Tips Menderek Mobil Dengan Aman

Menderek mobil mogok bukanlah hal yang mudah. Anda harus beradaptasi dengan cepat terhadap beban berat dan berhati-hati dengan menderek mobilmemperhatikan kecepatan dan pengereman, selama menderek. Hal ini menjadi lebih sulit ketika anda menggunakan mobil untuk menderek mobil lain, bukan dengan sebuah truk derek. Teknik menarik akan bervariasi tergantung pada mobil yang ditarik apakah 2 atau 4 wd, apakah transmisi anda manual atau otomatis, dan teknik akan berubah lagi pada mobil 2 wd yang anda pakai, front wheel ataukah rear wheel drive.

Menderek mobil

Aturan mendasar dalam menderek mobil dengan mobil lain adalah mobil derek harus lebih besar dari mobil yang ditarik. Aturan wajib yang lain adalah mobil yang diderek harus kosong selama ditarik. Sekarang anda telah mengetahui aturan dasar, berikut di bawah ini akan memberitahu anda bagaimana untuk menderek mobil dengan menggunakan mobil lain.

2wd
Mengontrol gerakan ban dari mobil yang ditarik adalah penting. Jika mobil yang akan ditarik adalah front wheel drive, dengan menggunakan tow dolly akan menjadi ide yang baik, ini akan menjaga roda depan di atas permukaan tanah. Jika mobil yang ditarik adalah rear wheel drive, maka lebih baik anda memisahkan drive shaft. Jika anda memiliki drive shaft coupler, maka anda dapat mencabut drive shaft secara otomatis dengan hanya menekan tombol, selain daripada itu anda harus melakukannya secara manual. Setelah anda melepaskan drive shaft, anda dapat menggunakan towing bar untuk menderek mobil dan semua empat roda mobil yang ditarik akan berada di tanah.

Jika transmisi mobil yang ditarik adalah manual, posisikan di gigi netral dan bebas rem untuk menderek mobil. Jika otomatis, maka mobil yang ditarik harus memiliki lube pump untuk memberikan pendinginan yang diperlukan dalam transmisi. Jika anda ingin menempatkan semua roda di tanah untuk mobil front wheel drive saat sedang ditarik, periksalah dulu apakah mobil yang diderek memiliki mekanisme yang disebut dengan axle lock. Jika punya maka anda harus membuka porosnya untuk menderek mobil tersebut.

>>  Etika Naik Pesawat Terbang yang Baik

4wd
Mobil 4wd dengan transmisi manual dapat ditarik aman dengan semua roda pada tanah, tanpa kerusakan transmisi, tetapi untuk melakukan hal ini, anda harus melepas transmisi. Jika mobil otomatis maka gunakan drive shaft coupler untuk melepaskan drive shaft belakang. Anda dapat menggunakan tow bar untuk menderek mobil jenis ini.

Ketika anda sedang menderek mobil, maka anda tidak dapat melakukan gerakan dengan bebas seperti biasanya. Berikut adalah beberapa langkah tambahan yang harus anda perhatikan ketika menarik mobil;

  • Menjaga kecepatan tetap konstan.
  • Tidak melakukan manuver dengan tiba-tiba.
  • Menggunakan spion secara efektif.
  • Berhati-hati saat pindah jalur.
  • Tidak menikung dengan tajam.
  • Jika di malam hari, aktifkan lampu dari mobil yang diderek juga.

Jika anda menggunakan tali untuk menarik mobil dan anda menginjak rem, akan ada kemungkinan besar bahwa mobil anda mungkin akan tertabrak dari belakang. Sebelum anda memutuskan untuk menarik semua kendaraan, bacalah buku manual pemilik mobil anda dan mobil yang harus diderek. Periksa berapa banyak beban yang dapat ditanggung oleh mobil anda dan juga memeriksa petunjuk pada transmisi dsb dari mobil yang akan ditarik. Dengan memperhatikan semua petunjuk dan menggunakan tips yang berguna sebelumnya di atas akan menyelamatkan mobil anda dan mobil yang diderek dari kerusakan.

 
  Incoming Keywords: cara derek mobil, cara membuat derek mobil, cara menderek mobil grand max, cara menarik mobil k towing, cara menderek mobil dengan kayu, cara menderek mobil di gta, cara menderek mobil di gta pc, cara menderek mobil yang benar, instruksi standar pekerjaan menderek mobil
Comments are closed.