Cara Mengatasi Takut Naik Pesawat

Naik dan terbang dengan pesawat memang dapat menjadi petualangan yang menyenangkan, namun hal ini juga dapat menjadi hal yang cara mengatasi takut naik pesawatmenakutkan bagi sebagian orang. Lalu, bagaimanakah cara mengatasi takut naik pesawat? Artikel berikut adalah tips dalam penerbangan yang akan berguna bagi anda untuk mengatasi takut naik pesawat, baca lebih lanjut.

Ada berbagai alasan ketika seseorang bepergian dengan naik pesawat, seperti perjalanan liburan, urusan kerja, atau juga untuk alasan pribadi lainnya. Hal ini diyakini bahwa bepergian lewat udara lebih aman dan cepat dibandingkan dengan menggunakan sarana transportasi yang lain. Tingkat resiko kecelakaan di jalanan dan kereta api jauh lebih besar daripada jumlah kecelakaan pesawat terbang. Ketika anda berada di dalam taksi dalam perjalanan ke bandara, anda tidak takut meskipun terdapat kemungkinan kecelakaan lalu lintas yang lebih besar. Tetapi pada saat anda memasuki area bandara, hal ini kadang mempercepat laju detak jantung anda. Mengapa hal ini terjadi? Apakah alasan di balik rasa takut ini? Biasanya hal ini berkaitan dengan dua hal, yaitu take off dan landing pesawat.

Sebagian besar dari kita memiliki fobia takut akan ketinggian dan ini bisa menjadi salah momok terkuat yang menyebabkan takut untuk naik pesawat. Rasa cemas pada waktu lepas landas dan mendarat terkait erat dengan ketinggian. Sebagian besar rasa takut terjadi ketika anda naik pesawat untuk pertama kalinya. Hal lain yang membuat anda cemas adalah pengalaman orang-orang di sekitar anda. Beberapa orang misalnya, memiliki pengalaman bepergian dengan pesawat dan mereka berbagi pengalamannya dengan anda. Kebetulan yang diceritakannya adalah pengalaman yang menakutkan, yang akhirnya tersimpan dalam pikiran anda selamanya dan anda secara otomatis akan selalu mengingatnya ketika anda menghadapi situasi yang sama. Anda bahkan bisa terpengaruh oleh kabar berita di sekitar anda tentang kecelakaan pesawat terbang. Semua alasan ini lebih dari cukup untuk membuat anda merasa gugup dan takut naik pesawat. Alinea berikutnya akan membantu anda mengatasi rasa cemas dan takut waktu naik pesawat dan memberitahu anda bagaimana caranya agar tetap tenang saat terbang.

Tips mengatasi takut naik pesawat

Sama halnya dengan take off dan landing, turbulensi adalah faktor lain yang menyebabkan untuk mengembangkan ketakutan terbang naik pesawat dalam diri seseorang. Turbulensi ini disebabkan karena gangguan pada aliran normal udara. Biasanya pilot menyadari adanya turbulensi pada awalnya dan tahu bagaimana cara untuk menghindarinya. Diberikan di bawah ini beberapa cara mengatasi takut naik pesawat untuk membuat anda merasa santai dan bersikap tenang saat terbang dengan pesawat.

  1. Ada baiknya anda tiba di bandara sebelum waktu keberangkatan yang sebenarnya. Jika anda terlambat, maka anda akan menjadi lebih cemas karena melewatkan penerbangan dan ini akan memberikan rasa cemas.
  2. Tempat duduk anda di pesawat adalah bagian penting untuk diperhatikan jika anda takut naik pesawat. Anda harus mencoba untuk meminta kursi di depan kabin karena turbulensi memiliki efek yang lebih besar di bagian belakang pesawat.
  3. Pramugari dan penumpang di sekitar anda mungkin akan mengetahui bahwa anda sebenarnya merasa takut naik pesawat. Tidak perlu merasa malu karena itu adalah hal yang umum dan pernah dihadapi oleh banyak orang. Semua petugas akan membantu dan melayani anda selalu.
  4. Jangan melihat ke jendela pada saat take off atau juga pada saat landing. Melihat pesawat yang lepas landas dan mencapai ketinggian dan turun ke bawah juga dapat meningkatkan rasa takut dan panik. Baru jika pesawat telah stabil, anda dapat melihat keadaan di luar.
  5. Libatkan diri anda dalam percakapan dengan orang yang duduk di sebelah anda. Anda dapat berbicara tentang tempat-tempat favorit anda, makanan, peristiwa terbaru di dunia, dan sebagainya. Ini adalah topik yang paling menarik dan tidak pernah berakhir. Hal ini akan mengalihkan perhatian anda sewaktu pesawat take off.
  6. Jika anda bepergian dengan keluarga, peganglah tangan salah satu anggota keluarga anda. Ini akan membuat anda lebih tenang. Tetapi jika anda bepergian sendirian, peganglah tangan anda sendiri erat-erat, jangan memegang tangan orang lain di sebelah anda.
  7. Mendengarkan musik favorit dan menutup mata akan memblokir suara-suara yang tidak diinginkan. Ini akan membuat anda berkonsentrasi pada musik dan mengatasi ketakutan anda. Pada umumnya, suara pada pesawat kadang juga akan menakuti anda meski itu merupakan hal yang wajar.
  8. Hindari minuman seperti kopi atau teh berkafein karena dapat meningkatkan rasa cemas. Anda dapat memilih minuman lainnya seperti jus karena dehidrasi juga dapat menyebabkan fobia.
  9. Mengambil nafas dalam-dalam sesering mungkin dan menghitungnya. Ini akan memberi anda rasa fokus dan mengalihkan pikiran anda saat lepas landas.
  10. Pikirkan mengenai tujuan anda dan apa yang akan anda akan lakukan di sana. Jangan memikirkan bagaimana anda akan sampai ke tujuan perjalanan, tapi sebaliknya hanya berpikir mengenai tempat tujuan.
  11. Mengingat kenangan manis dan bahagia, memikirkan tentang orang yang anda cintai. Ini akan mengalihkan pikiran anda takut naik pesawat.

Jangan terpengaruh oleh pengalaman orang lain dan peristiwa buruk yang pernah terjadi. Sebaliknya, anda harus meyakinkan diri anda untuk dapat mengatasi rasa takut naik pesawat. Cobalah untuk menerapkan tips sederhana di atas untuk tetap tenang dan santai selama dalam penerbangan. Enjoy your flight!

 
  Incoming Keywords: takut naik pesawat, cara mengatasi takut naik pesawat, tips agar tidak takut naik pesawat, mengatasi takut waktu naik pesawat, solusi biar tdk takut naik pesawat, phobia pesawat, menenangkan diri agar tidak takut naik pesawat, cara naik pesawat biar ngak takut, cara menghilangkan rasa takut di atas pesawat, tips naik pesawat bagi yang takut ketinggian

, , ,

Comments are closed.