Khasiat Air Ludah

Bagi orang-orang yang sangat memperhatikan hygiene ludah atau air liur dipandang sangat menjijikkan dan tabu untuk dibicarakan. Dalam pandangan mereka, ludah adalah sesuatu yang dianggap jorok, kotor, dan penuh dengan kuman penyakit. Tahukah anda bahwa Tuhan menciptakan manusia manusia yang dilengkapi dengan ludahnya atau air liur tentu ada kegunaannya bagi kelangsungan hidup? Menurut ilmu kedokteran modern, ludah atau air liur sangat baik bagi pencernaan dan membasmi bermacam-macam kuman penyakit. Tahukah anda bahwa sebenarnya ludah atau air liur merupakan obat manjur dimana anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuknya?

Menurut nenek moyang kita orang-orang kuno, memandang ludah atau air liur sebagai obat ajaib untuk segala macam penyakit, terutama sariawan mulut. Jika pencernaan baik, semua akan akan berjalan dengan baik pula, sehingga tidak mudah diserang penyakit. Untuk mendapatkan ludah yang sekiranya cukup untuk penyembuhan atau pengobatan mereka melakukan latihan lidah guna menghasilkan air liur tersebut, mereka tidak hanya asal hisap dan asal menelan air liur saja. Lidah ditekuk di langit-langit lalu dihisap seperti seorang bayi yang sedang menetek ibunya. Demikian lidah akan terlatih benar dan kelenjar air liur akan memproduksi ludah yang cukup banyak, selanjutnya ditelan.

Air liur atau ludah yang dikeluarkan oleh kelenjar cairan ludah, disuplai ke pembuluh darah, akan mengakibatkan hormon bertambah banyak. Lebih banyak air liur atau ludah ditelan, maka akan lebih baik untuk kesehatan tubuh kita. Ludah atau air liur merupakan semacam enzyme yang berfungsi untuk membantu mencerna makanan dan bermanfaat dalam membasmi kuman-kuman penyakit. Kita mengenal lidah dan bagiannya sebagai alat perasa bagi manusia untuk measakan aneka ragam makanan dan minuman. Seperti kita ketahui bahwa kelenjar ludah atau air liur bermuara di dalam mulut, berfungsi untuk menghasilkan air liur sebagai zat yang pembantu mencerna makanan dan menghancurkan kuman.

Manfaat atau khasiat ludah atau air liur meliputi

  1. Mengandung enzyme-enzyme yang sangat membantu mencerna makanan.
  2. Sebagai pelicin supaya makanan mudah ditelan.
  3. Mempunyai kemampuan untuk menetralisir asam yang disebabkan karena penguraian sisa-sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi.
  4. Air liur mengandung lysozyme yang dapat membunuh bakteri secara langsung.
  5. Adanya air ludah yang banyak, mulut dan gigi akan selalu dicuci dan bebas dari sisa-sisa makanan. Dengan cara ini air ludah menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut dengan cara membuang sisa-sisa makanan yang berlaku sebagai media pertumbuhan bakteri.
  6. Air ludah juga bertindak sebagai deodorant/ penghilang bau mulut. Mulut yang kering karena kurangnya produksi ludah cenderung bau tidak enak.
  7. Menghilangkan sakit leher dan tenggorokan.
  8. Menambah nafsu makan.
  9. Membantu menetralisir ketegangan atau emosi.
  10. Dapat digunakan sebagai krim untuk mengurut wajah setelah dioleskan terlebih dahulu dan menghasilkan kulit wajah menjadi halus dan licin.
  11. Dapat menetralisir riak atau dahak saat batuk.
  12. Dapat menghambat pembengkaan pada gusi.
  13. Dapat menyembuhkan luka-luka, jerawat, dan bisul.
  14. Mencegah bersendawa.
  15. Anti lemah syahwat(dioleskan)
  16. Mengurangi rasa haus.
  17. Anti sembelit.
>>  Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Cepat Alami

Hingga sekarangpun masih ada orang tua yang menggunakan air liur untuk mengobati anaknya bila luka disebabkan terjatuh sewaktu bermain, berlari, dan terbukti mujarab. Secara naluriah, hewan seperti anjing, kucing dan binatang menyusui lainnya bila terluka pada anggota badannya, maka ia akan menjilatinya. Air liur burung walet yang hidup di sektiar pantai juga merupakan bahan makanan yang sangat mahal dan digunakan sebagai obat kuat.

Demikianlah tentang khasiat air ludah atau air liur, dan dapat disimpulkan bahwa air liur merupakan obat manjur tanpa biaya apapun bagi anda yang ingin mencobanya dan membuktikan keampuhannya.

 
  Incoming Keywords: air ludah, manfaat air liur untuk alis, manfaat air ludah basi untuk kulit wajah, manfaat air ludah dalam mulut kita

, ,

Comments are closed.