Protein Tinggi Mempercepat Menyembuhkan Luka & Cedera

Untuk mempercepat proses peyembuhan cedera dan luka seringkali disarankan untuk memasukkan makanan yang tinggi kadar protein. Pada artikel kesehatan ini, kita akan melihat komponen-komponen dari makanan dengan protein tinggi yang dapat membantu dalam menyembuhkan luka lebih cepat.

Protein adalah salah satu komponen penting dari pola makan seimbang dan tubuh menggunakannya untuk membangun serta memperbaiki jaringan yang rusak. Hal ini juga diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan enzim dan bahan kimia tubuh lainnya. Para ahli medis juga menyatakan tentang manfaat protein yang yang berguna untuk membantu proses penyembuhan luka dan mengobati luka bakar ataupun bisul. Mengkonsumsi makanan yang kaya protein juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang membantu proses penyembuhan dan membantu mencegah infeksi. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa seseorang yang terluka membutuhkan tingkat protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang sehat.

Seseorang yang kekurangan protein dan vitamin memakan waktu lebih lama untuk pulih dari cedera. Protein membantu tubuh untuk menyembuhkan cedera dengan cepat karena bertindak untuk membentuk kulit baru. Kandungan protein yang disarankan untuk orang sehat adalah 0,8 gram protein dari per kilogram berat badan. Meskipun tidak ada data yang akurat tentang berapa banyak protein yang sebaiknya dikonsumsi oleh seseorang dengan cedera, sebagian besar ahli gizi beropini bahwa orang dengan cedera sebaiknya mengkonsumsi protein antara 1,2 – 1,5 g per kilogram berat badan.

Diet protein tinggi mempercepat proses penyembuhan

Untuk membantu tubuh dalam mempercepat proses penyembuhan luka, anda harus mencoba untuk memasukkan makanan berprotein tinggi ke dalam menu harian. Beberapa sumber dari protein adalah meliuti daging, ikan, putih telur, kacang-kacangan, bayam, dsb. Minuman yang kaya protein juga membantu karena tubuh tidak perlu bekerja ekstra keras untuk mencernanya.

Hal ini sangat penting agar anda tetap menjaga tubuh terhidrasi dengan minum banyak air. Hal ini tidak hanya membantu proses penyembuhan dengan alami, tapi juga membantu dalam pencernaan dan penyerapan makanan. Untuk membantu mempercepat proses penyembuhan juga dianjurkan untuk meningkatkan asupan makanan berkalori tinggi. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui berapa banyak kalori yang anda perlukan, karena tidak ada rekomendasi khusus untuk menyembuhkan luka dengan cepat.

Luka pada tubuh sering disertai dengan menurunnya nafsu makan, tetapi sangat penting bagi anda untuk makan untuk memberikan tubuh nutrisi yang diperlukan. Jika anda merasa sulit untuk makan tiga kali sehari, anda dapat memecahnya menjadi enam porsi kecil sehingga anda tidak merasa seolah-olah makan berlebihan. Anda dapat merencanakan pola makan anda sedemikian rupa sehingga tubuh mendapatkan jumlah protein yang diperlukan.

Protein adalah sumber yang kaya energi dan berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Memasukkan makanan tinggi protein dalam diet harian adalah hal penting, terutama dalam proses pemulihan. Protein mutlak diperlukan untuk mempercepat menyembuhkan luka.

 
  Incoming Keywords: jenis ikan yg baikbuat menyembuhkan luka dalam, susu untul mempercepat sembuh luka, buah penyembuh luka, daging yg tidak baik buat luka, daging penyembuh luka, buah-buahan penyembuh luka, buah untuk penyembuhan luka, buah untuk mempercepat penyembuhan luka, buah dan sayur yg bermanfaat untuk menyembuhkan luka, buah buahan yang bagus untuk kesembuhan luka

,

Comments are closed.