Efek Samping di balik Manfaat Suplemen Antioksidan

Suplemen antioksidan dipakai dengan tujuan untuk memberikan tubuh molekul antioksidan yang berguna dalam membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Namun, tidak ada data klinis yang membuktikan efektivitas dari suplemen antioksidan. Antioksidan adalah istilah kolektif yang digunakan untuk mewakili molekul yang memiliki kemampuan untuk memerangi reaksi oksidasi dalam tubuh. Hal ini dapat meliputi vitamin antioksidan seperti vitamin C dan E, sedangkan enzim antioksidan adalah peroksidase, superoxide dismutase, dan katalase. Selain itu, beta karoten dan mineral selenium glutathione juga memiliki sifat antioksidan. Seperti banyak dari anda yang mengetahui, bahwa oksidasi adalah bagian penting dari proses tubuh. Namun, masalah utamanya adalah produksi radikal bebas. Radikal mampu memicu reaksi berantai dan merusak sel-sel tubuh.

Secara singkat, antioksidan efektif untuk mengakhiri reaksi berantai oleh radikal bebas. Tubuh menerima antioksidan yang berguna dari makanan yang kita konsumsi. Namun demikian, adanya antioksidan dalam jumlah rendah dalam tubuh menyebabkan stres oksidatif, yang merupakan alasan utama di balik beberapa penyakit. Untuk menghindari kondisi seperti itu, suplemen antioksidan atau suplemen gizi yang mengandung antioksidan digunakan sebagai intervensi terapeutik.

Manfaat suplemen antioksidan

Ini adalah fakta bahwa buah dan sayur mengandung antioksidan dalam jumlah yang sangat tinggi. Menggabungkan keduanya dalam menu makan adalah cara mudah untuk tetap fit dan sehat. Antioksidan dari berbagai sumber ditambahkan ke dalam makanan. Jadi, apa sajakah peran suplemen antioksidan dalam tubuh? Antioksidan membantu dalam memperlambat oksidasi molekul sehingga mengurangi produksi radikal berbahaya.

Dalam beberapa penelitian, suplemen antioksidan bermanfaat untuk memerangi penyakit jantung, gejala kanker, dan penyakit kronis lainnya. Namun, para ahli kesehatan mempunyai opini bahwa tidak ada gunanya resep suplemen ini untuk para olahragawan, terutama bagi mereka yang bergantung pada makanan sehat dan sarat dengan nutrisi. Walaupun para ahli gizi mengklaim bahwa suplemen aman dan menguntungkan, beberapa yang lain khawatir tentang efek buruk yang ditimbulkan setelah mengkonsumsinya.

>>  Daftar Buah dan Sayuran Kaya Kandungan Antioksidan

Efek samping suplemen antioksidan

Bertentangan dengan studi sebelumnya yang menyatakan efek positif dari suplemen antioksidan, penelitian kemudian tidak menemukan bukti adanya manfaat suplemen antioksidan. Uji klinis telah menunjukkan bahwa tidak ada tanda-tanda perbaikan dalam kanker dan penderita penyakit jantung, bahkan setelah advokasi suplemen ini dalam dosis yang dianjurkan. Pada beberapa orang, gejala memburuk setelah mengkonsumsi suplemen antioksidan ini. Mirip dengan suplemen gizi lainnya, dosis tinggi produk antioksidan dapat mengakibatkan efek samping yang tidak biasa.

Untuk lebih tepat, sulit untuk memutuskan apakah suplemen antioksidan benar-benar bermanfaat atau berbahaya bagi tubuh. Di sisi lain, memperkaya diet anda dengan makanan sehat adalah cara paling aman untuk menuai antioksidan alami. Mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran segar adalah cara yang utama untuk mempertahankan tingkat antioksidan dalam tubuh secara optimal. Dapat disimpulkan bahwa ada sesuatu yang lebih dari antioksidan yang muncul dalam buah-buahan dan sayuran, yang secara keseluruhan membantu dalam menjaga kesehatan dengan baik.

 
  Incoming Keywords: efek samping glutathione, bahaya konsumsi glutathione, mazthione, dampak negatif mengkonsumsi antioksidan, dosis penggunaan antioksidan, efek samping glutasion, Produk mazthione untuk apa dan apa efek sampingnya, efek glutathione terlalu banyak, efek glutathione bagi tubuh, dampak negatif dari antioksidan

, , ,

Comments are closed.