Penyebab & Mengobati Kram di Pergelangan Kaki

Kram di pergelangan kaki sangat umum terjadi pada sejumlah orang. Pergelangan kaki kram biasanya terjadi saat melakukan olahraga atau ketika orang itu sedang berbaring di tempat tidur. Selain itu, kondisi ini juga bisa sebagai akibat dari cedera. Masalah pada kaki yang terjadi meliputi rasa sakit, bengkak, mati rasa, kesemutan, atau kram di berbagai bagian kaki. Gejala-gejala ini sebagai akibat dari gerakan tubuh. Kram merupakan hal yang paling umum dari masalah kaki. Hal ini tidak jarang jika seseorang harus bangun di tengah malam dengan perasaan kram di pergelangan kaki.

Bagi sebagian orang, kram dapat terasa seperti keseleo. Fakta terburuk tentang kram adalah ketika bangun dan mulai berjalan. Selain lutut, pergelangan kaki adalah sendi yang menahan beban tubuh. Sepanjang hari, kita bahkan tidak menyadari tekanan yang diberikan pada sendi, yang dapat menyebabkan kram.

Penyebab kram di pergelangan kaki

Kram biasanya disebabkan ketika otot-otot berkontraksi di daerah tertentu dan menyebabkan kesakitan, yang membuat orang tak dapat bergerak untuk jangka waktu tertentu. Kram dapat terjadi di kaki, lengan, dan punggung. Akan tetapi kram pada kaki adalah yang sering dialami. Penyebab paling umum dari kram adalah dehidrasi. Banyak wanita menderita kram saat menstruasi.

Acapkali, kita bahkan tidak menyadari fakta bahwa kita berlebihan terhadap kegiatan tertentu. Hal ini juga berlaku bagi para atlet dan pecinta kebugaran. Otot dan pergelangan kaki kram juga bisa sebagai akibat dari dehidrasi. Hal ini terutama dapat terlihat selama cuaca panas, jika orang tersebut terlalu lama di bawah sinar matahari.

Masalah yang mempengaruhi pembuluh darah juga diketahui dapat menyebabkan kram pada kaki. Penyakit arteri perifer adalah salah satu masalah yang dapat menyebabkan kaki kram. Sering kali ketika seseorang berjalan, dia mengalami kram parah di pergelangan kaki. Namun, masalahnya mereda setelah beristirahat dengan cukup. Tubuh tidak aktif dalam jangka waktu lama juga dapat menimbulkan kram di kaki. Hal ini terutama berlaku ketika seseorang duduk di satu tempat untuk waktu yang lama atau berdiri.

Mengobati kram pada pergelangan kaki

Metode yang efektif untuk mengobati kram di malam hari adalah dengan memijat lembut daerah yang terkena. Bila anda memijatnya, pastikan untuk melakukannya secara searah dari otot. Ini akan membantu dalam melepaskan simpul yang tegang dan meningkatkan sirkulasi darah ke daerah tersebut. Seiring dengan pijat, anda dapat mencoba untuk melakukan peregangan betis dan kaki.

>>  Kesemutan pada Jempol Kaki dan Mati Rasa

Anda dapat juga menggunakan air panas untuk mengobati daerah yang sakit. Biarkan air panas mengalir di pergelangan kaki anda cukup lama. Anda dapat menggunakan kantong air panas untuk hal yang sama. Seperti air panas, anda juga dapat memilih untuk mengobati kondisi tersebut dengan alternatif kompres dingin dan hangat. Menggosok kompres es di atas kaki selama sepuluh menit atau sampai daerah berubah menjadi memerah. Ketika daerah yang terkena berubah menjadi merah, hal itu adalah indikasi bahwa sel darah sedang memanaskan otot. Kompres panas membantu dalam merangsang sirkulasi darah ke daerah yang terkena.

Jika anda menderita kram secara teratur, ini dapat menjadi suatu indikator bahwa anda kekurangan nutrisi penting seperti kalsium dan kalium. Anda dapat memasukkan makanan kaya kalsium seperti susu, yogurt dan makanan kaya kalium seperti kentang dan pisang dalam diet anda. Pada saat yang sama, anda harus menjaga diri anda tetap terhidrasi dengan baik sepanjang waktu. Pastikan anda minum banyak air sepanjang hari untuk mengganti cairan yang hilang. Jika anda merasa sering mengalami kram terutama saat cuaca panas atau setelah beraktivitas berat, hal ini juga dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan elektrolit, yang dapat anda perbaiki dengan mengkonsumsi elektrolit bersama dengan air.

Jika anda memiliki kebiasaan memakai sepatu dengan hak tinggi untuk waktu yang lama, cobalah untuk mempertimbangkan alas kaki yang ingin anda pakai. Sepatu hak tinggi menghambat sirkulasi darah dalam tubuh. Jika kram pada pergelangan kaki terjadi secara berulang dan terus-menerus, mungkin ini adalah saat yang tepat bagi anda untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan guna mengetahui penyebab pasti masalah tersebut.

 
  Incoming Keywords: ilmu pijat kultur orang kram perut dan sekitar paha, mengatasi kram di pergelangan kaki, sendi sakit dan kaki keram

, , ,

Comments are closed.