Manfaat Kerokan untuk Mengatasi Masuk Angin

Apakah kerokan mempunyai manfaat atau malah merugikan? Artikel berikut akan memberikan informasi mengenai manfaat kerokan untuk mengatasi masuk angin.

Adalah suatu fakta yang tidak dapat disangkal bahwa orang sehat mempunyai daya tahan untuk menolak penyakit, baik ringan maupun berat sehingga tidak mudah dihinggapi penyakit. Sampai dimana daya tahan tubuh kita dipupuk merupakan suatu persoalan yang cukup pelik. Suatu cara yang baik adalah dengan memakan makanan yang bergizi tinggi. Tetapi apakah hanya sampai di sinikah agar tubuh kita sehat? Jika benar, maka tentu tidak ada orang kaya yang bisa sakit lagi. Alinea berikut adalah suatu cara yang mudah dan praktis untuk membuat tubuh menjadi sehat tanpa ongkos dan dapat dilakukan kapan saja.

Dapat dikatakan bahwa semua orang di dunia ini pernah mengalami dan merasakan akibatnya. Masuk angin adalah istilah awam yang sudah sangat populer di kawasan nusantara. Tetapi sudah tahukah anda apakah sebenarnya masuk angin itu? Dalam ilmu kedokteran tidak terdapat istilah masuk angin. Istilah awam yang populer tersebut dalam asosiasi kita adalah angin masuk ke badan kita dengan berlebihan, sehingga menyebabkan sakit. Jadi, kita mengira bahwa terdapat kelebihan angin dalam tubuh kita. Kebanyakan dari kita tidak tahu apa sesungguhnya yang menyebabkan masuk angin dan bagaimana cara menyembuhkannya. Siapakah yang pertama menemukan metode penyembuhan tersebut?

Manfaat kerokan

Yang kita tahu sebagai metode untuk menyembuhkan masuk angin dan sudah mendarah daging adalah dengan “Kerokan“. Jika kita telusuri dari mana kita mengetahui cara atau metode kerokan tersebut maka kita hanya bisa mengatakan bahwa cara tersebut adalah suatu cara tradisional yang sudah diwariskan turun temurun. Kerokan yang juga disebut dengan kerikan ini adalah menggoreskan benda pipih bundar, biasanya uang logam, ke permukaan punggung, dada, leher, atau bagian lainnya dari si sakit dalam satu arah, setelah terlebih dahulu diolesi dengan minyak kelapa. Di saat ini mungkin menggunakan minyak kayu putih, balsem, dsb.

Jika terjadi infeksi pada pernafasan, pembuluh darah setempat meradang, aliran darah bertambah banyak. Sekresi lendir juga bertambah, sehingga lendir ini meliputi jaringan paru-paru, dan sudah tentu fungsi alat pernafasan terganggu. Tetapi masih ada akibat lain dari pengeluaran lendir secara berlebihan yaitu tubuh kekurangan zat asam(O2) dan terlalu banyak mengandung zat asam arang(CO2). Gangguan-gangguan ini menimbulkan kelelahan, otot menjadi kaku, kepala pusing, dan suhu badan meningkat.

Manfaat kerokan dapat memperingan penyakit, lebih-lebih yang menyebabkan gangguan pernafasan paru-paru. Manfaat kerokan memperingan masuk angin, ini artinya dapat mengeluarkan zat asam arang yang tertimbun dalam tubuh. Tetapi kerokan juga berarti dapat memasukkan angin, ini adalah zat asam yang sangat kita butuhkan. Kerokan sebaiknya dilakukan pada punggung dan dada yang tidak begitu peka dan juga tidak terlalu keras agar permukaan kulit tidak mengalami kerusakan, karena kerokan dapat menipiskan kulit. Penipisan ini menyebabkan pembuluh-pembuluh darah kapiler menjadi lebih dekat dengan permukaan tubuh, ini berarti lebih dekat dengan udara. Oleh karena itu, kekurangan udara (O2) dapat dipenuhi dari udara yang mengandung O2 tersebut secara osmosa melalui kulit yang bersifat difus secara alamiah. Dan kelebihan zat asam arang (CO2) dapat dibuang. Hal ini berarti tubuh dapat bernafas, mengambil O2 dari udara dan membuang kelebihan CO2 yang terdapat dalam tubuh. Intinya, kerokan memungkinkan tubuh bernafas melalui tempat-tempat pada permukaan tubuh yang dikerok. Akan tetapi, kerokan sebaiknya dilakukan apabila diperlukan saja, karena dapat menjadi ketagihan, dan usahakan jangan sekali-kali membiasakan diri dengan pernafasan kerokan. Ini adalah kebiasaan yang buruk karena pernafasan kulit dilakukan dengan paksaan.

>>  Stres dan Pengaruhnya pada Kesehatan Jasmani

Selain dari paru-paru, kulit juga merulakan alat pernafasan yang penting. Di bawah lapisan kulit dijumpai berjuta-juta pembuluh darah kapiler yang sangat halus. Kulit juga merupakan alat penghisap dan pengeluaran udara, seperti halnya paru-paru. Akan tetapi volume oksigen yang dihisap dan volume sisa pembakaran yang dihembuskan tidak sebanyak yang dilakukan oleh paru-paru.Adapun volume oksigen yang dihisap oleh kulit adalah 1/80 kali lebih kecil daripada volume oksigen yang dihisap paru-paru. Sedangkan volume karbondioksida yang dikeluarkan oleh kulit adalah 1/220 kali dari volume yang dikeluarkan dari paru-paru. Meskipun pernafasan kulit sangat kecil artinya bila dibandingkan dengan pernafasan paru-paru, namun manfaatnya besar sekali dalam membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Pernah terjadi dalam suatu pesta yang meriah dan seseorang meninggal dunia akibat separuh badannya dicat sehingga lubang pori-pori jadi tersumbat. Oleh karena itu peliharalah dan jagalah pori-pori kulit agar dapat berfungsi secara optimal.

Agar pori-pori dapat bekerja dengan baik, maka selain mandi, pakaianpun hendaknya jangan terlalu berlapis-lapis. Berpakaianlah yang ringan dan jangan berlebihan. Tetapi juga jangan terlalu minim dalam berpakaian apalagi di depan umum. Berilah kesempatan pada kulit untuk mendapatkan udara yang cukup dan bersih.

Pernafasan kulit tak lain adalah melatih kulit supaya menjadi tahan akan pergantian iklim. dengan demikian pori-pori dapat berfungsi sebagai alat pernafasan dengan baik. Pernafasan kulit sama halnya dengan mengebalkan kulit terhadap perubahan cuaca, agar pembuluh darah dalam kulit dapat menjadi terlatih.

 
  Incoming Keywords: manfaat kerokan

Comments are closed.