan memar serta akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  3. Vitamin B2 bertindak sebagai multivitamin dan mempunyai manfaat kesehatan untuk meningkatkan nafsu makan.
  4. Vitamin B1 berperan penting dalam produksi energi karena membantu dalam metabolisme karbohidrat.
  5. Vitamin B3 membantu menurunkan kadar kolesterol dan membuat kulit menjadi lembab dan halus.
  6. Manfaat buah naga dapat untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.
  7. Buah ini cocok untuk penderita asma dan batuk.
  8. Benih-benih buah naga mengandung asam lemak tak jenuh yang tinggi.
  9. Buah naga membantu menyingkirkan racun logam berat dari tubuh.
  10. Buah naga mempunyai karoten yang bermanfaat dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan mata.
  11. Kandungan protein pada buah naga bermanfaat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh.
  12. Buah ini berfungsi sebagai makanan pengganti terutama bagi penderita diabetes.
  13. Buah naga kaya akan kandungan mineral terutama kalsium dan fosfor. Kalsium memperkuat tulang dan membantu dalam pembentukan gigi sehat. Sementara itu, fosfor membantu dalam pembentukan jaringan.
  14. Buah-buahan yang rendah kalori dan tinggi serat bermanfaat mencegah sembelit dengan bertindak sebagai pencahar alami. Ini membantu meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Serat dari buah meningkatkan proses pencernaan dan membantu mengontrol akumulasi lemak.

Menurunkan berat badan secara maksimal dapat diperoleh dengan cara dikonsumsi secara rutin. Anda juga dapat membuatnya menjadi jus. Agar terasa lebih nikmat, sajikan dalam kondisi dingin.

, , ,

Comments are closed.