Manfaat Teh Hijau yang Menyehatkan Badan

Khasiat teh hijau bagi kesehatan telah dikenal lama sejak jaman dahulu. Teh hijau sarat dengan antioksidan dan nutrisi lainnya, secangkir teh hijau dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan juga banyak manfaat teh hijau untuk kesehatan.

Teh menjadi minuman yang telah sangat populer dan sering dikonsumsi oleh orang-orang di seluruh dunia. Minuman ini terkenal datang dalam tiga varietas yaitu teh hitam, hijau, dan teh oolong. Dari ketiga jenis teh ini, teh hijau dikenal karena mempunyai khasiat bagi kesehatan yang tak terhitung banyaknya untuk tubuh secara keseluruhan. Teh hijau diseduh dari daun tanaman camellia sinensis. Hal ini biasanya dibuat dengan fermentasi, karena mengandung polyphenol yang tinggi. Bertentangan dengan cara konvensional, di mana daun difermentasi untuk mengekstrak baik teh hitam atau oolong, pada teh hijau dilakukan melalui pelapukan. Mengolah dengan cara ini membantu mempermanfaat teh hijau bagi kesehatantahankan nilai gizi dan manfaat dari teh hijau.

Sejak zaman kuno, teh hijau telah digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Orang Cina telah menggunakan ramuan ini sebagai obat selama 4000 tahun. Saat ini, teh hijau juga tersedia dalam bentuk pil teh hijau yang dibuat dari daun dan tunas tanaman. Teh hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jika disertakan dalam diet sehari-hari, karena ini mengatur dan meningkatkan fungsi tubuh. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan teh hijau dengan maksimal, minumlah sesuai jumlah yang diperlukan.

Manfaat teh hijau

Banyak ahli gizi terkenal dan dokter telah menjamin bahwa khasiat teh hijau dapat membantu mengatasi sejumlah infeksi dan penyakit.

  1. Teh hijau merupakan sumber yang kaya antioksidan alami yang dikenal dengan catechin polyphenol, terutama epigallocatechin gallate. Antioksidan ini melawan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan.
  2. Salah satu manfaat dari teh hijau ekstrak adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga berperang melawan berbagai alergi dan infeksi. Teh hijau juga merupakan bahan utama dalam banyak suplemen antioksidan.
  3. Meminun teh hijau dengan rutin juga bermanfaat karena membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini juga mengurangi resiko aterosklerosis atau penyempitan dan pengerasan pembuluh darah karena adanya plak.
  4. Manfaat kesehatan lain dari teh hijau adalah membantu dalam menurunkan berat badan. Teh hijau mampu membersihkan usus secara alami dan menghilangkan limbah beracun dari tubuh. Hal ini juga meningkatkan laju metabolisme, yang memungkinkan lemak yang tidak diperlukan oleh tubuh dibakar pada kecepatan yang lebih cepat.
  5. Teh hijau sebagai asupan harian bermanfaat untuk melawan berbagai jenis kanker. Teh hijau menghambat pertumbuhan abnormal dan multiplikasi sel-sel dalam tubuh. Polifenol yang ditemukan dalam teh membantu menghancurkan sel-sel kanker.
  6. Teh hijau juga bermanfaat untuk memerangi diabetes, penyakit jantung, liver, penyakit radang usus, dan gangguan kesehatan lainnya.
  7. Ada juga beberapa keutungan menggunakan teh hijau untuk kulit dan rambut. Teh hijau akan mencegah timbulnya jerawat, kulit kering, dan mengurangi munculnya keriput.
  8. Membilas rambut dengan teh hijau dapat mencegah ketombe dan psoriasis. Ini juga memperkuat akar rambut, merangsang pertumbuhan rambut, dan memperbaiki rambut rusak. Teh hijau juga bertindak sebagai kondisioner alami dan memberikan kelembutan pada rambut.

Ini adalah beberapa manfaat teh hijau bagi kesehatan. Singkat kata, teh hijau bisa menjadi bagian dari menu yang sehat untuk diet harian. Namun, harus diingat bahwa konsumsi teh berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Untuk mewujudkan berbagai manfaat teh hijau bagi kesehatan, haruslah mengkonsumsi dalam jumlah moderat.

, , , ,

Comments are closed.