Manfaat Teh Peppermint untuk Kesehatan

T eh peppermint merupakan teh yang bebas kafein dan mempunyai kegunaan untuk mencegah berbagai masalah kesehatan. Berikut adalah informasi menarik tentang manfaat teh peppermint untuk kesehatan. Peppermint adalah salah satu ramuan yang menempati peringkat tinggi dalam manfaat kesehatan, rasa, dan aroma yang khas. Ini mengandung mentol, asetat mentil, menthone, dan beberapa bahan terapi lain untuk membuat teh herbal.

Peppermint merupakan ramuan obat yang dikenal karena mempunyai sifat menenangkan atau relaxan. Tanaman ini asli dari Eropa dan Asia dan sekarang telah dibudidayakan di seluruh dunia. Bahan aktif dalam peppermint adalah mentol, yang sebagian besar menyebabkan efek menyegarkan. Peppermint dapat dikonsumsi dalam bentuk teh peppermint atau tisane.

Teh peppermint dibuat dari daun mint kering. Untuk membuat teh peppermint juga sangat mudah. Jika anda memiliki tanaman mint di kebun anda, cobalah untuk memetik daun mint tersebut dan mengeringkannya di bawah sinar matahari selama beberapa hari. Ketika daun telah menjadi benar-benar kering, tumbuk sampai menjadi halus. Ambil 2 bubuk sendok makan dan taruh ke dalam panci, tuangkan air mendidih di dalamnya. Biarkan selama sekitar 15 menit untuk mendapatkan aroma yang terbaik.

Manfaat teh peppermint

Pencernaan
Teh mint dikenal juga sebagai obat sakit perut. Meminum teh dapat menghindari berbagai masalah perut dan gangguan pencernaan. Teh membantu menurunkan gejala kram perut, diare, sindrom iritasi usus, sembelit, dan masalah batu empedu. Teh herbal ini melancarkan pencernaan dan mengurangi kembung. Teh peppermint juga berguna untuk mengobati diverticulitis(radang saluran pencernaan).

Sistem imun tubuh
Teh peppermint bermanfaat dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjauhkan anda dari berbagai penyakit. Dengan meminum teh yang terbuat dari peppermint, teh hijau, dan teh herbal lainnya terbukti dapat mencegah flu dan pilek, mengendalikan asma ringan dan gejala berbagai penyakit akibat sistem kekebalan tubuh yang lemah. Teh peppermint mengandung jumlah kalsium yang tinggi, vitamin B, dan potasium sehingga seseorang dapat mendapatkan semua manfaat yang akan membantu untuk menjaga kesehatan tubuh.

Relaksasi
Aroma yang berasal dari teh ini dapat dikatakan sebagai penghilang stres. Manfaat teh peppermint bagi kesehatan juga membantu melawan rasa sakit kronis dan kram karena menstruasi. Banyak orang berpendapat bahwa minum teh peppermint dapat digunakan sebagai cara mengatasi insomnia, mengatasi stres, dan melawan sakit kepala. Minum secangkir teh sehabis makan secara bertahap dapat mengurangi stres, gejala kelelahan, dan memberikan kualitas tidur malam yang baik.

Bau mulut
Peppermint adalah unsur penting dalam pasta gigi dan obat kumur. Kandungan mentol aktif dalam peppermint mampu untuk menyembuhkan penyakit gusi yang menyebabkan bau mulut. Dengan meminum teh peppermint secara rutin akan mengatasi bau mulut secara permanen. Mengunyah beberapa daun mint juga dapat menangani masalah bau mulut dengan cepat.

Di saat peppermint digunakan sebagai teh, maka dapat dikatakan bebas kafein. Oleh karena itu, hal ini tidak memiliki efek buruk dari kafein seperti halnya teh biasa dan kopi. Namun, teh yang digunakan dalam kombinasi dengan beberapa bahan herbal lain seperti kamelia dapat meninggalkan kandungan kafein. Teh memberikan penyembuhan alami dari beberapa penyakit tubuh. Dalam hal ini, peppermint sangat menguntungkan bagi tubuh manusia tidak hanya dalam bentuk teh, tetapi juga dalam bentuk lain seperti es krim, pasta gigi, sabun, sampo, dsb.

Teh peppermint herbal benar-benar alami dan relatif tidak berdampak buruk, namun overdosis teh dapat menyebabkan diare, detak jantung melambat, dan jantung berdebar-debar. Teh mint dapat memiliki efek yang menyebabkan tersedak dan batuk. Selain itu, anak kecil atau bayi juga mungkin akan memberikan respon alergi karena masih mengembangkan sistem kekebalan tubuh mereka. Teh peppermint tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki penyakit asam refluks. Selain itu, ini juga tidak baik bagi wanita hamil karena dapat membawa relaksasi uterus pada waktu yang salah. Di luar hal itu, tidak ada efek samping lain dari minum teh peppermint. Jika anda berencana untuk menjalani gaya hidup sehat, mulailah hari anda dengan menggunakan manfaat teh peppermint untuk kesehatan, dan pastikan bahwa anda tidak menyalahi aturan pakai.

 
  Incoming Keywords: teh mint, khasiat papermin, khasiat papermint tea, manfaat teh pepermint, manfaat teh mint utk bayi, manfaat teh mint, manfaat teh daun mint, manfaat daun peppermint, khasiat teh peppermint, teh yang mengandung pepearmin

, ,

Comments are closed.