Fakta tentang Planet Uranus

Planet uranus adalah planet yang sangat berbeda dari planet-planet lainnya dalam sistem tata surya kita dalam berbagai aspek. Beberapa dari banyak fakta menarik tentang planet uranus akan dipelajari dalam artikel ini. Mari kita cari tahu beberapa fakta yang lebih menarik tentang planet uranus yang merupakan planet ke-7 dan planet terdingin dalam tata surya kita.

Planet uranus ini ditemukan pada 13 Maret 1781, oleh Sir William Herschel yang diambil dari nama salah dewa di Yunani. Planet ini dapat terlihat oleh mata telanjang, tapi menariknya, planet ini ditemukan setelah adanya penemuan teleskop. Planet ini terdiri dari es amonia, air, dan metana.

Fakta tentang planet uranus

Planet uranus memiliki diameter 51.118 km, 4 kali lebih besar dari diameter bumi, dan berjarak 2,88 milyar km dari matahari. Planet ini planet uranusmembutuhkan waktu 84 tahun, 3 hari, 15 jam untuk menyelesaikan satu revolusi mengelilingi matahari. Tidak seperti planet lainnya yang memiliki poros sedikit miring, planet uranus berputar dengan kemiringan 99 derajat. Menurut para ilmuwan, tabrakan dengan benda antariksa mungkin telah mengubah kemiringan porosnya. Uranus berotasi dalam waktu 17 jam, 14 menit 24 detik.

Planet uranus adalah planet dengan kepadatan terendah kedua, yang pertama adalah saturnus. Densitas planet uranus hanya 1,27 g/cm3. Berapa banyak cincin yang uranus punya? Berdasarkan fakta, cincin di sekitar planet ini terdapat 13 buah dan hanya terlihat melalui teleskop. Cincin ini lebih halus dibandingkan dengan cincin yang ada pada planet saturnus serta mempunyai ketebalan yang lebih tipis beberapa kilometer. Cincin ini terbuat dari es meskipun terdapat pula debu yang tersebar di antara cincin ini. Cincin uranus telah berusia hampir 600 juta tahun dan berkembang dari fragmentasi tumbukan dari sejumlah satelit yang berada di sekitar planet ini. Setelah bertabrakan kemudian pecah menjadi banyak partikel yang menjadi cincin tipis.

>>  Apa Alien Itu Ada?

Awan berair juga terdapat pada uranus yang membentuk lapisan bawah atmosfer. Komponen utama dari lapisan atas uranus adalah metana. Massa bagian dalam uranus hanya berkisar 0,55% dari massa bumi. Kepadatan inti pusat uranus adalah 9 g/cm3 dan suhunya mencapai 4726,9ºC. Uranus memiliki bulan sebanyak 27 buah yang kecil-kecil. Di planet uranus, angin dapat bertiup dengan kecepatan besar 321.87km per jam. Uranus nampak berwarna hijau karena gas metana yang ada di atmosfer. Asap fotokimia juga alasan lain yang menyebabkannya.

Pada tanggal 24 Januari 1986, pesawat ruang angkasa Voyager 2 dikirim oleh NASA dengan jarak 81500 kilometer dari atmosfer uranus. Setelah itu tidak ada pesawat ruang angkasa lainnya yang dikirim lagi ke sana.

 
  Incoming Keywords: cincin uranus

Comments are closed.