Beragam Khasiat Teh Jahe

Khasiat teh jahe dapat membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan dapat menyembuhkan pilek, gangguan pencernaan, dan mual di pagi hari. Artikel ini memberikan informasi seputar khasiat teh jahe.

Jahe atau zingiber officinale merupakan rempah-rempah aromatik yang telah digunakan sejak peradaban Asia kuno untuk mengobati masalah kesehatan. Teh jahe, yang terbuat dari akarnya, dikenal karena sifatnya sebagai obat. Teh akar jahe kaya akan vitamin B6 dan C, kalium dan magnesium, minyak seperti gingerol dan zingerone, yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Berikut adalah daftar dari semua khasiat yang menakjubkan dari teh jahe bagi kesehatan.

Khasiat teh jahe

Mencegah penyakit jantung
Salah satu khasiat teh jahe adalah untuk meningkatkan aliran darah dan sirkulasi dalam tubuh. Hal ini terutama karena adanya asam amino dan berbagai mineral di dalamnya. Karena teh jahe membuat arus darah menjadi lancar, hal ini akan mengurangi kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung.

Pencernaan yang sehat
Teh jahe membantu membuat pencernaan yang lebih baik. Ketika seseorang mengkonsumsi teh ini, cairan pencernaan disekresikan, yang mengendurkan otot-otot usus dan juga menetralisir asam lambung. Hal ini membantu dalam membuat pencernaan lebih cepat dan mengurangi gejala yang terkait dengan gangguan pencernaan seperti perut kembung, kentut, muntah, dan mual.

Kekebalan tubuh
Teh jahe membuat sistem kekebalan tubuh seseorang sangat kuat. Hal ini karena mengandung sejumlah besar anti oksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Ini melindungi seseorang terhadap segala jenis infeksi atau penyakit.

Mengobati pilek
Teh jahe berkhasiat dalam mengobati gejala pilek jika diminum secara rutin. Teh jahe dengan rasa hangat alami meningkatkan keringat dalam tubuh seseorang dan dengan demikian menurunkan demam. Hal ini juga membantu dalam mengurangi rasa nyeri di tenggorokan serta membuka sinus yang tersumbat.

Kram waktu haid
Khasiat teh jahe juga membantu dalam menyembuhkan dan meringankan kram yang banyak dialami banyak perempuan selama datang bulan. Jahe dikenal memiliki kualitas antispasmodic. Jadi, ketika seorang wanita mengalami kram perut, mengkonsumsi teh jahe berkhasiat dalam mengarahkan aliran darah ke daerah panggul. Hal ini melepaskan sumbatan dan menyembuhkan kram.

>>  Seni Membaca Daun Teh

Mabuk darat
Ketika berada di perjalanan, teh jahe dapat menjadi sangat bermanfaat. Alasannya adalah bahwa asupan teh ini dapat mengurangi mabuk darat. Khasiat teh jahe berguna untuk meredakan mual dan pusing yang sering dialami oleh orang-orang yang mengalami mabuk darat. Teh jahe mengandung gingerol yang memblokir pemicu kemoreseptor (penyebab muntah).

Mengobati jerawat
Salah satu alasan utama di balik munculnya jerawat adalah stres. Dengan menkonsumsi teh jahe, secara teratur akan memperbaiki suasana hati seseorang. Hal ini akan mengurangi tingkat stres dan dengan demikian juga akan meminimalkan jerawat. Jahe juga dikenal karena  anti inflamasi, karena itu dapat mengobati segala jenis jerawat atau bengkak pada kulit.

Melindungi liver
Minum alkohol dalam jumlah besar dapat membuat mabuk. Salah satu khasiat teh jahe adalah dapat mengurangi efek mabuk. Mengkonsumsi alkohol atau mengonsumsi obat-obatan dapat menyebabkan kerusakan parah pada liver. Minum teh jahe dua kali sehari membantu dalam melindungi liver terhadap efek buruk dari zat beracun tersebut.

Menigkatkan energi
Teh jahe kaya akan vitamin B, C dan D, magnesium, seng, kalium, kalsium dan tembaga. Semua vitamin dan elemen mineral ini membantu dalam menghilangkan racun dari tubuh. Hal ini juga meningkatkan tingkat pembakaran lemak, sehingga membuat seseorang merasa lebih ringan, lebih bugar dan lebih energik.

Mencegah kanker
Menurut studi di bidang ini, jahe memperlambat pembentukan dan pertumbuhan sel kanker. Hal ini juga dikenal untuk mencegah gangguan pada usus dan kanker ovarium.

Untuk membuat teh jahe cukup mudah dan sederhana. Yang perlu anda lakukan adalah dengan merebus air dan menambahkan jahe iris ke dalamnya. Biarkan mendidih selama sekitar sepuluh menit, dan kemudian menambahkan teh hijau dan pemanis. Seperti yang anda lihat, banyak khasiat teh jahe yang tak tertandingi, selain rasanya yang sangat aromatik.

Comments are closed.