Sejarah Sepakbola Dunia Internasional

Sepakbola merupakan salah satu permainan dalam olahraga yang paling dicintai dan banyak ditonton di seluruh dunia. Ada kalanya kita juga bertanya-tanya tentang asal-usul dan sejarah permainan sepakbola ini.

Keindahan sepakbola terletak pada kesederhanaan permainan tersebut yang meliputi menendang bola. Tidak ada peralatan tambahan yang diperlukan, dan siapa saja bisa mulai bermain sepakbola di mana saja. Banyak budaya mengklaim bahwa mereka adalah orang-orang yang pertama kali mempunyai ide tentang permainan ini.

Sejarawan kuno mungkin bisa saja menyimpan catatan tertulis tentang perang, politik, dan kegiatan yang berkaitan dengan ekonomi dan agama, tapi tidak banyak mendokumentasikan kegiatan seperti olahraga. Oleh karena itu, hanya ada beberapa teks kuno yang berbicara tentang penemuan permainan dalam olahraga seperti sepakbola.

Sejarah sepakbola

Secara resmi sepakbola lahir di Inggris pada pertengahan abad ke-19 ketika Asosiasi Sepakbola dibentuk dengan tujuan untuk menyatukan struktur permainan. Tapi ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa sepakbola benar-benar berasal berabad-abad sebelum ini. Bagian pertama dari bukti meyakinkan adalah dengan ditemukannya jurnal militer di Cina yang mengulas tentang permainan yang dikenal dengan sebuatan cuju yang dimainkan sekitar abad ketiga sebelum masehi. Permainan ini adalah dengan menendang bola kulit yang cukup berat.

Bahkan peradaban Mesoamerika juga menyatakan telah memainkan permainan semacam ini pada sekitar waktu yang sama. Permainan mereka adalah campuran dari sepakbola dan basket yang juga menendang bola ke dalam keranjang. Bola yang digunakan terbuat dari karet yang sulit untuk dikontrol, dan banyak orang menyatakan bahwa ini adalah alasan mengapa orang-orang di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sangat terampil dalam permainan sepakbola pada saat ini.

Pada zaman kekaisaran Roma juga terdapat versi tersendiri dari permainan ini dan mereka menyebutnya dengan pheninda. Ini adalah suatu permainan yang terbilang brutal dan merupakan perpaduan antara sepakbola modern dan rugby yang tidak ada larangan jika terjadi bentrokan antara kedua tim yang pada akhirnya sering mengakibatkan cedera serius bagi para pemain sepakbola terkenal.

>>  Manfaat Berlari Sembuh Sehat

Sejarah sepakbola modern saat ini dapat dikaitkan dengan FA yang dibentuk di Inggris pada tahun 1863. Sampai saat ini ada banyak variasi yang berbeda dari permainan itu sendiri, dan aturan permainan akan berubah untuk setiap pertandingan tertentu. FA menciptakan aturan standar untuk permainan ini, dan banyak klub bermunculan sampai sekarang ini. Setelah aturan ini diformalkan, maka ini perlahan-lahan mulai menyebar ke negara-negara lain juga, dan Inggris berhak mencitrakan dirinya sebagai pencipta sepakbola modern seperti yang kita kenal sekarang ini. Pengaruh bahasa Inggris dapat dilihat di klub-klub utama di negara-negara Eropa lainnya seperti Spanyol dan Italia di mana mereka menggunakan istilah FC atau Football Club, sebagai akhiran atau awalan pada nama resmi mereka.

Pada tahun 1886 Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional dibentuk dan badan ini bertugas menjaga dan menciptakan aturan dan hukum dalam permainan sepakbola. FIFA kemudian dibentuk di Paris pada tahun 1904 dan menjadi badan sepakbola internasional untuk sepakbola di seluruh dunia. IFAB dan FIFA bekerja sama dengan erat saat ini, tetapi IFAB umumnya tetap jauh dari sorotan dan berita, sementara FIFA telah menjadi bagian yang sangat kontroversial.

Sejarah permainan sepakbola ini semakin eksposur seiring berjalannya waktu dan beberapa gaji pemain profesional mencapai tingkat yang fenomenal. Sepakbola telah mendapatkan popularitas yang luar biasa di mata dunia. Bahkan, ini adalah permainan dalam olahraga yang paling banyak ditonton dan digemari di belahan dunia.

 
  Incoming Keywords: sejarah sepak bola internasional

, ,

Comments are closed.