Khasiat Teh dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

T eh merupakan salah satu minuman yang paling populer di seluruh dunia, tidak hanya karena citranya yang kaya akan rasa, tetapi juga mempunyai sejumlah manfaat kesehatan. Artikel berikut ini akan memberikan informasi mengenai khasiat teh untuk kesehatan.

Ada enam jenis teh yang paling dikenal, yang terbuat dari spesies tanaman yang sama, tetapi dengan teknik pengolahan yang berbeda. Ini dikenal dengan teh putih, teh kuning, teh hijau, teh hitam, teh oolong dan teh pu-erh. Teh memiliki sejarah panjang yang digunakan sebagai minuman dan secara luas digunakan di zaman Cina kuno untuk mengobati sejumlah masalah kesehatan. Di era modern ini, teh telah menjadi subjek penelitian ilmiah yang luas karena mempunyai beberapa khasiat yang unik, yang dapat membantu untuk menurunkan berbagai resiko berbagai penyakit dan masalah kesehatan.

Kandungan nutrisi teh

Teh tanpa susu dan gula tidaklah memiliki kalori. Hanya jika ketika susu dan gula ditambahkan, teh akan mengandung kalori. 1 cangkir teh seduh atau setara 237g teh dapat mengandung magnesium sekitar 7,1mg, fosfor 2,4mg, 87mg kalium, 7mg sodium, dan 884mcg fluoride. Selain ini, teh juga mengandung sekitar 11,9 mcg folat. Hal ini dapat memberikan sejumlah besar kebutuhan makanan akan fluoride, yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Nutrisi lain yang ditemukan pada teh meliputi vitamin C, tiamin, riboflavin, dan vitamin B6. Hal ini juga mengandung polifenol, katekin, dan flavonoid, yang semuanya menunjukkan sifat antioksidan yang kuat.

Manfaat teh untuk kesehatan

Dari semua jenis teh yang ada, semuanya terbuat dari spesies tanaman yang sama yaitu ‘Camellia sinensis’. Namun, apa yang membuat setiap teh berbeda satu sama lain adalah karena berbagai proses pengolahan yang berbeda, daunnya, serta ditambah dengan perasa tertentu.

>>  Manfaat Ginseng Bagi Kesehatan

Antioksidan
Teh mengandung antioksidan yang menghambat pertumbuhan radikal bebas, selain itu, teh juga juga dapat membantu

manfaat teh

Pabrik teh

tubuh dalam menghilangkan semua racun. Dengan kata lain secangkir teh mempunyai khasiat untuk melindungi tubuh dari dampak buruk polutan.

Manfaat teh membasmi kanker
Daun teh mengandung polifenol antioksidan kuat yang dikenal karena sifat anti kanker. Seperti halnya teh hijau, ini mengandung epigallocatechin gallate yang dapat melindungi terhadap berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, paru-paru, prostat, kulit, ovarium, usus, dan juga yang lain.

Manfaat teh melindungi jantung
Dengan minum 3-4 cangkir teh maka akan memiliki pasokan antioksidan flavonoid yang cukup. Antioksidan ini membantu kesehatan jantung dengan mengurangi oksidasi lipid dan kemungkinan terkena stroke serta penyakit kardiovaskular lainnya. Mengkonsumsi teh juga membantu dalam menjaga arteri dan vena, yang memastikan kelancaran fungsi dari pembuluh darah.

Manfaat teh untuk tulang
Teh, dengan atau tanpa susu membantu dalam memperkuat tulang. Ini memberikan sifat fitokimia yang berkhasiat penting bagi tubuh.

Manfaat teh bagi sistem imun
Teh membangun daya tahan tubuh terhadap infeksi, terutama yang telah dicampur dengan berbagai herbal. Dengan menghambat radikal bebas, teh memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memberikan perlindungan terhadap organ tubuh dari terkena infeksi.

Manfaat teh bagi kesehatan gigi
Teh mengandung fluoride dan tanin yang membantu untuk mengatasi plak, di samping juga memiliki beberapa sifat antibakteri yang mencegah masalah pada gusi. Banyak pula orang yang menyamakan bahwa kerusakan gigi adalah juga karena mengkonsumsi teh. Namun, sebenarnya minum teh tidak menyebabkan plak atau kerusakan gigi, ini adalah karena jumlah gula yang ditambahkan dalam teh tersebut, yang menjadi penyebab sesungguhnya, karena teh dengan sendirinya tidaklah manis dan non kalori.

Manfaat teh yang lainnya

Selain hal-hal di atas, masih terdapat manfaat teh bagi kesehatan yang lainnya, meliputi di bawah ini;

  1. Teh dapat meningkatkan laju metabolisme, yang bisa membantu untuk menurunkan berat badan.
  2. Teh hijau mempunyai khasiat untuk membantu dalam membakar kalori.
  3. Teh juga bermanfaat untuk mencegah diabetes, karena dapat meningkatkan sensitivitas insulin atau toleransi glukosa.
  4. Teh, jika diminum secara teratur dapat membantu memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular. Hal ini dapat mengurangi kaku pada pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.
  5. Teh dapat meningkatkan kewaspadaan mental, mengobati gejala depresi, dan menurunkan tingkat hormon stres dalam tubuh.

Konsumsi teh berlebihan dan minuman berkafein lainnya dapat menyebabkan beberapa efek samping, yang biasanya terkait dengan overdosis kafein. Selain kafein, ini juga mengandung oksalat, jika dalam jumlah berlebih dapat mempengaruhi ginjal. Bahkan termasuk fluoride, yang ditemukan di dalam teh dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan jika overdosis. Oleh karena itu, teh harus dikonsumsi sesuai moderasi untuk dapat mendapatkan manfaatnya serta untuk menghindari efek samping yang dihasilkan.

, , ,

One Response to Khasiat Teh dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

  1. manfaat dan khasiatnya teh ternyata banyak ya, tetepi tidak berlebihan. mantap infonya.. :mrgreen: