Hewan Tercepat di Darat

Jika anda ingin mengetahui daftar urutan hewan tercepat didarat berdasarkan kecepatan berlarinya, maka anda wajib mengikuti artikel berikut. Kecepatan didefinisikan sebagai tingkat di mana obyek mencakup jarak tertentu. Dalam dunia hewan, hal ini dapat didefinisikan sebagai tingkat di mana predator memburu mangsanya atau lari dari pemangsa. Predator yang bisa lari lebih cepat dari mangsanya ataupun mangsa yang bisa berlari lebih cepat dari predatornya akan bertahan dan tetap eksis di alam liar. Bagi kebanyakan hewan, untuk bertahan hidup sangat tergantung pada seberapa cepat mereka dapat berlari.

Hewan darat tercepat dan tidak diragukan lagi kecepatan larinya adalah cheetah. Ia memiliki kecepatan tertinggi berkisar 104,4 kph. Hewan lain yang mendekati kecepatan ini adalah pronghorn, dengan mencatat kecepatan maksimum 98,1 kph. Beberapa hewan dalam daftar ini, meskipun mampu mencapai kecepatan yang fantastis, tidak mungkin mampu untuk mempertahankan kecepatannya untuk waktu yang lama. Berikut adalah daftar sepuluh hewan darat tercepat dan kecepatan tertinggi mereka;

Hewan tercepat di darat

1. Cheetah
Berbagai tes dan studi selama bertahun-tahun telah memberikan hasil yang bervariasi untuk kecepatan tertinggi pada cheetah. Cheetah di alam liar mampu mencatat kecepatan tertinggi, 149 kph. Namun sekarang ini dikarenakan degradasi lahan, cheetah hanya mampu mencapai kecepatan sekitar 112 kph.

Cakar pada cheetah memberikan mereka pegangan yang kuat selama berlari. Selain itu, lubang hidung cheetah yang membesar, jantung, dan paru-paru berfungsi bersama-sama untuk memungkinkan peningkatan konsumsi oksigen dan sirkulasi yang efisien. Ini akan membantu cheetah dalam pengejaran berkecepatan tinggi. Namun, cheetah tidak dapat mempertahankan kecepatan tersebut dengan lama dan hanya sekitar 500 m.

2. Pronghorn/ kijang
Pada posisi kedua ditempati oleh pronghorn. Hewan ini menyerupai antelop, oleh karena itu pronghorn juga dikenal dengan kijang. Pronghorn ini dianggap sebagai mamalia darat tercepat di belahan barat dan dapat berjalan sangat cepat. Kecepatan tertinggi telah tercatat sekitar 98,1 kph. Meskipun tidak bisa lari lebih cepat dari cheetah, tapi bagaimanapun dia mampu mempertahankan kecepatan untuk durasi yang lebih lama, tidak seperti cheetah yang hanya mampu untuk membuat sprint dengan kecepatan tinggi namun jarak pendek. Pronghorn dikatakan telah berevolusi menjadi binatang tercepat sehingga bisa menyelamatkan diri dari predator.

3. Antelope
Si ramping berleher panjang dengan warna coklat dan putih ini berada pada kecepatan tertingginya yaitu 93,3 kph. Binatang dari Afrika Selatan ini sangat lincah dan dapat dengan mudah berlari lebih cepat dari predator. Namun, ada 2 jenis antelope yang membedakan kemampuannya, antara antelope yang mampu berlari cepat dan antelope yang mampu untuk melompat. Antelope yang suka melompat mampu untuk melompat setinggi 3-4 meter.

4. Rusa kutub
Ada dua jenis rusa kutub, yaitu hitam dan biru. Yang paling mencolok dalam perbedaan mereka terlihat dari tanduk dan bulu mereka. Spesies ini dijuluki sebagai pelari yang sangat cepat dan juga mempunyai stamina kuat. Kecepatan tertinggi rusa kutub berkisar 90,1 kph. Rusa kutub ini sering menjadi incaran cheetah, singa, hyena, bahkan buaya. Namun, rusa kutub mampu berlari lebih cepat dan juga menakut-nakuti predator.

>>  Penyebab Kucing Bersin & Mengobati

5. Gazelle Thomson
Salah satu rusa yang paling terkenal di Afrika Timur adalah gazelle thomson yang mampu berlari dengan kecepatan 85,2 kph. Rusa ini meskipun kecil namun bergerak sangat lincah dan dapat berlari lebih cepat dari predator seperti macan tutul, hyena, dan singa, dengan berjalan sangat cepat dan dengan cara zigzag. Kemampuan berlari dengan cara zigzag ini membantu melarikan diri dari predator. Sebuah taktik untuk menangkal atau menakut-nakuti predator adalah dengan melakukan lompatan tinggi ke udara.

6. Singa
Singa adalah salah satu kucing terbesar. Singa juga dikenal sebagai raja hutan dan dapat berlari dengan kecepatan tertinggi mencapai 80,4 kph. Biasanya, hewan ini berjalan kecepatan tinggi yang tidak berlangsung lama, sama seperti cheetah. Meskipun memiliki kecepatan luar biasa, singa hanya berhasil dalam perburuan dengan nilai 3 dari 10.

7. Kuda Amerika
Hewan ini dikenal sebagai seorang sprinter yang baik pada jarak pendek. American Quarter Horse ini mampu berlari lebih cepat dari keturunan kuda lain dalam pacuan kuda. Jenis kuda ini mampu meraih kecepatan tertingginya sampai 75,6 kph.

8. Rusa
Rusa merupakan salah satu mamalia darat terbesar di Amerika Utara dan Asia Timur. Rusa dapat berlari mencapai kecepatan tertinggi 72,4 kph. Rusa menyelamatkan diri dari pemangsanya dengan menggunakan tanduk untuk menakuti pemangsanya. Selain itu, kemampuan berlarinya juga dapat untuk menyelamatkannya juga.

9. Anjing liar Afrika
Anjing liar ini juga dikenal dengan sebutan Cape Hunting Dog atau Wild Dog of Africa. Hewan ini merupakan jenis anjing langka yang hanya ditemukan di Afrika. Kemampuan berlarinya mampu mencapai hingga 72 kph. Ini adalah anjing liar yang berbahaya dan mampu untuk mengejar mangsanya di tempat terbuka dalam jangka waktu yang lama, sampai akhirnya mangsanya merasa kelelahan. Anjing liar ini dapat membunuh mangsa sampai 8 kali setiap pergi berburu.

10. Coyote
Hewan darat tercepat terkahir adalah coyote, yang juga dikenal dengan serigala Amerika atau serigala padang rumput. Coyote mampu berlari pada kecepatan tertingginya yaitu 69,2 kph. Spesies anjing ini dapat ditemukan secara luas di Amerika Utara dan Tengah. Coyote memakan hewan kecil seperti tikus pertanian, tupai, dan binatang pengerat lain.

 
  Incoming Keywords: hewan tercepat di darat, hewan darat tercepat di dunia, kecepatan cheetah, kecepatan lari berlari hewan buaya adalah, hewan tercepat di dunia, hewan yg larinya, hewan lari tercepat, hewan tercepat, hewan paling cepat jalanya, hewan yang larinya seperti kuda

, , , ,

Trackbacks/Pingbacks

  1. 10 Daftar Hewan Tercepat di Darat Beserta Kecep...

    […] Artikel dunia hewan berikut akan memberikan urutan hewan tercepat di darat yang mampu untuk menyelamatkan diri dari pemangsa atau juga memangsa.  […]