Manfaat Bermeditasi dengan Suara

Meskipun meditasi sering terkait dengan praktek diam, bermeditasi dengan suara dapat bermanfaat dan menambahkan elemen menyenangkan dalam meditasi sambil membantu untuk menjaga pikiran anda berkeliaran tak terarah.

Dengan mencari cara untuk meningkatkan sesi meditasi dan belajar tentang metode baru untuk digabungkan, anda dapat memperdalam meditasi dan menuai lebih banyak manfaatnya. Meditasi juga dapat menjadi kesempatan untuk bersenang-senang, kenikmatan, dan bermain. Bereksperimen dengan teknik meditasi baru dapat menjadi cara untuk mengambil keuntungan dari kesempatan ini.

Manfaat bermeditasi dengan suara

Salah satu cara untuk memperluas latihan meditasi, tidak peduli apa gaya meditasi yang anda pakai untuk berlatih, adalah dengan menggabungkan unsur suara seperti nyanyian, lagu atau musik. Seringkali, meditasi dianggap praktek diam dan kita mencari tempat yang tenang di mana kita tidak terganggu oleh suara-suara kehidupan. Keheningan ini baik untuk meditasi dan dapat membantu kita membersihkan pikiran kita dari kekacauan kehidupan sehari-hari. Namun, suara juga bisa menjadi tambahan yang bagus untuk sesi meditasi. Dengan bersenandung, menyanyi, atau musik saat anda bermeditasi, ini membantu diri anda fokus pada saat ini dengan melakukan sesuatu yang aktif dan tidak berhubungan dengan apapun di luar. Dengan kata lain, anda membantu menjaga pikiran anda berkeliaran ke sana-ke sini. Selain itu, hal ini dapat membantu melatih pernapasan anda sehingga pernapasan anda lebih dapat dikendalikan dan meditasi anda berjalan lebih dalam.

Secara historis, banyak kelompok telah menggunakan suara sebagai unsur meditasi, baik agama dan sekuler. Nyanyian merupakan unsur penting dalam banyak agama, Timur dan Barat. Dalam beberapa tradisi agama, nyanyian dikaitkan dengan meditasi dan doa. Yang terkenal adalah kata “om” atau “aum” dalam beberapa tradisi, termasuk Hindu dan Buddha, dan sering merupakan totalitas atau kesatuan tubuh dan jiwa, yang dapat dimasukkan dalam meditasi.

>>  Teknik Meditasi Sederhana yang Baik

Jika anda berlatih meditasi hanya sebagai teknik relaksasi atau perbaikan diri, anda mungkin ragu-ragu untuk memasukkan nyanyian, lagu, atau suara dalam meditasi. Karena meditasi adalah praktek pribadi, mulailah bereksperimen dengan suara dan nada berkelanjutan selama meditasi. Anda bisa menggunakan lagu yang dapat membuat anda santai, atau mungkin bisa berimprovisasi sendiri.

Kehadiran orang lain adalah faktor lain yang dapat mencegah beberapa orang dari menggabungkan suara ke dalam meditasi mereka. Jika anda bermeditasi dalam ruang meditasi, kelas yoga, atau lainnya, anda mungkin merasa merasa tidak nyaman. Pendekatan terbaik untuk situasi ini adalah untuk memunculkan penggunaan suara dalam seluruh kelompok dan percobaan bersama-sama. Jika hal ini tidak pantas untuk situasi anda, pertimbangkan untuk menambahkan dalam sesi tambahan di rumah untuk mencoba menggunakan suara.

Comments are closed.