Pergelangan Kaki Bengkak Apa Penyebabnya?

Pergelangan kaki bengkak dapat disebabkan oleh cedera atau juga dikarenakan kelebihan cairan dalam sendi pergelangan kaki akibat dari kondisi kesehatan tertentu. Artikel di bawah ini adalah beberapa penyebab dan pengobatan untuk kondisi ini.

Pembengkakan yang terjadi pada pergelangan kaki dapat berhubungan dengan cedera dan infeksi, atau penyakit lain yang mempengaruhinya. Secara umum, pergelangan kaki bengkak disebabkan oleh penumpukan air atau cairan dalam persendian di pergelangan kaki atau ruang-ruang interstitial, yaitu ruang antara sel-sel tubuh atau jaringan. Dalam ilmu kedokteran, kondisi ini dikenal dengan retensi cairan atau edema.

Penyebab pembengkakan di pergelangan kaki

  1. Penyebab paling umum untuk pembengkakan dapat meliputi keseleo atau cedera apapun.
  2. Penyebab umum yang lain adalah karena infeksi. Ketika infeksi terjadi pada jaringan di sekitar sendi pergelangan kaki, ini dikenal dengan selulitis.
  3. Septic sendi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada infeksi sendi itu sendiri. Demikian pula, setiap cedera pada tendon tibialis posterior juga dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit di pergelangan kaki. Kondisi ini pada umumnya disebut dengan tendonitis.
  4. Kondisi ini saring terjadi pada orang-orang dengan penyakit seperti gout, arthritis pergelangan kaki, dan rheumatoid arthritis.
  5. Pada banyak kasus, sirkulasi darah yang buruk dapat menyebabkan kaki bengkak.
  6. Wanita sangat rentan untuk menderita kondisi ini selama kehamilan karena tekanan darah tinggi dan preeclampsia. Namun, pembengkakan kecil dapat terkait dengan proses normal, di mana tubuh sedang mempersiapkan diri untuk melahirkan.
  7. Edema perifer adalah kondisi umum yang terkait.
  8. Penyakit ginjal, hati atau penyakit jantung tertentu dapat menyebabkan kelebihan akumulasi cairan di kaki yang akhirnya mengakibatkan pergelangan kaki menjadi bengkak.

Obat untuk pergelangan kaki bengkak

Pengobatan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Jadi, sangat penting untuk mengunjungi dokter agar mendapatkan diagnosa yang tepat. Bahkan jika anda tahu bahwa cedera kaki atau pergelangaPergelangan kaki bengkakn kaki adalah alasan di balik pembengkakan, lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter ortopedi untuk mengetahui tingkat keparahan. Dalam kasus keseleo atau cedera, sangat penting untuk tidak menempatkan tekanan pada pergelangan kaki yang terluka, anda juga dapat menggunakan kruk untuk membantu gerakan anda. Untuk meringankan rasa sakit saat tidur, anda dapat menempatkan kaki di tempat yang lebih tinggi, biasanya lebih tinggi dari posisi dada.

Tips perawatan yang dapat membantu

  1. Untuk keseleo pada pergelangan kaki, kompres es dapat digunakan dalam waktu 48 jam dari cedera selama sekitar 20 menit.
  2. Obat anti inflamasi kadang-kadang juga akan diresepkan dalam kasus sakit parah dan pembengkakan. Jika pembengkakan disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk akibat duduk dan berdiri dalam jangka waktu yang lama, hindarilah kegiatan tersebut.
  3. Jika pembengkakan dan peradangan berlangsung selama beberapa hari bahkan setelah mendapat perawatan yang cukup, maka kondisi ini memerlukan perhatian ahli medis.
  4. Seperti yang sudah disebutkan, kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai penyakit, termasuk penyakit hati dan ginjal, edema, arthritis, dan gagal jantung kongestif. Dalam situasi seperti ini, obat yang berbeda mungkin diperlukan untuk pengobatan untuk mengatasi penyebab spesifik.
  5. Sementara itu, minumlah lebih banyak air, meminimalkan asupan garam, menghindari obat pencahar, alkohol dan rokok.

Pada dasarnya kita dapat melihat bahwa terdapat pilihan pengobatan yang bervariasi, tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Oleh karena itu, pengobatan yang tepat akan memerlukan deteksi faktor yang menjadi penyebab untuk kondisi ini sendiri. Oleh karena itu, jika situasi tidak membaik dalam beberapa hari, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah ada penyakit utama yang menyebabkan pembengkakan di pergelangan kaki.

 
  Incoming Keywords: pergelangan kaki sakit dan bengkak

, , , ,

Comments are closed.