Penyebab Nyeri di Pergelangan Kaki & Tips Mengobati

Nyeri di pergelangan kaki adalah masalah yang sering dialami oleh banyak orang saat berjalan pada permukaan datar maupun miring. Penyebab nyeri pada pergelangan kaki dapat bervariasi dari beberapa cedera. Berikut lebih lanjut tentang alasan di balik nyeri pada pergelangan kaki saat berjalan dan pengobatan yang dibutuhkan.

Engkel adalah sendi engsel yang menghubungkan kaki dengan tungkai kaki dan ditahan oleh ligamen, urat, dan otot. Hal ini memungkinkan nyeri di pergelangan kakikaki untuk bergerak dalam dua arah utama : menjauh dari tubuh (plantar fleksi) dan mendekat ke arah tubuh (dorsofleksi). Pergelangan kaki sangat penting untuk mobilitas manusia, masalah apapun yang berhubungan dengan sendi atau tendon, ligamen, dan otot-otot di sekitar pergelangan kaki dapat menyebabkan rasa sakit. Kadang-kadang, dapat terjadi pembengkakan dan memar di sekitar pergelangan kaki yang dapat membuat sulit untuk mengerahkan tekanan pada pergelangan kaki atau bahkan saat berdiri. Dalam beberapa kasus, nyeri dapat dialami sekitar kaki, kaki bagian bawah, dan lutut. Pada saat seperti itu, perlu untuk menentukan penyebab nyeri untuk memulai perawatan dan mengobati rasa sakit di pergelangan kaki. Berikut adalah daftar dari kemungkinan penyebab sakit di pergelangan kaki saat berjalan atau menggerakkan pergelangan kaki.

Penyebab nyeri di pergelangan kaki

Keseleo
Terkilir disebabkan ketika ligamen di pergelangan kaki membentang. Hal ini dapat terjadi ketika anda tidak sengaja memutar kaki ke dalam atau ke luar. Kondisi ini dapat terjadi saat melakukan aktivitas sederhana seperti bangun dari kursi atau menginjak permukaan yang tidak rata. Salah memakai jenis sepatu untuk berlari dan berolahraga juga dapat menyebabkan keseleo.

Tendon achilles
Tendon Achilles adalah tendon terbesar dalam tubuh yang menghubungkan otot betis pada tulang tumit. Ketika tendon ini menjadi kaku dan sakit, hal itu disebut tendinitis. Hal ini disebabkan karena terlalu sering menggunakan kaki dan lebih sering terjadi pada atlet.

Gout
Gout adalah peradangan pada jempol kaki maupun bagian dari kaki yang disebabkan oleh kelebihan produksi asam urat dalam tubuh yang disimpan dalam bentuk kristal atau garam dalam sendi dan darah. Deposisi ini menyebabkan rasa sakit, umumnya terjadi di sekitar jempol kaki dan pergelangan kaki.

Pseudogout
Pseudogout adalah jenis arthritis yang ditandai dengan pembengkakan tiba-tiba yang menyakitkan dalam sendi, dipicu oleh pengendapan kristal pada lapisan sendi. Hal ini serupa dengan gout dan pada umumnya sering terjadi pada orang tua.

Osteoarthritis
Osteoarthritis adalah kelainan sendi di mana bantalan antara tulang (yaitu tulang rawan) menipis. Akibat osteoarthritis yang makin memburuk, tulang rawan hilang dan menyebabkan tulang bergesekan satu sama lain. Hal ini menyebabkan oto dan ligamen longgar dan melemah.

>>  Penyebab Lutut Kaku Setelah Duduk

Psoriasis arthritis
Psoriatic arthritis adalah jenis arthritis yang sering dikaitkan dengan psoriasis kulit. Ini adalah kondisi kulit kronis yang ditandai dengan bercak merah kering dengan sisik di seluruh tubuh. Arthritis dapat melibatkan beberapa sendi, terutama pada ujung-ujung jari tangan atau kaki, sehingga menyebabkan pembengkakan sendi dan nyeri pada kulit.

Rheumatoid arthritis
Rheumatoid arthritis menyebabkan peradangan jangka panjang pada sendi dan jaringan sekitarnya. Ini adalah penyakit autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh mengacaukan jaringan sehat pada tubuh dan akhirnya menyerang dirinya sendiri.

Septic arthritis
Septic arthritis adalah peradangan pada sendi karena invasi bakteri yang tumbuh ketika bakteri diangkut dari sumber infeksi melalui aliran darah ke sendi. Hal ini menyebabkan gejala seperti pembengkakan, nyeri sendi, dan demam ringan.

Cara mengobati

Cara mengobati untuk nyeri pergelangan kaki melibatkan perawatan sederhana. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Istirahat selama beberapa hari, tidak menggerakkan daerah yang sakit dan menghindari meletakkan beban di atasnya.
  2. Pijat daerah yang terkena dengan minyak zaitun hangat.
  3. Jika pergelangan kaki tidak stabil, pakailah kruk atau tongkat untuk berdiri atau berjalan untuk mencegah berat badan menekan ke arah pergelangan kaki.
  4. Jika terdapat pembengkakan pada kaki, naikkan kaki lebih tinggi dari dada ketika beristirahat atau posisi tidur. Letakkan dua bantal di bawah kaki setiap kali anda berbaring.
  5. Gunakan perban atau kompres es di daerah yang terkena selama 10 – 15 menit setiap hari juga akan membantu meringankan rasa sakit dan meredakan pembengkakan.

Jika solusi di atas tidak membantu mengurangi rasa sakit dalam beberapa hari, hal terbaik adalah dengan mengunjungi dokter. Terlebih lagi jika anda memiliki riwayat arthritis, daerah yang terkena memerah atau bengkak, mati rasa pada kaki, kaki terasa dingin dan berubah warna.

Tergantung pada tingkat keparahan nyeri pada pergelangan kaki, mungkin dapat berlangsung antara beberapa minggu sampai lebih dari satu bulan untuk dapat sembuh sepenuhnya. Pastikan anda tidak memulai aktivitas fisik lainnya kecuali hal itu aman.

 
  Incoming Keywords: pergelangan kaki sakit, cara mengobati sendi pergelangan kaki kaku, sakit pergelangan kaki, sakit di pergelangan kaki, cara menghilangkan nyeri di pergelangan kaki, Nyeri pada kaki kalo di posisi dorsofleksi, pergelangan kaki ngilu, nyeri pergelangan kaki, engkel kaki, obat sakit sendi pergelangan kaki

, , , ,

Comments are closed.