Mengatasi Perut Kembung dan Bengkak

Ketika seseorang makan banyak makanan, ada kalanya orang itu merasa perutnya kembung dan membengkak. Meskipun hal itu biasanya bukanlah sesuatu yang membuat panik, tapi kadang-kadang juga dapat merupakan indikasi dari penyakit serius.

Daerah bagian perut terdiri dari organ-organ vital seperti usus besar dan kecil, hati, limpa dan pankreas. Organ-organ ini melakukan fungsi pencernaan dan asimilasi makanan. Organ ini dapat terpengaruh karena berbagai gangguan. Salah satu gangguan yang mempengaruhi tersebut mengakibatkan perut kembung. Perut yang bengkak juga dikenal dengan distensi perut, yang terjadi ketika perut bertambah besar karena makan berlebihan atau karena kenaikan berat badan. Beberapa alasan lain distensi dapat disebabkan oleh sindrom pra menstruasi, menelan udara, mengkonsumsi minuman bersoda, gas akibat makan sayuran berserat, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Penyebab perut kembung & bengkak

Pembesaran di perut dapat disebabkan oleh beberapa alasan, beberapa di antaranya dapat dikarenakan masalah kesehatan kecil, sementara itu yang lain mungkin memerlukan perhatian medis segera. Disebutkan di bawah ini adalah beberapa faktor penyebab untuk perut kembung.

  1. Banyak orang menunjukkan intoleransi terhadap laktosa yang merupakan konstituen dari susu dan yang juga hadir dalam produk susu seperti keju, mentega, yoghurt. Jika seseorang mengalami gejala intoleransi laktosa mengkonsumsi produk susu, maka dia bisa mengalami diare, perut kembung dan kentut terus-menerus.
  2. Terlalu banyak makan makanan yang sangat pedas atau berminyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan sehingga menyebabkan sakit perut dan kembung.
  3. Kehadiran fibroid rahim, yang merupakan pertumbuhan jinak di dalam rahim, juga dapat menyebabkan pembengkakan perut pada wanita.
  4. Penyebab lain pada wanita adalah adanya kista di ovarium. Ketika folikel yang berisi sel telur tumbuh dan gagal untuk melepaskan sel telur, maka cenderung mengarah pada rasa berat di perut.
  5. Buang air besar tidak teratur seperti diare dan sembelit juga beberapa penyebab yang diketahui dari perut kembung.
  6. Penyakit tertentu seperti anemia pernisiosa, penyakit celiac, hernia dan wasir adalah penyebab perut buncit.
  7. Sindrom iritasi usus yang merupakan gangguan pencernaan juga menyebabkan pembengkakan di perut. Gejala sindrom ini adalah darah dan lendir dalam tinja yang menyakitkan usus.
  8. Beberapa jenis tumor atau kanker seperti kanker ovarium, kanker perut, limfoma dan tumor pada saluran pencernaan dapat memberikan perasaan perut kembung.



Gejala yang dialami

Hal ini penting untuk mengidentifikasi tanda-tanda gangguan ini pada tahap awal, untuk mencegah komplikasi kesehatan lebih lanjut. Gejala ini harus dilaporkan kepada dokter tanpa banyak menunda waktu sehingga pengobatan yang tepat dapat diberikan.

  1. Nyeri perut merupakan gejala yang paling umum dari perut bengkak. Hal ini dapat menjadi sakit yang ringan atau berat, tergantung pada tingkat keparahan dan ukuran pembengkakan.
  2. Kejang mendadak di daerah perut adalah gejala lain untuk kondisi kesehatan ini.
  3. Perasaan kenyang bahkan setelah makan makanan kecil dapat menjadi indikasi dari perut kembung.
  4. Perasaan mual dan muntah juga gejala perut yang membesar.

Mengatasi perut bengkak & kembung

Meskipun pembengkakan perut bukanlah penyakit yang mengancam jiwa, hal ini dapat merupakan gejala yang mendasari untuk penyakit serius seperti kanker usus besar atau penyakit crohn. Tanda-tanda yang terjadi tidak boleh diabaikan dan sangat penting untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan. Diberikan di bawah ini adalah beberapa solusi yang dapat digunakan sebagai sarana untuk pengobatan.

  1. Mengurangi asupan rutin minuman soda atau berkarbonasi, minuman ini melepaskan banyak gas di perut dan memberi anda perasaan berat di daerah perut.
  2. Ada obat herbal tertentu untuk mengurangi kembung perut. Sebuah ramuan yang dikenal dengan Articum lappa mampu membersihkan sistem pencernaan dan mengurangi distensi.
  3. Manis adas dapat mengurangi pembengkakan perut dan membantu dalam pencernaan makanan.
  4. Jika anda merasa berat dan mengalami perasaan perut kembung setelah makan berat, disarankan untuk minum jus lemon dengan garam.
  5. Jika anda mengalami pembengkakan atau rasa ketidaknyamanan di daerah perut karena  intoleransi terhadap makanan tertentu, anda dapat mengubah pola makan yang sesuai.
  6. Jika anda mengalami masalah di perut karena sindrom iritasi usus besar, maka anda dapat mengkonsumsi sayuran berserat dan buah-buahan untuk mengatasi buang air besar yang tidak teratur.

Pola makan yang seimbang, asupan cairan yang rutin, dan gerakan usus yang tepat akan membantu mengurangi rasa kembung di perut. Jika rasa sakit tak tertahankan, selalu dianjurkan untuk mengunjungi dokter.

 
  Incoming Keywords: sakit perut bengkak, perut bengkak, Perut membesar, penyebab perut membesar pada wanita, penyakit perut membesar, apa penyebab perut kadang-kadang gembung dan kadang-kadang tidak, kenapa perut terasa sakit seperti bengkak, kaki dan tangan bengkak dan perut kembung, cara membuang busung perut bayi, yang menyebabkan pembengkakan perut

, ,

Comments are closed.